Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kesehatan Pt. Pesona Herba Indonesia Pada Aplikasi Tiktok
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WoM), harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kesehatan pada aplikasi tiktok. Penelitian ini menggunakan model analisis jalur. Sampel adalah konsumen di PT. Pesona Herba Indonesia sebanyak 100 Konsumen. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa variabel Electronic Word Of Mouth, Harga dan Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal tersebut dapat diketahui dari koefisien yang bernilai positif dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Electronic Word Of Mouth, Harga dan Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Hal tersebut dapat diketahui dari koefisien yang bernilai positif dan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Tidak ada pengaruh mediasi variabel antara variabel bebas yang terdiri atas variabel Electronic Word Of Mouth, Harga dan Kualitas produk terhadap variabel terikat dengan Keputusan Pembelian. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai pengaruh tidak langsung pada koefisien jalur lebih kecil daripada nilai pengaruh langsungnya.
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Adeliasari, Ivana, V., & Thio, S. (2018). Electronic Word-Of-Mouth (EWom) Dan. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2(2), 1–13.
Amanda Puspitasari, P. ., Ariwibowo, P., & Anita, T. (2023). Pelayanan Kredit Multiguna (KMG) Terhadap Customer Satisfaction Pada PT. Bank DKI Kantor Cabang Pembantu Dewi Sartika. Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(2), 95–101. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.190
Anggraini, A. R., & Hadi, M. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9(1), 179–185.
Annisa, F. (2016). Pengaruh electronic word of mouth (ewom) di media sosial instagram terhadap minat beli konsumen (studi pada richeese factory). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 4(2).
Antyadika, B. E., & Sugiarto, Y. (2012). Analisis pengaruh lokasi, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Studi pada Wong Art Bakery&Café Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Arsalan, A. G., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Oleh Masyarakat Bandung. Proceedings of Management, 6(3).
Bafadhal, A. S. (2020). Pemasaran Pariwisata Pendekatan Perilaku WIsatawan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth (Peranannya Dalam Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina). Jakad media publishing.
Bungin, B. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.
Ghozali, I. (2019a). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) (b, hal. 163). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2019b). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2018.
Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2019). e‐WOM Scale: word‐of‐mouth measurement scale for e‐services context. Canadian Journal of Administrative Sciences/Revue Canadienne des Sciences de l’Administration, 27(1), 5–23.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2019). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59–68.
Kesuma, S., & Tamburian, D. (2021). Persepsi Remaja terhadap Konten @BotakTikTok di Media Sosial TikTok. Koneksi, 5(1), 182. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10228
Kotler, P., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing management: European edition. Pearson Higher Ed.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. John Wiley & Sons.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.
Larosa, M., Halawa, E. V. L., Astuti, A. P., Purba, T., & Lilia, W. (2021). Pengaruh Produk, Harga, dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Projeksus. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 314–320.
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Ritonga, J. H. (2023). Implementasi integrated marketing communication pada produk pembayaran cicil emas di Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Ad Dary Padangsidimpuan.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online Bukalapak. com. Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 3(01), 96–106.
Setiawan, E., Putra, A. M., & Permana, N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Burger Bros Cabang Tebet. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(4), 465–472.
Siregar, B. G., & Hardana, H. A. (2022). Metode Penelitian EKonomi dan Bisnis. Merdeka Kreasi Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (M. P. Setiyawami, S.H. (ed.)). Alfabeta.
Sugiyono, D. (2021). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Cetakan ke). Alfabeta.
Suharman. (2019). Analisis Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui aplikasi online start-up di kota Medan.
Villarejo Ramos, Á. F., Rondán Cataluña, F. J., & Sánchez Franco, M. J. (2019). Direct and Indirect Effects of Marketing Effort on Brand Awareness and Brand Image. Actas 7th International Congress of Marketing Trends,(01.2008, Venecia. Italia).
Wijaya, I., Pratami, N., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209.
Wijaya, T. (2014). Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap keputusan pembelian kamera Dslr. Program Studi Manajemen FEB-UKSW.
Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis pengaruh persepsi risiko, kualitas situs web, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen e-commerce Shopee Di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 7(3)
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7453
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional