Pengendalian Mutu Kualitas Pelayanan Menggunakan T2 Hotelling Control Chart (Studi Kasus Di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang)
Sari
Roemani Muhammadiyah Hospital is a business charity of Muhammadiyah Association in the field of health that was established and at the same time managed by the Regional Leaders of Muhammadiyah Semarang City. In addition to having received many awards, the existence of this hospital was in a relatively short time known to the wider community, it was because of this trust that this medical center developed and turned into a type C hospital (RS. Roemani Muhammadiyah, 2022). Like a hospital as a public service facility in general, the purpose of its development is to improve the quality of public health, so it is not surprising that the quality of service is very concerned by every related party who visits. The method used is T2 Hotelling to see the process of controlling the quality of service services represented by five dimensions of quality such as physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy with 57 indicators and 240 respondents. The results obtained from the analysis are that there are no attributes that come out of the upper control limit or UCL.
Keywords: Quality control of service quality, T2 Hotelling.
Abstrak
Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah adalah sebuah badan usaha milik Persyarikatan Muhammadiyah di bidang kesehatan yang didirikan dan dikelola oleh Pimpinan Daerah (PEMDA) Muhammadiyah Kota Semarang. Selain telah mendapatkan banyak berbagai penghargaan, keberadaan rumah sakit dikenal luas oleh masyarakat di kota Semarang yang awalnya merupakan Balai pengobatan dan berubah bentuk menjadi Rumah Sakit tipe C (RS. Roemani Muhammadiyah, 2022). Layaknya rumah sakit sebagai sarana pelayananan publik pada umumnya tujuan pembangunannya dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat maka tidak heran pasti kualitas pelayanannya sangat diperhatikan oleh setiap pihak terkait yang berkunjung. Metode T2 Hotelling digunakan untuk mengukur pengendaliankualitas layanan jasa yang terbentuk dari indikator seperti bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati jasa dengan 57 indikator dan 240 responden. Hasil yang didapat dari analisis tersebut yaitu tidak ada atribut yang keluar dari batas pengendali atas atau UCL.
Kata kunci: Pengendalian mutu kualitas pelayanan, T2 Hotelling.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Awitasari, D. A. (2018). Peta Kendali Multivariat Hotelling T2 Untuk Pengendalian Kualitas Nilai Mahasiswa Pada Empat Mata Kuliah Inti Di Jurusan Statistika Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.
Deny Irawan dan Edwin Japarianto, S.E., M. M. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Restoran Por Kee Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, 1–8.
DPR-RI. (2009). UU Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
DPR-RI. (2016). Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
DPRI. (n.d.). UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.
Gambaran Umum Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah. (n.d.). http://eprints.undip.ac.id/59480/2/BAB_II.pdf
Kriopanting, R. P. (2022). Definisi, Tugas, dan Fungsi Rumah Sakit. https://rspkriopanting.bangkaselatankab.go.id/profile/detail/179-definisi-tugas-dan-fungsi#:~:text=Menurut WHO (World Health Organization,penyakit (preventif) kepada masyarakat.
M, M. K. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Aplikasi Go-Jek Di Semarang Menggunakan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). In Unika Soegijapranata.
Mahfudhoh, M., & Muslimin, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i1.310
Pranata, Y. A. (2014). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.
RS. Roemani Muhammadiyah. (2022). RS. Roemani Muhammadiyah. Profile RS Roemani. https://rsroemani.com/rv2/tentang-kami/
Safitri, W. R. (2014). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan antara Kejadian Demam Berdarah Dengue Dengan Kepadatan Penduduk di Kota Surabaya Tahun 2012-2014. STIKES Pemkab Jombang.
Sudarno, Agus Rusgiyono, abdul hoyyi, L. (n.d.). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengendalian Kualitas Jasa Berdasarkan Persepsi Pengunjung. Universitas Diponegoro.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i2.7498
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional