Implikasi Perspektif Tentang Harga Jual Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Islam Jakarta Di Aplikasi Tiktok Shop
Sari
Peneliti meggunakan metode kuantitatif, menggunakan wawancara dan angket sebagai sumber pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Jakarta. Sejauh mana sudut pandang konsumen dapat berpengaruh pada keinginan mereka untuk berbelanja berdasarkan ulasan produk serta harga jual yang menjadi faktor pendorong di balik penelitian ini, pada Universitas Islam Jakarta di Aplikasi Tiktok Shop secara simultan dan parsial. Dengan memakai metode Sampling Insidental, yang melibatkan semua responden dalam suatu populasi, penelitian ini menarik sampel dari 50 responden mahasiswa. Mengacu pada temuan penelitian, terdapat hubungan yang signifikansi antara perspektif terhadap harga jual dengan keputusan pembelian, yang ditunjukkan dengan nilai t-value sebesar 0.010, yang lebih kecil dari α, yaitu 0.05 (0.010 < 0.05). Dengan nilai t-value sebesar 0,115 > 0,05, yang secara statistik signifikan, temuan uji parsial evaluasi produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada saat yang sama, terdapat pengaruh yang kuat secara bersamaan dari sudut pandang harga jual serta ulasan produk terhadap keputusan pembelian (.000, kurang dari 0.05).
Kata Kunci: Perspektif tentang Harga Jual; Ulasan Produk; Keputusan Pembelian; Universitas Islam Jakarta; Tiktok Shop
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bahri, K. N. (2023). Langkah Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Online Produk Umkm Fesyen Hijab. Rizmedia Pustaka Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/LANGKAH_DALAM_MENINGKATKAN_KEPUTUSAN_PEM/JVDXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Bussines Management Analysis Journal, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Fitriani, A. (2023). Analisis Perilaku Biaya dalam Perhitungan Harga Pokok Produk dan Penetapan Harga Jual (Studi Kasus UD. Sinar Terang Beton, Surabaya -Indonesia). Small Business Accounting Management and Entrepreneurship Review, 3(2), 27–38. https://www.dhsjournal.id/index.php/SBAMER/article/view/21/68
Fitriyah, N. (2021). Bias Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perspektif Dosen PAI [IAIN Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/6544/
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.
Hutabarat, F. S., Simangunsong, R., & Siahaan, T. M. (2023). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tiktok Shop di Kelurahan Sukamaju Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 1637–1650. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6472
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Kambolong, M., Nurjannah, & Ambarwati, L. (2021). Metode Riset Dan Analisis Saluran Distribusi. Cv. Penerbit Qiara Media. https://www.google.co.id/books/edition/METODE_RISET_DAN_ANALISIS_SALURAN_DISTRI/46tXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=indikator+harga+menurut+Kotler+%26+Armstrong&pg=PA13&printsec=frontcover
KBBI. (n.d.). Arti Kata Perspektif. Kbbi.Web.Id. Retrieved July 23, 2024, from https://kbbi.web.id/perspektif
Lasfiana, E., & Elpanso, E. (2023). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Tiktok Shop. Manajemen Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7657–7667. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.3238
Rahayu, H., Sismanto, A., & Arianto, T. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Bengkulu). Bima Journal: Bussines Managemet and Accounting, 1(1).
Riyanto, andi dwi. (2023). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7237
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional