Pengaruh Pemasaran Langsung Dan Harga Terhadap Perilaku Konsumen Bisnis Di Grand Toserba Pengayoman Makassar
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemasaran Langsung dan Harga terhadap Perilaku Konsumen Bisnis di Grand Toserba Pengayoman Makassar. Responden dari penelitian ini adalah 44 orang konsumen yang dipilih dengan teknik simple random sampling berdasarkan pelanggan yang belanja di Grand Toserba empat minggu berturut- turut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei, kuesioner dan wawancara. Hasil uji validitas dan reliabilitas variabel X dan Y adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji statistik koefisien korelasi pearson product moment dan koefisien determinasi. Perhitungannya menggunakan SPSS Versi 21. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diambil dari data konsumen Grand Toserba Pengayoman Makassar. Dari hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,633. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kuat antara Pemasaran Langsung dan harga terhadap Perilaku Konsumen Bisnis. Pengaruh Pemasaran Langsung dan harga terhadap Perilaku Konsumen Bisnis adalah sebesar 80,0% sedangkan sisanya 20,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kendala yang terjadi diantaranya adalah persaingan antar Toserba yang sangat ketat, kurang koordinasi antar sales. Maka saran yang diberikan untuk memperbaiki kendala tersebut adalah 1) melakukan promosi yang lebih baik agar menarik perhatian Pelanggan; 2) diadakannya evaluasi antara Manajer dan Sales khususnya di Divisi Sales dan Marketing; 3) Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan Toko agar lebih Maksimal utamanya terkait perubahan harga.
Kata Kunci: Pemasaran Langsung, Harga dan Perilaku Konsumen Bisnis
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Sriyanto, A. W. (2015). Pengarub Kualitas Layanan, Ekuitas Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Porduk Lio Star di Modern Market Jakarta. Ekonomi dan Manajemen.
Arifin, I. V. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen . Administrasi Bisnis.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Bisnis. Alfabeta : Bandung
Budi, Agung Permana. (2013) Manajemen Marketing Perhotelan. Andi Bandung.
Dori Gus Aldi, Y. M. (t.thn.). Pengaruh Kualitas Porduk, Harga, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario di Kota Padang. manajemen.
Eva Cahya, H. (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Sony Xperia Z Series di Counter Insight Plaza Marina Surabaya.
Novitasari, R. (2015). Kualitas Produk, Harga, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Tupperware (Studi Kasus di PT. Laris Manis Utama).
Nst, S. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitaas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Manajemen dan Keuangan.
Jobber, David dan Fiona Ellis (2013). Operasional Management. Erlangga:
Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran.
Edisi 13. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Morrison. 2010. Marketing Mix Dalam Pemasaran Pariwisata. Erlangga: Jakarta
Nuranisa, W. R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Twin Tulipware (Studi Kasus Pada Warga Komplek Margahayu Jl. Yupiter II Bandung).
Oentoro, Deliyanti. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.
LaksBang: Yogyakarta
Saladin, Djaslim. 2004. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan,
Pelaksanaan dan Pengendalian). Linda Karya: Bandung.
Sarwono, Jonathan. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha
Ilmu: Yogyakarta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7408
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional