Pengaruh Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Warnet CV. Magrid Mutiara Papua Di Kota Jayapura

Muhamad Ohorela

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada warnet CV. Magrid Mutiara Papua di Kota Jayapura, mengingat bahwa jumlah populasi konsumen warnet hanya 73 orang maka penelitian menggunakan metode sampel penuh yaitu jumlah populasi digunakan seluruhnya sebagai sampel yakni 73 konsumen, yang dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan (X) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen pada warnet CV. Magrid Mutiara Papua Di Kota Jayapura. Hal ini menunjukkan bahwa pelayanan merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan dalam kegiatan pelayanan agar pelanggan tetap loyal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelayanan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Pelayanan dapat meningkat jika kepuasan konsumen dapat memenuhi segala kebutuhan konsumen sesuai dengan harapan mereka.

 

Kata Kunci: Pelayanan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Pelanggan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur penelitian (suatu pendekatan praktik). Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Aryani, Dwi., Rosinta, Febrina. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17 (2): pp : 114-126.

Asep M.Ramdan. 2018. “Hubungan Kualitas Jasa dan Kepuasan Konsumen”. (http://asep-m-ramdan.blogspot.com).

Assauri, Sofjan. 2013. “Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction”. Usahawan, (1): pp: 25-30.

Assegaff, Mohammad. 2019. ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT.Garuda Di Kota Semarang)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10 (2): pp: 171 – 186.

Atika Paramitha, Rahyuda, Suasana. 2023. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Garuda Indobesia di Denpasar”. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 7 (1): pp: 19-28.

Bebco CP 2015. Service Intangibility and its Impact on Customer Expectations of Service Quality. Journal of Services Marketing, 14 (1): pp: 9-26.

Brady MK, JJ Cronin & RR Brand 2012. Performance-only Measurement of Service Quality: A Replication and Extension. Journal of Business Research, 55 (1): pp: 17-31.

Caruana, A. (2012). Service Loyalty: The Effects of Service Quality and the Mediating Role ofCustomer Satisfaction. European Journal of Marketing, 36 (8): pp: 811–828.

Czepiel, J.A.2018. Managing Customer Satisfaction in Consumer Service Businesses, Report No. 80109. Cambridge, MA. Marketing Science Institute.

Estie Kusuma. 2016. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Jasa Penerbangan (Studi Kasus Pada Jasa Penerbangan Garuda Indonesia Semarang-Jakarta)”. Jurnal Study Manajemen & Organisasi, 3 (1): pp: 40-63

European Journal of Marketing, 12 (8): pp: 588-601.European Journal of Marketing, 30 (8): pp: 811–828.

Gaganet. 2020. “Pengertian Warnet”. (http://gaganet01.blogspot.com).

Gocek, Ikilem, Senem Kursun, dan Yesim Iridag Beceren. 2017. “ The Perception Of Customer Satisfaction in Textile Industry According to Genders in Turkey”. International Journal of Social and Human Sciences, 1 pp: 149-153.

Govender, Qi pan. 2021. “Enhancement of Service Quality in the Intercity Bus Transport Industry”. European Journal of Marketing, pp: 181-202.

Griselda, Gretel dan Panjaitan, Tagor Muda. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pulau Dua”. DeRema Jurnal Manajemen, 2 (1): pp: 39-63.

Gronroos, Christian. 2018. "A Service-Oriented Approach to Marketing of Services".

Hasan. 2006. “Pengaruh Kualitas Jasa Bank Syariah Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1 (1): pp: 1 – 14.

Hidayati, Ernayati. 2020. “Analisi Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, (2) 2: pp: 81-90

Husnul Khatimah. 2020. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan (2): pp: 2-25.

Istianto, Jhon Hendra dan Maria Josephitic Tyra. 2023. “ Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Kerry Resto”. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akutansi, 1 (3): pp: 275-293




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7542

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter