Analisis Pengaruh Layanan Omnichanel, Positioning Produk dan Differensiasi Produk terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Tabungan Emas pada PT. Pegadaian Cabang Pangkep
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan omnichannel, positioning produk, dan diferensiasi produk terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Cabang Pangkep. Layanan omnichannel memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan dengan lebih mudah melalui berbagai saluran, sedangkan positioning dan diferensiasi produk membantu membentuk persepsi nasabah terhadap produk Tabungan Emas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat dan keputusan mereka untuk berinvestasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Data dikumpulkan melalui survei kuesioner yang disebarkan kepada nasabah PT. Pegadaian Cabang Pangkep yang telah menggunakan atau tertarik pada produk Tabungan Emas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan omnichannel, positioning produk, dan diferensiasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk Tabungan Emas, dengan layanan omnichannel sebagai variabel yang memiliki pengaruh paling dominan. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa PT. Pegadaian dapat meningkatkan keputusan nasabah dengan mengoptimalkan layanan omnichannel serta memperkuat positioning dan diferensiasi produk Tabungan Emas.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andri, S., & Pratama, Y. (2015). Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Rangka Memenangkan Persaingan Bisnis Jasa Asuransi pada PT. Prudential Life Assurance Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Arwin & Khotimah, S. 2018. Efektifitas Spiritual Care Terhadap Penurunan
Tingkat Stres Pada Pasien Pre Operasi Di Rumah Sakit Umum Kab.c Dharmasraya. Keperawatan Universitas Dharmas Indonesia.
Anggun Widya Wijayanti, Andi Wijayanto, Apriatni Endang Prihartini,.(2017), Pengaruh Positioning, Diferensiasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Iphone Di Kota Semarang), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 12, No. 1, 2023.
Aaker, D. A. (2010). Strategic Market Management. John Wiley & Sons.
A. Manaf, P., Rachmawati, I., Witanto, M., & Nugroho, A. (2018). Satisfaction as A Reflection of E-Marketing and E-Sequal in Influencing E-Loyalty on ECommerce. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.44), 94.
Basu Swastha, 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Liberty, Yogyakarta.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2020). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. McGraw-Hill Education.
Cris Anderson, (2020). "The Long Tail: Why the Future of Business is Selling Less of More" .
Dakhi, H. N. (2022). Pengaruh Diferensiasi dan Positioning terhadap Keputusan Beli Konsumen pada Sudut Kopi di Kota Batam (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Daga, R., Karim, A., Nawir, F., Lutfi, A., & Jumady, E. (2024). Analysis of Social Media Marketing Technology and Online-Based Consumer Purchase Interest in South Sulawesi
Daga, R., Maddatuang, B., & Hasnita, H. (2021). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kost Di Wilayah Daya. YUME: Journal of Management, 4(2).
Engel, James F and Gibson (2016). Perilaku konsumen. (Edisi Keenam). Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.
Grönroos, Christian. (2007). Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition. John Wiley & Sons.
Gunawan, H., Daga, R., & Gasong, M. (2023). Analisis Transformasi Budaya Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Perbankan Melalui Kearifan Lokal (Studi Pada Masyarakat Adat Toraja) Di Kabupaten Tana Toraja Dan Kabupaten Toraja Utara. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).
Hurin, H., & Sofi, S. (2023). Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Hp Samsung Di Kota Banyuwangi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 297-302.
Kandampully, J., & Tariq, U. (2016). Service Management: The New Paradigm in Retailing. Springer.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15). Pearson Education Limited.
Kudussiah, H. (2021). Pengaruh Positioning terhadap Keputusan nasabah memilih produk di koperasi At-Tijaroh Desa Suntalangu Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Karsa, M. S., Rosanti, N., & Daga, R. (2023). Pengaruh Pembiayaan Ultra Mikro PT. Pegadaian Persero Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Bulukumba. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).
Mutholib, L. A., Indriastuti, H., & Asnawati, A. (2019). Pengaruh diferensiasi produk dan aksesibilitas layanan terhadap Keputusan beli (studi empiris pra-penggunaan kartu halo di samarinda). Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 4(3).
Nawawi, M. K., & Hakiem, H. (2018). Strategi Pemasaran Funding Officer Dalam Meningkatkan Keputusan Nasabah Di BPRS Amanah Ummah. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 379-429.
Soegoto, Soeryanto Eddy. 2014. Entrepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson.
Solomon, M., Marshall, G., & Stuart, E. (2019). Marketing Real People, Real Choices. Pearson
Sanggaria, E. S., Muspa, M., & Daga, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Risiko, Dan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Institut Bisnis Dan Keuangan Nitro Makassar Di Pasar Modal. Jurnal Sains Manajemen Nitro, 2(1), 73-81.
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa –Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Pasaribu, R. M., Pasaribu, S. R., Sitinjak, I., Pasaribu, H. D., & Matondang, V. (2022). Analisis Niat Beli Kembali Produk Tabungan Emas di Pegadaian Dalam Konteks Omnichannel. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 930-938.
Puji, L. (2022). Pengaruh Diferensiasi, Financial Literacy Dan Service Fitur Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Kartu Kredit Syariah (Studi Komparasi Bank Syariah Indonesia KC Lampung dan Bank CIMB Niaga Syariah Lampung) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).
Verhoef, P. C., Lemon, K. N., Parasuraman, A., Roggeveen, A., Tsiros, M., & Schlesinger, L. A. (2009). Customer Experience Creation: Determinants, Dynamics and Management Strategies. Journal of Retailing, 85(1), 31-41.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. repository UIN Malang, 1-10.
Wilar, Omega Wulan, Frederik G Worang, and Djurwati Soepeno. 2017. “Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PT. Bank Central Asia, tbk. Kantor Cabang Utama Manado.” EMBA 5(3): 3845–54.
Yudi Prayoga, Ayu Rama Dani, (2020) Strategi Diferensiasi Dalam Menentukan Positioning Pasar (Studi Kasus Minuman LEGA di Labuhanbatu), Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA) Volume 1 (1).
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. McGraw-Hill Education
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i1.7687
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional