Pengaruh Personal Selling Dan E-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Agen Diamond Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Pada Pt Natura Prima Beauty

Siti Rofiah Oktaviani, Yepi Sopian

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan e-marketing terhadap keputusan pembelian di Agen Diamond Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Pada PT Natura Prima Beauty. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey dan data primer, yaitu data berupa kuisioner yang diberikan langsung kepada responden untuk diisi dan dikembalikan lagi kepada peneliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Member Natura World agen Diamond di Desa Mekarsari kecamatan Nyalindung sebanyak 300, dengan sampel sebanyak 75. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan SPSS IBM versi 26.0 berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa variabel personal selling (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikasi adalah 0,000<0,05 dan nilai t-statistic (thitung) > ttabel. (4.803>1.993) sehingga Ha diterima.sedangkan variabel E-Marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian  (Y) dengan nilai signifikasi adalah 0,000<0,05 dan nilai t-statistic (thitung) > ttabel. (10.547>1.993) sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil dari uji f menunjukan bahwa variabel personal selling (X1)  dan E-Marketing (X2) secara simultan dan signifikan memiliki pegaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai prob sebesar 0,000<0,05. Dan Fhitung > Ftabel atau (116.767 > 3,12) sehingga Ha diterima.

 

Kata kunci: Personal selling, e-marketing, keputusan pembelian


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asrori, F., & Krisnadi, I. (2019) Pengaruh E-Marketing dan Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Alat Elektromedis.

Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryaji Catur Putera Hasman, C. N. (2021). Pengaruh Advertising Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Manajemen Vol. 13 No. 2 Desember 2021 ISSN : 2088-3145 , 6-7.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

KELLER, Kotler. 2009 Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Bob Sabran, Penterj) Jakarta: Erlangga, .

Ni kadek, Matriani. 2022 Pengaruh E-Marketing, Desain Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perusahaan Canopy Art Bali. Diss. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Nurjaya, N., Dutawaskita, N. I., Erlangga, H., Hastono, H., & Sunarsi, D. (2022). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada PT. Lautan Surga di Jakarta. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 80-92.

Pratama, Reza. (2020). Pengantar manajemen. Yogyakarta : Deepublish.

Priansa. 2021. Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung : Penebit pustaka setia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tini, T., Sutomo, M., & Santi, I. N. (2019). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kacamata Pada Agung Optik Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(2), 183-195.

Trimugi, Widodo, Mochamad Irfan, and Fajar Budiyanto. (2022): "Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan E-Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Indomie Bakso 99 Mojokerto." EMAS 5.2 68-80.

Sujarweni, Wiratna, 2015. Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta, Pustaka Baru Press.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Lombok: Forum Pemuda Aswaja.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter