Hubungan Antara Pengembangan Karyawan Perusahaan dengan Kualitas Pelayanan Nasabah pada PT. Bank Sulutgo Cabang Tomohon

Iskandar Rifai, Laurens Mambu

Sari


Perubahan sosial yang terjadi dewasa ini akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak signifikan terhadap pertumbuhan industri perbankan nasional. Penataan dan pengembangan karyawan menjadi entry point bagi eksisnya institusi perbankan dewasa ini. Penelitin ini bertujuan untuk menkaji hubungan antara upaya pengembangan karyawan dan pelayanan yang diberikan oleh PT. Bank SULUTGO Cabang Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional, maka diperoleh hasil nilai koefisien korelasi r = 0,7355 dan nilai determinasi (r2) = 0,5409 (0,54) atau 54%. Dengan demikian derajat korelasi hubungan antara variabel strategi pengembangan sumberdaya karyawan dan variabel kualitas pelayanan adalah positif dengan daya penentu 54%. Nilai statistik t = 7,827 jika diambil taraf uji a = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 52 maka dari daftar distribusi t-kritik didapat t0,01(0152) = 1,684. Dengan demikian Ho ditolak, dan menerima Ha, ini berarti bahwa derajat korelasi antar variabel pengembangan karyawan perusahaan dengan variabel kualitas pelayanan adalah sangat signifikan atau sangat nyata yaitu pada taraf signifikan 0,05.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini, 1993, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta

Feigenbaum, A, V. & Jauh, R. Lawrence, 1990, Manajemen Strategis & Kebijakan Organisasi, Erlangga, Jakarta

Kartoni, Kartini, 1992, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, Tarsito, Bandung

Moekijat, 1989, Manajemen Kekaryawanan, Mandar Maju, Bandung

Moenir, A. S, 1987 Pendekatan Manusia dan Organisasi Terhadap Pengembangan Kekaryawanan, Gunung Agung, Jakarta

Musanef, 1989, Manajemen Kekaryawanan Indonesia, Gunung Agung, Jakarta

Nawawi, Hadari, H, 1996, Manajemen Sumberdaya untuk Bisnis yang Kompetitif.

Nitisemito, Alex, S, 1982, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta

Siagian, Sondang P., 1994, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Siswanto, Bedjo, 1987, Manajemen Tenaga Kerja, Sinar Baru, Bandung

Sugiyono, 2001, Metode Penelitian Administrasi, Alfabet, Bandung

Stoner, J.A.F., R.E. Freeman dan D.R.Gilbert, Jr., 1995, Management, 6th Ed. Engelwood Cliff, N.J. Prentice-Hall, Inc.

Sudjana, (1996), Teknik Analisis Regresi dan Korelasi, Penerbit Tarsito, Bandung

Tjiptono, Fandy, 2002, Strategi Pemasaran, Andi, Yogyakarta.

Tunggal, Amin, Widjaya, 1993, Manajemen Kualitas Terpadu, PT. Kineka Cipta, Jakarta

Wilson, Aubrey, 1982 Manajemen Pemasaran Jasa, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7505

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter