Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Di Kota Batam
Sari
Perkembangan zaman telah menghadirkan teknologi informasi yang terus berkembang untuk mempermudah berbagai kegiatan manusia. Dampaknya tidak hanya terbatas pada berbagai bidang kehidupan, tetapi juga berpengaruh besar terhadap aspek ekonomi, khususnya dalam pengelolaan keuangan. Dengan kemajuan teknologi ini, cara pembayaran sedang beralih dari yang konvensional berupa uang tunai ke sistem digital yang lebih modern, seperti berbagai aplikasi e-wallet yang praktis dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kemudahan akses, fitur layanan, dan promosi terhadap penerimaan penggunaan e-wallet Dana di Kota Batam. Sampel terdiri dari 204 responden yang sudah menggunakan e-wallet Dana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan akses, fitur layanan dan promosi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet, yakni dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemudahan akses, fitur layanan, dan promosi mempunyai dampak positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat dalam penggunaan e-wallet Dana di Kota Batam.
Kata kunci: Kemudahan Akses, Fitur Layanan, Promosi, Keputusan Penggunaan
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Afna, N., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pocari sweat di kota batam. Dynamic Management Journal, 7(4), 645–660.
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121
Arianto, F. (2023). PENGARUH FITUR LAYANAN, EASE OF USE DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI E-WALLET DANA (Studi Pada Masyarakat Kota Pekanbaru). 3, 9–16.
Hakim, A., Utari, W., & Hartati, C. S. (2022). ISSN 2252 – 7451 (Media Cetak) 2622-0946 (Media Online). 15(1), 54–61.
Hartanto, H., Rosadi, V., & Yosmar, E. A. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Aplikasi E-Wallet Dana. PATTIMURA Legal Journal, 2(3), 267–279. https://doi.org/10.47268/pela.v2i3.10582
Mariza, M. A., & Khoiri, M. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Lazada Pada Masyarakat Belakang Padang. ECo-Buss, 6(3), 1264–1277. https://doi.org/10.32877/eb.v6i3.799
Wati, D. R., & Khoiri, M. (2023). the Influence of Brand Image, Digital Marketing, and Promotional Attractiveness on Gojek Customer Satisfaction in Batam City. Dynamic Management Journal, 7(4), 603. https://doi.org/10.31000/dmj.v7i4.9218
Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.
Afna, N., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam pembelian pocari sweat di kota batam. Dynamic Management Journal, 7(4), 645–660.
Angelia, M., & Kartika, C. (2023). Pengaruh Kemudahan Data , Fitur Layanan Dan Kepercayaan Customer Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Pada Aplikasi Dana. 1(3).
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i3.121
Arianto, F. (2023). PENGARUH FITUR LAYANAN, EASE OF USE DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI E-WALLET DANA (Studi Pada Masyarakat Kota Pekanbaru). 3, 9–16.
Badir, M., & Andjarwati, A. L. (2020). The Effect of E-WOM, Ease of Use and Trust on Purchase Decisions (Study on Tokopedia Application Users). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39. https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715
Darma, G. P. G. W. W., & Devi, S. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Norma Subjektif Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet di Masa New Normal (Studi Pada Pengguna E-Wallet di Kota Denpasar). Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13(04), 1422–1433. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/9868%0Ahttps://repo.undiksha.ac.id/9868/9/
Hakim, A., Utari, W., & Hartati, C. S. (2022). ISSN 2252 – 7451 (Media Cetak) 2622-0946 (Media Online). 15(1), 54–61.
Hari Setiawan Saragih, Andri Soemitra, dan N. (2023). Pengaruh Promosi, Persepsi Manfaat Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8.
Gultom, R., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Customer Review, Customer Rating Dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Kota Batam. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 23(2), 72-83.
Simbolon, D. Z., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Brand Image terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Grab di Kota Batam. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(7), 3443-3449.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7382
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional