Perencanaan Pemasaran Berbasis Manajemen Syariah

Raden Roro Retno Wulansari Kus, Andi Wirandani Natsi, Masnah, Desy Rahmawati Anwar, Ribka Hapidatun Nurillah, Nurhasfiani. H , Lala

Sari


Artikel ini membahas tentang bagaimana Perencanaan pemasaran berbasis manajemen syariah merupakan pendekatan inovatif dalam dunia bisnis yang mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam ke dalam strategi dan praktik pemasaran. Hal ini berbeda dengan pemasaran konvensional yang seringkali mengabaikan aspek etika dan moral. Makalah ini menguraikan konsep fundamental pemasaran syariah, termasuk prinsip-prinsipnya, tujuannya, dan manfaatnya bagi bisnis dan masyarakat. Lebih lanjut, dibahas pula langkah-langkah strategis dalam menyusun perencanaan pemasaran berbasis syariah, mulai dari analisis pasar, identifikasi target konsumen, pengembangan produk dan jasa yang sesuai syariah, hingga penetapan strategi komunikasi dan promosi yang etis dan bertanggung jawab. Penerapan perencanaan pemasaran syariah bukan hanya berfokus pada keuntungan finansial, tetapi juga mengedepankan kemaslahatan dan keberlanjutan. Dengan mengkombinasikan prinsip-prinsip Islam dan strategi pemasaran modern, bisnis dapat menjangkau pasar yang lebih luas, membangun kepercayaan konsumen, dan berkontribusi positif bagi perekonomian secara keseluruhan.

Abstract

This article discusses how sharia management-based marketing planning is an innovative approach in the business world that integrates Islamic principles into marketing strategies and practices. This is different from conventional marketing which often ignores ethical and moral aspects. This paper outlines the fundamental concepts of sharia marketing, including its principles, objectives, and benefits for business and society. Furthermore, strategic steps in preparing sharia-based marketing plans are also discussed, starting from market analysis, identifying target consumers, developing sharia-compliant products and services, to establishing ethical and responsible communication and promotion strategies. Implementing sharia marketing planning does not only focus on financial profits, but also prioritizes benefits and sustainability. By combining Islamic principles and modern marketing strategies, businesses can reach a wider market, build consumer trust, and contribute positively to the economy as a whole.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Miftah, Mengenal Marketing Dan Marketers Syariah, Volume 6 No. 2 Juli - Desember 2015, hal 15-20

Basirun, dkk, KONSEP Perencanaan Dalam Perspektif Al Qur’an Dan Al Hadits, STAI Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah, hal 15-16

Dwi eko wahyono,dkk,Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Kinerja Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Buana Karya Mandiri di Kabupaten Grobogan Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 18, No. 1 (2019),hal 9-21

Ichwan Arifin, Prinsip-Prinsip dalam Pemasaran Syariah, Vol 5,NO 2, 2022, hal 261-274

Irodatul Hasanah ,dkk, Perencanaan Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Melalui Pendekatan Marketing Mix Dalam Mengembangkan Wisata Cakra Suramadu, Jurnal Pariwisata Indonesia, Vol 18. No. 2 Tahun 2022, hal 53-63

M. Syafii Maarif,dkk, Koperasi Syariah: Membangun Ekonomi Berkelanjutan dengan Prinsip-Prinsip Syariah" Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 15, No. 2 (2020), hal. 201-218

Melisa zuriani hasibuan, dkk, analisis penerapan bauran pemasaran berbasis syariah pada keputusan pembelian, tahun 2022, hal 192-200

Muhammad nizar, Prinsip prinsip manajemen syariah, Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis Vol.4 / No.2: 114-129, Juli 2018, hal 121-124

Muslim kamil, Perencanaan syariah,Vol.4,No.3,Desember 2014,hal 76-86

NurFadilah,Pengertian, Konsep, danStrategiPemasaranSyari’ah, Volume 1, Number 2, Juni 2020,hal 194-211

Nurfauziah, Penerapan Islamic Marketing Strategy Dan Islamic Human Resource Management Di Ub. Surya Madiun, Vol. 1 No. 1, Januari-Juni 2021: 48-65, hal 48-65

Nurul Hidayah,dkk,Peran Koperasi Syariah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat di Era Pandemi Covid-19,Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Islam, Vol. 8, No. 1 (2021), hal 1-12

Nurul huda, dkk, “Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi”, (Kencana: Jakarta, 2017), hlm 45

Tubagus Rifqy Thantaw, dkk, Memprogramkan Pengenalan Manajemen Pemasaran Bisnis Syariah Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Volume II Nomor 1 (Oktober 2022), hal 82-90

Tubagus Rifqy Thantawi, dkk, Memprogramkan pengenalan manajemen pemasaran bisnis syariah bagi usaha mikro kecil dan menengah di desa kereh kel, kecamatan leuwiliang, kabupaten bogor, Volume II Nomor 1 (Oktober 2022), hal 82-90




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7569

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter