Peran Customer Review dan Customer Rating Terhadap Minat Beli Online Melalui Kepercayaan (Studi Pada Konsumen Shoppe Di Kota Surakarta)

Fitriyana Putri Fahendri, Ihwan Susila

Sari


Studi ini bermaksud untuk menganalisa peran customer review dan customer rating terhadap minat beli online melalui kepercayaan (studi pada konsumen shoppe di kota surakarta). Jenis studi ini termasuk studi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang dijalankan untuk memperoleh sampel di kajian ini yakni non probability sampling memakai tehnik purposive sampling. Adapun Populasi untuk kajian ini ialah Mahasiswa yang aktif dalam pembelian online shop pada aplikasi Shopee dengan jumlah responden sebanyak 110. Data didapat melalui jawaban dari responden yang dijalankan dengan memakai kuesioner yang bersifat tertutup. Kuesioner ini dibuat dengan memakai format sekala likert. Analisa data Teknik studi ini memakai metode PLS degan perangkat lunak SMARTPLS. Hasil menunjukan jika Customer review serta Customer rating bisa memediasi hubungan diantara minat beli terhadap kepercayaan.

Kata Kunci: Customer Review; Customer Rating; Minat Beli; Kepercayaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, N., Nestri, M. S., & Sholahudin, M. (2021). The Influence of Brand Ambassador & Eletronic Word of Mouth (e-WOM) on Consumer Buying Interest in Lazada Marketplace With Brand Image as a Mediator (Issue 7).

Aji, M., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). The Influence Of Online Customer Review And Customer Rating On Interest In Buying Fashion Products On The Shopee Platform (Study On Management Students At University Buana Perjuangan Karawang) Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap M. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9373–9392.

Cholid, N. A. (2023a). PENGARUH CUSTOMER REVIEW , RATING , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA ERIGO OFFICIAL SHOP DI PLATFORM SHOPEE ( Studi Kasus Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya ). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2461–0593.

Cholid, N. A. (2023b). PENGARUH CUSTOMER REVIEW , RATING , DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN PELANGGAN PADA ERIGO OFFICIAL SHOP DI PLATFORM SHOPEE ( Studi Kasus Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya ). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 2461–0593.

Firdaus, M., Aisyah, S., & Farida, E. (2023). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 67–83. https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.874

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. (2022a). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Gabriela, Yoshua, & Mulyandi, M. R. (2022b). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.

Hasanah, U., Pudjoprastyono, H., & Izaak, W. C. (2023). The Influence Of Online Customer Reviews And Online Customer Ratings On Product Purchasing Decisions In The Marketplace (Study On Shopee Application Users In East Java). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6956–6963.

Kurniawan, B. (2021). Pengaruh Online Customer Reviews Dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. Jurnal Ilmiah Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 121–129.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Luh Kadek Budi Martini, Ejasa Sembiring, & Frandy Paulus. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.51713/jamas.v4i1.67

Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901

Mehyar, H., Saeed, M., Al-Ja’afreh, H. B. A., & Al-Adaileh, R. (2020). The impact of electronic word of mouth on consumers purchasing intention. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(2), 183–193.

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020a). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020b). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Ngongo, & Lena. (2024). Pengaruh Kemudahan dan Kepercyaan terhadap Minat beli pada Aplikasi Tiktokshop. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 03(5), 603–610.

Nur Asida, A. Y., & Kuswati, R. (2023). E-wallet Adoption in The Covid-19 Period: The Roles Of Perceived Benefits As Mediating Variabel. Jurnal Orientasi Bisnis Dan Entrepreneurship (JOBS), 4(1), 23–34. https://doi.org/10.33476/jobs.v4i1.3604

Putri, A. R., & Lestari, W. D. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1474 – 1481.

Qomaruddin Akbar, F., & Susila, I. (2020). Online shopping convenience and the level of used imported clothing consumption: The moderating role of hedonic and utilitarian traits. Sebelas Maret Business Review, 8(1), 40–49. https://jurnal.uns.ac.id/smbr

Ramadhani, T., Budimansyah, B., & Sanjaya, Vi. F. (2021). PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACESHOPEE DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9623

Ramadhoani, P., & Haryanti, I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Lifestyle Terhadap Minat Belanja Online Melalui Marketplace Shopee. Journal of Student Research, 1(5), 53–69.

Risma, O. :, Munte, N., Girsang, R., & Safitri, A. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and Development, 8(3), 187–192.

Syarifudin, F. G., & Achmad, N. (2024a). PENGARUH INFLUENCER ENDORSEMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA KLINIK KECANTIKAN ELLA SKINCARE DENGAN TRUST. 13, 171–190. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.1028

Syarifudin, F. G., & Achmad, N. (2024b). PENGARUH INFLUENCER ENDORSEMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA KLINIK KECANTIKAN ELLA SKINCARE DENGAN TRUST. 13, 171–190. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i1.1028




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7190

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter