Pengaruh Promo Free Shipping dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Kota Makassar pada Toko Online Shopee
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh free shipping atau promo gratis ongkir dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee oleh mahasiswa Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kota Makassar yang menggunakan aplikasi Shopee. Teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dengan penyebaran kuesioner. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online customer rating dan variabel promo gratis ongkir berpengaruh secara bersamaan dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, variabel promo gratis ongkir tidak berpengaruh secara signifikan secara parsial.
Kata Kunci : Promo Gratis Ongkir, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ardianti, A. N. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee. Jurnal ilmu Administrasi Bisnis , 1-11.
Dhaneswara, V. A. (2019). Pengaruh Tagline "gratis ongkir" Shopee Terhadap Keputusan Belanja Online Pada masyarakat . jurusan ilmu komunikasi Universitas lampung.
Filieri, R. (2014). What makes Online Revies Helful? a Diagnosticyt-adoptian Framework to Explain Informatinonal and Normative infulences in e-WOM. Journal of Business Research 68 (6), 1261-1270.
Harahap, D. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia. Studi Kasus.JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 193-213.
Kotler, & Amstrong, P. a. (2016). Prinsip-Prinsip pemasaran edisi 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles Of Marketing 17e.
Kuswati, Rini, & Amelia, S. (2018). Antecedents of Online Purchasing Behavior . Antecedents of Online 3.2, 39-48.
Lackermair , G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews From a Consumers Perspective. Advance in Economics and Business, 1, 1-5.
Maulana, H. A. (2017). Analisis perilaku konsumtif masyarakat muslim. Jurnal Al-Iqtishad, 93-103.
Ningtyas, G. s. (2021). Pengaruh E-Wom, Customer Review dan Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. skripsi tesis prodi manajemen.
Nuraini, D. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (studi pada masyarakat Medan labuhan).
Putri, N. P. (2020). Pengaruh Online Customer Review Kepercayaan dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee di Soloraya. Skripsi Tesis Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Sangadji, E. M, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis(N. WK (ed.). CV. ANDI OFFSET.
Sari, V. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim, Diskon dan Iklan Shopee terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta. 1-55.
Sari, V. N. (2019). Pengaruh Gratis Ongkos Kirim Diskon dan Iklan Shopee Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta . Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Yogyakarta.
Umar, H. (2012). Metodologi Penelitian untuk skripsi dan tesis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perscada.
Wardah, K. (2020). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam E-ISSN: 2686-620X , 151-164.
Wibowo, A. R. (2019). Analisis Siaran Iklan dan Gratis Ongkos Kirim Sebagai Tipu Muslihat di Youtube terhadap Minat Beli Konsumen (studi pada e-commerce shopee). Universitas Telkome, 571-579.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7212
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional