Analisis SWOT Strategi Pemasaran (Studi Kasus pada Percetakan Mentari Jaya Dukuh Menanggal Surabaya)

Wira Yudha Alam, Eva Purnamartha, Widya Putri, Fika Audina, Ratri Kharisma

Sari


Penelitian ini berfokus pada analisis SWOT untuk menentukan strategi pemasaran pada usaha kecil dan menengah (UKM), dengan studi kasus pada Percetakan Mentari Jaya di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi strategi pemasaran. Berdasarkan hasil analisis SWOT, disarankan penerapan strategi ST (Strengths-Threats) yang memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk mengatasi ancaman yang ada di pasar. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing Percetakan Mentari Jaya dalam menghadapi kompetisi yang semakin ketat.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Percetakan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Faddila, S. P. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Pada Percetakan Cipta Ratu. jurnal ekonomi dan manajemen, 34- 51.

Fyratika Ayu Kistari, N. M. (14595-14605). Tambusai14595Analisis SWOT sebagai Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. jurnal pendidikan tambusai, 2022.

naura Puspa Maharani, I. (2024). ANALISIS SWOT SEBAGAI EVALUASI STRATEGI BISNIS PADA INDUSTRI MEBEL UD KARYA SEJATI DESA BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK. musytari, 3025-9495 .

Reca Elyarni, H. (2016). 3287Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. metris , 81-88.

Ricki Febriansyah, M. I. (2022). Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Perbankan Syariah di Indonesia. jurnal ekonomi bisnis dan syariah, 62-73.

suhartini. (n.d.). ANALISA SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN. 82-87.

Sulistiyawan,E.,SE, W.Y.A.,IP,S.,SM,M., & IP, M. (2023). MARKETING STRATEGIS. CV Pena Persada.

Sulistiyawan, E., Istikhoroh, S., Lasiyono, U., Alam, W. Y., Miradji, M. A., & Prasetyo, A. (2024). Optimalisasi Manajemen Strategi Untuk Menjadikan UMKM Yang Unggul Dalam Persaingan Bisnis. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 116-126.

Syafaruddin. (2019). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA KECIL MENENGAH PERCETAKAN (STUDI KASUS UKM PERCETAKAN THE BEJOS SCREEN PRINTING, KOTA PALOPO, SULAWESI SELATAN). Competitiveness, 149-161.

Diagnoro, C.2001. Manajemen Strategi. Gramedia Widiasarana Indonesia : Jakarta

David, F. R 2006. Manajemen Strategi. Konsep. Jakarta : Salemba Empat

Kotler, P.2002. Manajemen Pemasaran. Prenhallindo : Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.7545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter