Strategi Layanan Media Sosial Dalam Meningkatkan Tingkat Hunian Kamar Hotel Bintang Di Sulawesi Tenggara

La Ode Almana, La Ode Hamida, Riez Kifli, Jamaluddin Dahlan, Asma Ramadani

Sari


Media sosial telah menjadi alat pemasaran yang kuat dalam industri perhotelan, memungkinkan hotel untuk terhubung langsung dengan pelanggan melalui platform seperti Instagram. Namun, di Sulawesi Tenggara, pemanfaatan media sosial oleh hotel-hotel bintang masih belum optimal dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan dan loyalitas. Penelitian ini berusaha mengisi gap tersebut dengan mengeksplorasi pengaruh pemasaran media sosial dan jenis konten terhadap keterlibatan pelanggan serta niat kunjungan ulang. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan melibatkan 279 responden yang pernah menginap di hotel-hotel bintang di Sulawesi Tenggara, dengan data dianalisis menggunakan regresi dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten video dan pengumuman diskon secara signifikan meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan keterlibatan ini memediasi hubungan antara pemasaran media sosial dan niat kunjungan ulang. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen hotel dalam mengoptimalkan strategi layanan media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan loyalitas. Temuan ini juga berkontribusi secara teoritis dalam memperkaya literatur terkait keterlibatan pelanggan di media sosial, khususnya dalam industri perhotelan.

Kata kunci: keterlibatan pelanggan; media sosial; pemasaran hotel; Sulawesi Tenggara; strategi layanan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, A., Baso, A., Ilham, I., & ... (2023). Digital Marketing, Inovasi Produk Dan Sosial Capital Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada UMKM Produk Koral Dan Ikan Hias. Indo-Fintech Intellectuals …, Query date: 2024-03-14 01:46:48. https://www.indo-intellectual.id/index.php/ifi/article/view/122

Abendroth, A.-K. (2021). The Gender Pay Gap in the Platform Economy: Comparing the Importance of Market and Organisational Dynamics on Two German Crowdworking Platforms. Gender a Vyzkum / Gender and Research, 21(2). Scopus. https://doi.org/10.13060/GAV.2020.011

Abendroth, A.-K., & Reimann, M. (2023). Organisational inhibition and promotion of flexible working in digitalised work environments. New Technology, Work and Employment. Scopus. https://doi.org/10.1111/ntwe.12275

Adri, M., Hanesman, H., Sriwahyuni, T., & ... (2019). Digital Marketing Sebagai Metoda Alternatif Wirausaha Bagi Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. Jurnal Teknologi Informasi …, Query date: 2024-03-14 01:50:10. https://www.neliti.com/publications/293788/digital-marketing-sebagai-metoda-alternatif-wirausaha-bagi-mahasiswa-di-universi

Agung, A., & Yuesti, A. (2019). BUKU METODE PENELITIAN BISNIS KUANTITATIF DAN KUALITATIF. Query date: 2024-01-20 03:00:38. http://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/494/1/2019%20METODE%20PENELITIAN%20BISNIS%20KUANTITATIF%20DAN%20KUALITATIF.pdf

Aini, A., & Nugrohoseno, D. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN INKLUSIF TERHADAP TEKANAN KINERJA DAN SUARA TIM MELALUI INOVASI TIM SEBAGAI MEDIATOR. … : Jurnal Ilmiah Bidang Sosial …, Query date: 2024-09-24 02:33:14. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/469

Aisyi, R., Syafitri, D., Ekasani, D., Rizqi, M., & ... (2024). Membangun Komunikasi Yang Efektif Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan: Peran Leader Member Exchange (LMX) Dalam Organisasi. Jurnal Manajemen …, Query date: 2024-09-24 00:56:47. https://ejournal.arimbi.or.id/index.php/JUMABEDI/article/view/69

Ali, M., Freeman, S., Shen, L., Xiong, L., & Chudhery, M. A. Z. (2024). High-performance work systems in public service units: Examining the social capital and ambidexterity as mediating process. Personnel Review, 53(1), 56–75. Scopus. https://doi.org/10.1108/PR-11-2021-0835

Alipio, M., & Bures, M. (2024). Current testing and performance evaluation methodologies of LoRa and LoRaWAN in IoT applications: Classification, issues, and future directives. Internet of Things (Netherlands), 25. Scopus. https://doi.org/10.1016/j.iot.2023.101053

Al-Ismail, S., Carmichael, F., & Duberley, J. (2019). Female employment in hotels in Saudi Arabia and UAE. Gender in Management, 34(7), 554–576. Scopus. https://doi.org/10.1108/GM-11-2017-0151

AL-Omari, G. I., Hanandeh, R., Al-Somaidaee, M. M., Al Jarrah, M. A., & Alnajdawi, S. (2020). Work-life balance and its impact on employee satisfaction on five star hotels. Management Science Letters, 10(4), 871–880. Scopus. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.10.009

Alves, D. F. S., Moraes, É. S., Conti, P. B. M., Bueno, G. C. V., de Souza, T. H., Pereira, E. O. P., Brandão, M. B., Peterlini, M. A. S., & Pedreira, M. L. G. (2022). A Pediatric Intensive Care Checklist for Interprofessional Rounds: The R-PICniC Study. American Journal of Critical Care, 31(5), 383–389. Scopus. https://doi.org/10.4037/ajcc2022533

Ambe, B. A., Agbor, C. E., Amalu, M. N., Ngban, A. N., Bekomson, A. N., Etan, M. O., Ephraim, I. E., Asuquo, E. E., Eyo, O. E., & Ogunjimi, J. O. (2024). Electronic media learning technologies and environmental education pedagogy in tertiary institutions in Nigeria. Social Sciences and Humanities Open, 9. Scopus. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100760

Andriana, A., Hijrah, L., Putri, D., & ... (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal …, Query date: 2024-03-14 01:48:24. https://journal.ummat.ac.id/journals/5/articles/7336/public/7336-27244-1-PB.pdf

Anita, A., & Astuti, S. (2022). Digitalisasi dan ketimpangan pendidikan: Studi kasus terhadap guru sekolah dasar di Kecamatan Baraka. Jurnal Pendidikan Dan …, Query date: 2024-10-18 02:57:05. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/2509

Are, C., & Briggs, P. (2023). The Emotional and Financial Impact of De-Platforming on Creators at the Margins. Social Media and Society, 9(1). Scopus. https://doi.org/10.1177/20563051231155103

Armayani, R., Tambunan, L., Siregar, R., & ... (2021). Analisis peran media sosial Instagram dalam meningkatkan penjualan online. Jurnal Pendidikan …, Query date: 2024-03-14 01:48:24. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400

Asraf, A., Erwanto, E., Malihah, L., Yakin, I., & Suryani, N. K. (2023). The Influence of Self Efficacy and Workload on Work on Employee Performance. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(1).

Asraf, A., & Supriaddin, N. (2024). Triple Bottom Line on Business Performance: Examining the Moderating Role of Managerial Competencies. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(5), 1767–1777.

Atmaja, D., Muttaqin, F. A., Rizki, S. M., & Murad, D. F. (2023). Towards Good Promotion Preparation with SIDODO (Catur Dharma Lecturer e-Documentation Application). 144–149. Scopus. https://doi.org/10.1109/ICBIR57571.2023.10147545

Auliya, N., Andriani, H., Fardani, R., Ustiawaty, J., & ... (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=qijKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA14&dq=metode+kualitatif&ots=lkdl71bYbE&sig=9SD5cvJADWOKMTotqk6W0YKrZrE

Baburajan, V., & E Silva, J. A. (2019). AN INVESTIGATION INTO THE INFLUENCE OF LAND-USE, SOCIAL NETWORKS AND INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES ON DESTINATION CHOICE FOR SOCIAL ACTIVITIES. Transactions of the Association of European Schools of Planning, 3(2), 112–125. Scopus. https://doi.org/10.24306/TrAESOP.2019.02.003

Berdanier, C. G. P., Whitehair, C., Kirn, A., & Satterfield, D. (2020a). Analysis of social media forums to elicit narratives of graduate engineering student attrition. Journal of Engineering Education, 109(1), 125–147. Scopus. https://doi.org/10.1002/jee.20299

Berdanier, C. G. P., Whitehair, C., Kirn, A., & Satterfield, D. (2020b). Analysis of social media forums to elicit narratives of graduate engineering student attrition. Journal of Engineering Education, 109(1), 125–147. Scopus. https://doi.org/10.1002/jee.20299

Berdanier, C. G. P., Whitehair, C., Kirn, A., & Satterfield, D. (2020c). Analysis of social media forums to elicit narratives of graduate engineering student attrition. Journal of Engineering Education, 109(1), 125–147. Scopus. https://doi.org/10.1002/jee.20299

Bicher, K., Blumel, I., Gammert, J., Kammerer, D., Koch, A., Matuszkiewicz, K., Pittroff, S., Rittershaus, D., Rossenova, L., Schrade, T., Vater, C., & Wiermann, B. (2022). Digitalisierung des Kulturellen und digitale Arbeitskultur im Konsortium NFDI4Culture. Zeitschrift Fur Bibliothekswesen Und Bibliographie, 69(1–2), 26–36. Scopus. https://doi.org/10.3196/1864295020691258

Charli, C., Sopali, M., & Zurwanty, R. (2022). Evaluasi Kinerja Karyawan Berdasarkan Career Development, Kemampuan Kerja dan Loyalitas Karyawan. J-MAS (Jurnal Manajemen …, Query date: 2024-01-19 01:38:59. http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/681

Chen, L., Zheng, J., Lv, S., Li, B., & Yang, L. (2022). Impact of a sleep promotion protocol on off-pump coronary artery bypass graft patients. Nursing in Critical Care, 27(2), 214–222. Scopus. https://doi.org/10.1111/nicc.12637

Chirico, F., Sacco, A., & Magnavita, N. (2023). Integrating mandatory occupational health practice and workplace health promotion programs to reduce the high burden of work-related diseases. Journal of Health and Social Sciences, 8(2), 98–102. Scopus. https://doi.org/10.19204/2023/NTGR2

Daud, S., & Seswandi, A. (2022). Mekanisme Kualitas Interaksi dalam hubungan kepemimpinan autentik dengan komitmen afektif pegawai. JURNAL KOMUNITAS …, Query date: 2024-09-24 02:33:14. https://jkmk.akademimanajemen.or.id/index.php/home/article/view/19

Dionisio, M., & Nisi, V. (2021). Leveraging Transmedia storytelling to engage tourists in the understanding of the destination’s local heritage. Multimedia Tools and Applications, Query date: 2024-03-24 03:16:03. https://doi.org/10.1007/s11042-021-10949-2

DJ, Y., Muhtarom, A., Azizah, L., & Putri, Y. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Virtual Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Loyalitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada …. Prosiding SNasPPM, Query date: 2024-01-19 01:38:59.

Fahira, D., Agustina, E., & Qurhtuby, M. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Query date: 2024-03-14 01:49:24. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1958

Fitri, M., & Chairoel, L. (2019). Penggunaan media sosial berdasarkan gender terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan …, Query date: 2024-10-16 00:46:44. https://core.ac.uk/download/pdf/234134029.pdf

Hanim, T., Rahmat, A., & ... (2022). Dukungan Sosial dan Komitmen Afektif Peran Mediasi Modal Psikologi. JURNAL …, Query date: 2024-09-24 02:33:14. https://jkmk.akademimanajemen.or.id/index.php/home/article/view/63

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo. Kotler, Amstrong.(2016). Principles of Marketing Sixteenth Edition Global Edition. England. Query date: 2024-10-14 08:48:32.

Lumiu, C., Pio, R., & Tatimu, V. (2019). Pengaruh karakteristik pekerjaan, pengembangan karir dan kompensasi terhadap loyalitas karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, Query date: 2024-06-18 02:43:02. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/25518

Meda, J., FoEh, J., & Niha, S. (2022). … Ketidakamanan Kerja, Iklim Organisasi dan Pengembangan Karir terhadap Loyalitas Karyawan yang Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Literature Review Manajemen …. Jurnal Ilmu Multidisplin, Query date: 2024-01-15 08:04:33. https://www.greenpub.org/JIM/article/view/50

Muhtarom, A., Syairozi, I., & ... (2022). … Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online …. Jesya (Jurnal …, Query date: 2024-03-14 01:48:24. https://www.jurnal.stiealwashliyahsibolga.ac.id/index.php/jesya/article/view/628

Praditya, A. (2019). Pengaruh media sosial dan komunikasi bisnis terhadap perkembangan bisnis online shop. Jurnal Semarak, Query date: 2024-03-14 01:55:29. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1469282&val=17738&title=PENGARUH%20MEDIA%20SOSIAL%20DAN%20KOMUNIKASI%20BISNIS%20TERHADAP%20PERKEMBANGAN%20BISNIS%20ONLINE%20SHOP

Purwaningsih, Y., & Supriyanto, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Promosi Pejabat Struktural Melalui Diklat Kepemimpinan IV Menggunakan Metode Profile Matching Studi Kasus Di PPPPTK …. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan …, Query date: 2024-01-19 01:38:59. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/download/29951/19453

Putri, O., & Syahputra, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dalam Masa Adaptasi New Normal Terhadap Kepuasan Pelanggan PT BPR Bank Tulungagung (Perseroda). JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, Query date: 2024-03-06 07:02:42. https://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jimek/article/view/1623

Siregar, S., Ainun, N., & Putra, S. (2022). Pengaruh Insentif dan Pengembangan Karir terhadap Loyalitas Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada CV. Mala Sari. … (Jurnal Ekonomi Dan …, Query date: 2024-01-15 08:04:33. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/605

Sulistiyawati, E., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Query date: 2024-03-14 01:48:42. https://www.researchgate.net/profile/Anna-Widayani-2/publication/344768640_Marketplace_Shopee_Sebagai_Media_Promosi_Penjualan_Umkm_di_Kota_Blitar/links/5f8e998192851c14bcd55b54/Marketplace-Shopee-Sebagai-Media-Promosi-Penjualan-UMKM-di-Kota-Blitar.pdf

Susilowati, P., Rahayu, S., & Sutabri, T. (2024). ANALISIS TENTANG KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN STARTUP PADA MENU MASAKAN “WARUNG MAK ASEP.” Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, Query date: 2024-08-26 08:25:29.

Widaswara, R., & Pramana, I. (2022). Difusi Inovasi dan Adopsi Media Sosial Sebagai Media Komunikasi di Era Pembelajaran Daring. Communicare, Query date: 2024-02-11 09:51:18. https://scholar.archive.org/work/flw2cq7w55hmtdbuj4pymhvqvi/access/wayback/http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/communicare/article/download/2135/pdf




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.7588

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter