Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Lifestyle Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Di Rantauprapat (Studi Kasus Erafon Suzuya Mall Rantauprapat)
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, strategi promosi, gaya hidup, dan lokasi terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo di Rantauprapat, dengan studi kasus di Erafon Suzuya Mall. Data dikumpulkan melalui survei terhadap 100 konsumen yang telah membeli smartphone Vivo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, strategi promosi, gaya hidup, dan lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo. Kualitas produk, yang mencakup atribut seperti kualitas kamera, dan pengalaman pengguna, terbukti meningkatkan minat dan keputusan pembelian konsumen. Strategi promosi, termasuk diskon, efektif dalam meningkatkan kesadaran dan ketertarikan konsumen. Gaya hidup konsumen, yang mencerminkan preferensi dan kebutuhan akan fitur seperti kamera berkualitas tinggi juga berperan penting dalam keputusan pembelian. Selain itu, lokasi toko yang strategis di Erafon Suzuya Mall memudahkan aksesibilitas dan kenyamanan konsumen dalam membeli smartphone Vivo. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi Vivo dan retailer lainnya dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan konsumen di Rantauprapat. Dengan mengoptimalkan kualitas produk, strategi promosi, pemahaman terhadap gaya hidup konsumen, dan lokasi toko yang strategis, Vivo dapat memperkuat kehadirannya di pasar dan meningkatkan loyalitas konsumen.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Djuwita, D., & Yusuf, A. A. (2018). Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Usaha. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2837
Dwiyantono, T. N. (2019). PENGARUHKIALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajamen, 8, 1–24.
Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi ZIO Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603–612.
Ferdiansyah, A., & Triwahyuningtyas, N. (2021). Analisis Layanan Financial Technology dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 223–235.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM. Spss.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII (Edisi 8). : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1), 217–228. https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756
Lorna, E. Y. M., & Martini, S. (2019). MENILAI PENGARUH CITRA MEREK, KERAGAMAN MENU, SUASANA TOKO DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN NIAT BELI ULANG (STUDI PADA KONSUMEN SOCIETY COFFEE HOUSE PURWOKERTO). Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21.
Mayasari, H., & Patmawati. (2019). Pengaruh Iklan Internet , Celebrity Endorder dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli pada Shopee di Kota Padang. Jurnal Manajemen Bisnis, VOL. 10 NO, 1–10.
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM (STUDI KASUS UMKM ZEA FOOD DI KOTA MATARAM). Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 1–6.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.
sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif . In 2017 .
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Dilengkapi Dengan Metode R&D. Deepublish.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sutrisno, N., & Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7209
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional