Bagaiamana Brand Image Terhadap Brand Loyalty MSDM Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari ?

Vina Inggrit Arwam, Theodorus L. Herin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap brand loyalty melalui brand trust pada Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari. Dalam konteks pelayanan kesehatan, brand image yang positif berperan penting dalam membangun kepercayaan masyarakat dan loyalitas terhadap layanan yang diberikan.

Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan analisis hubungan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 responden yang telah menggunakan layanan Dinas Kesehatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, dengan brand trust berfungsi sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara keduanya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan brand loyalty, Dinas Kesehatan perlu fokus pada peningkatan brand image dan kepercayaan masyarakat. Rekomendasi strategis termasuk peningkatan kualitas layanan, transparansi dalam komunikasi, dan pelibatan masyarakat dalam program-program kesehatan.

Kata kunci: brand image, brand loyalty, brand trust, Dinas Kesehatan, Kabupaten Manokwari.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Surabaya ). 8(2).

Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). The Effect of Online Customer Review, Quality Product, And Promotion On Purchasing Decision Through Shopee Marketplace (A Case Study Of UBSI College Student). 9(4).

Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Minat Beli Produk Wardah di Situs Belanja Online Shopee. 3(5), 909–926.

Silvia, F. (2021). Analisis Daya Tarik Produk Dan Atribut Toko Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen Di Toko Swalayan Citra Niaga Pontianak. 5(9), 1954–1964.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.)). Alfabeta.

Susanto, Y., & Realize, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.459

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran (Anastasia Diana (ed.)). Penerbit Andi.

Ulyah, C. A., Salfadri, & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Alat-Alat Kesehatan Pada PT. Tirta Medical Indonesia Cabang Padang. 3(3), 418–430.

Waluyo, A., & Trishananto, Y. (2022). Customer review dan influencer terhadap keputusan pembelian dengan variabel minat beli sebagai variabel intervening. 1(2).

Yamin, S. (2021). Ebook Statistik, Tutorial Statistik SPSS, Lisrel, Warppls & JASP (mudah & aplikatif).

Yudiawan, M. (2022). Pengaruh Daya Tarik Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen. 11(3), 815–823.

Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN. deepublish.

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., Tri, D., & Kartini, M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Jurnal Mirai Management , 8(2), 436–452.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v6i3.7491

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter