Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Jamu Herbal Rempah Unhy Cagibran Di Kec. Baranti Kab. Sidenreng Rappang
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran dan peningkatan penjualan yang diperoleh oleh Unhy Cagibran dalam penjualan jamu herbal rempah 2U. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, besar sampel menggunakan rumus Slovin yang diambil dengan cara probability simple random sampling. Skala pengukuran data dilakukan dengan lebih menekankan pada pengukuran sikap, pendapat, dan persepsi seseorang tentang fenomena sosial yang menggunakan skala Likert dengan menggunakan gradasi sangat baik, baik, kurang baik, tidak baik, sangat tidak baik. Hasil penelitian ini mendapatkan strategi pemasaran yang berpengaruh terhadap peningkatan penjualan adalah promosi dengan koefisien sebesar 3.239 kemudian diikuti oleh strategi produk sebesar 0.286, lalu diikuti oleh distribusi 1.095 dan yang terakhir variable harga dengan tingkat koefisien sebesar -.1.238 sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi penjualan produk jamu herbal rempah 2U Unhy Cagibran (produk, harga, distribusi, promosi) berpengaruh terhadap peningkatan penjualan (produk, harga, distribusi, promosi dan mutu barang). Hal ini diketahui dengan hasil pengujian regresi linear berganda p = 0,000 < 0,05. Dari uji tersebut bisa dikatakan bahwa pengaruh yang terjadi sangat signifikan dan hasil pengujian penelitian hipotesis dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Produk jamu herbal rempah 2U Unhy Cagibran diharapkan terus menyusun strategi pemasaran kegiatan pemasarannya (produk, harga, distribusi, promosi) baik secara offline maupun melalui media sosial mengikuti perkembangan jaman sehingga diharapkan mampu menarik minat konsumen membeli pembelian produk jamu. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah akan dipublikasikan pada jurnal Nasional.
Kata kunci: Strategi pemasaran, Peningkatan penjualan,Jamu
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdillah, Adil, (2020) “Strategi Pengembangan Peluang Pasar Tanaman Herbal Di Kabupaten Pasuruan.”
Abu, Ilham, Muhammad Sultan, and Emil Reza Putra. (2021). “Usaha Herbal Dan Jamu Sehat Basamo Samarinda Di Tengah Badai Pandemi Covid-19.” Berkala Akuntansi dan Keuangan Indonesia Edisi Spesial .
Ansori, M. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2. Airlangga University Press.
Asaloei, Enos Korowa Sontje Sumayku Sandra. (2018). “Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen.” Jurnal Administrasi Bisnis
Azaria, S., Fachrurrazi, F., & Atika, N. (2023). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Di Givie Dessert. Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 156–171. https://doi.org/10.24260/jkubs.v2i2.681
Sabilla, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Perbankan Syariah Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 1(3), 253–268.
Bloom, Nicholas, and John Van Reenen. (2013). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Mega Sari Tata Utama.”
Bukhori, (2021). “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Toko Mebel Farid Rohman Ponorogo,”
Chris Monasanti, (2021). “Strategi Pemasaran Jamu Traditional (Mas kembar) di Pasar Gede kota Surakarta”.
Kotler dan Keller, (2017) “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keberlangsungan Usaha.” Universitas Internasional Batam UIB Repository.
Kurdi, Sulaiman, Muhammad Fauzi, and Moh Kholil..(2018) “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Di Kabupaten Kendal.” BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi.
Narimawati, U.2020. Metodologi Penelitian: Dasar Penyusun Penelitian Ekonomi. Jakarta:Genesis.
Nuryati, Yati, and Miftah Farid. (2016). “Anaisis Penetapan Kebijakan Harga Barang Kebutuhan Pokok.” Seminar Nasional Pembangunan Pertanian 2016 Oktaviani, Arina
Rahma et al..“Pengetahuan Dan Pemilihan Obat Tradisional Oleh Ibu-Ibu Di Surabaya.” Jurnal Farmasi Komunitas (2020) Prasanti, Ditha, (2017).“Komunikasi Terapeutik Tenaga
Medis Tentang.”Obat... MediaTor
Purnawati, Ega, and Efa Irdhayanti. (2023). “Strategi Pemasaran Peternak Ayam Ras Broiler.”
Rahmasari, Anggi, (2018). “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Busana Muslim Di Elzatta Bandar Lampung.” Angewandte Chemie International Edition.
Sellang, Kamaruddin, Jamaluddin Ahmad, and Ahmad Mustanir.. (2019) “Strategi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.”
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sukanti. (2018).“Konsep Pemasaran Dan Proses Manajemen Pemasaran.”Modu1.
Syukur, Musthafa, (2018) “Distribusi Perspektif Etika Ekonomi Islam.” Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah 2.
Torell, Elin C et al. (2020). “Assessing the Economic Impacts of Post- Harvest Fisheries Losses in Malawi.”
Zakaria, Alpianto, Idris Yanto Niode, and Andi Juanna.. (2022) “Analisis Saluran Distribusi Di PT. Awet Sarana Sukses Gorontalo.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7187
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional