Hubungan Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan dengan Loyalitas Nasabah Indonesia: Pendekatan Kuantitatif pada Nasabah Bank Syariah Indonesia
Sari
PT. Bank Syariah Indonesia memiliki 3 kantor di daerah papua khususnya Jayapura. Salah satunya adalah PT. Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Abepura yang berkembang pesat didukung oleh nasabah yang berasal dari berbagai macam kalangan masyarakat sekitar. Kualitas layanan perbankan syariah berbeda dengan pelayanan yang diberikan oleh perbankan konvesional. Kualitas layanan yang diberikan mengikuti ketentuan-ketentuan syariah islam khususnya menyangkut tata cara bermuamalat secara Islam. Pelayanan yang diberikan sesuai dengan hukum dan prinsip Islam, tidak ada bunga yang diambil atau diberikan pada produk pembiayaan ataupun tabungan, tetapi menggunakan ketentuan bagi hasil. Penelitian ini dilakukan pada nasabah Bank Syariah Indonesia kantor cabang pembantu abepura dengan responden sejumlah 88 orang. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas sedangkan secara signifikan variabel kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. secara simultan kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Abepura.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepercayaan, dan loyalitas nasabah
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adam, I., & Sumartana, I. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BRI Syariah KC Denpasar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v4i1.30.
Andriani, G. F., & Halmawati, H. (2019). Pengaruh Bagi Hasil, Kelompok Acuan, Kepercayaan Dan Budaya Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1322–1336. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.145
Andrianto, & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktek). CV. Penerbit Qiara Media, 536.
Arifin, M. B. U. B., & Aunillah, A. (2021). Buku Ajar Statistik Pendidikan. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6292-33-4
Citra Sukmadilaga, & Nugroho, L. (2017). Pengantar Akuntansi Perbankan Syariah" Prinsip, Praktik dan Kinerja (1st ed.). Pusaka Media.
Diantanti, N. P., Trimulato, Mahriani, E., Nugroho, L., Shaleh, M., Supatminingsih, T., Faujiah, A., Rachmawati, E., Jumiati, E., Isnandar, F. R., Bahri, S., Djuanda, G., Sudarmanto, E., & Saravistha, D. B. (2020). Pengantar Bisnis Islam Tinjauan Teori Dan Praktis. In Widina Bhakti Persada (1st ed.). Widina Bhakti Persada.
Hermanto. (2019). Faktor Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. https://www.researchgate.net/publication/342656731_Faktor_Pelayanan_Kepuasan_dan_Loyalitas_Pelanggan
Irawan, H., Dianita, I., & Salsabila Mulya, A. D. (2021). Peran Bank Syariah Indonesia Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 147–158. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v3i2.686
Maharani, A. dhiah. (2010). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah tabungan Bank Mega semarang. Navigation, 129.
Misra, I., Ragil, M., & Fachreza, I. (2021). Manajemen Perbankan Syariah (Konsep Dan Praktik Perbankan Syariah Di Indonesia). In Yogyakarta (1st ed.). K-Media.
OJK. (2020a). Booklet Perbankan Indonesia 2020 (I. Fiscallutfi, F. Nalora, R. Haryad, R. Setiasih, T. Wahyuni, A. A. Nasution, Z. I. Ramadhani, F. H. C, A. J. S, R. Herdiana, W. Abdi, W. E. K. Sitepu, S. Prasandi, T. W. Kusumawanti, F. Irawan, R. Firmansyah, A. Pratama, A. Yeriesca, M. Tendri, … R. Fathul (eds.); 07 ed.). Otoritas Jasa Keuangan Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan Pengarah
OJK. (2020b). ROADMAP PENGEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH INDONESIA. Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan Pengarah
Rahma, T. I. F. (2019). Perbankan syariah I. Buku Diktat, 100–117.
Reza Nurul Ichsan, & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729
Rifa’i, K. (2015). Membangun Loyalitas Pelanggan.
Rizkiawan, I. K., Amalina, N., Utomo, F. H., Puspita, S., & Putranti, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bank Syariah Indonesia Cabang Veteran Surakarta. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 3(1), 25–32.
Sandika, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Gojek Di Yogyakarta. 7, 1–25.
Sari, D. C., & Marlien, R. A. (2019). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada nasabah tabungan Bank BNI Syariah Cabang Semarang). Proceeding SENDI_U, 497–501. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7341
Siburian, I. T. P., Djoko, H., & Widayanto. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Mandiri Semarang.
Sujianto, A. E., & Subagyo, R. (2014). Membangun Loyalitas Nasabah (1st ed.). Lentera Kreasindo.
Trisela, I. P., & Pristiana, U. (2021). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dengan Bank Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 - 2018.
Utami, M., Handayani, T., & Pusporini. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Loyalitas Nasabah. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE), 2, 170–178. https://doi.org/10.32897/jemper.v2i2.377
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7528
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional