Pengaruh Pembedaan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Mie Instant PT. Wingsfood di Kota Tondano

Inneke Maritje Makaliwe, Treesje Imran

Sari


Mie instant merupakan salah satu produk makanan yang digemari oleh semua kalangan di masyarakat, mulai dari anak muda sampai orang tua. Di pasaran banyak ditemui produk mie instan dengan berbagai merk dan rasa, salah satunya produk mie instant yang diproduksi oleh PT. Wingsfood. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembedaan produk mie instant dari PT. Wingsfood di kalangan warga masyarakat yang ada di Kota Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statristik regresi dan korelasi. Hasil analisis data menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0.715. aAngka tersebut menunjukan bahwa antara variabel diferensiasi atau pembedaan produk dan variabel kepuasan konsumen terdapat hubungan signifikan. Selain itu, hasil analisis regresi  didapat hasil  yaitu Y =1.495 + 0.931X. Hal ini berarti bahwa terdapat nilai yang positif pada b (0.931) sehingga dapat dikatakan jika terjadi perubahan sebesar 1 skala perhitungan angka pada variabel diferensiasi produk (X) maka terjadi pula perubahan pada variabel kepuasan konsumen (Y) rata-rata dengan sebesar 0.931.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi (1998). Prosedur Penelitian. Edisi ke 8. Rhineka cipta Bandung.

Durianto Darmadi, et al. 2001. Strategi Menaklukan Pasar. PT. Gramedia Jakarta.

Foster D. W. 1998. Manajemen Pemasaran. Erlangga Jakarta.

Gerson Richard, 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM Jakarta.

Kotler Philip. 1995. Manajemen Pemasaran (Analisis, Pemasaran, Implementasi dan Pengendalian). Edisi VIII, Prentice Hall, New York.

Kotler Philip dan Amstrong, 1996. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Prenhalindo Jakarta.

Kotler Philip, 1998. Dasar-Dasar Pemasaran. Jillid I. Terjemahan oleh Bakuwaton W. Wihelminus, Intermedia Jakarta.

Andre Marthin, 2002. Kamus Milenium Bahasa Indonesia. Balai Pustaka Jakarta.

Nugroho Adi, 2002. Perilaku Konsumen. Studio Press Jakarta Timur.

Porter M. 1994. Keunggulan Bersaing. Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Rangkuti Freddi, 2002. The Power of Bands (Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengemban Merek). PT. Gramedia Jakarta.

Richard Oliver, 2003. Secret of Customer Relationship Management. Andi Yogyakarta.

Sekaran Umma, 1992. Research Metode For Bussines: A Skill Building Approach, Second Editions, John Wiley and Son: New York.

Simamora Bilson, 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. PT Gramedia Jakarta.

Madula Jeff, 2001. Pengantar Bisnis. PT. Salemba emban Patria Jakarta.

Stanton William, 1991. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi ketujuh, McGraw Hill International Edition, New York.

Stanton William, 1993. Prinsip-Prinsip Pemasaran II. Edisi kedelapan Jillid II Erlangga Jakarta.

Sudjana, 1996. Teknik Analisis Korelasi dan Regresi. Tarsito Bandung.

Sugiono, 2001. Metode Penelitian Administrasi. Alfabet Bandung.

Sumarni Murti dan Soepriato, 1993. Pengantar Bisnis. Edisi ketiga Liberti Yogyakarta.

Sunarto, 2003. Perilaku Konsumen. Amus Yogyakarta.

Swastha Basu, 1990. Asas-Asas Marketing Praktis, Edisi kedua Liberti Yogyakarta.

Umar Husain, 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter