Mendengar dan Melihat: Dampak Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas III SD Katolik 03 Fr Don Bosco Manado

Non Norma Monigir, Tesalonika Yesi Worang, Koni Olive Tunas

Sari


Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas III di SD Katolik 03 Fr Don Bosco Manado. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang diterapkan adalah eksperimen kelompok tunggal (one group pretest posttest design). Analisis data dilakukan dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji t-test adalah 0. 000, yang lebih kecil dari 0. 05. Selain itu, nilai t hitung yang diperoleh sebesar 6. 704 lebih besar daripada nilai t tabel, yaitu 2. 093. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas III di SD Katolik 03 Fr Don Bosco Manado, yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Kata Kunci : Kosa Kata, Media Audio Visual, Penguasaan Kosa Kata, Bahasa Inggris


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, A. R. N., Nurmahanani, I., & Sari, N. T. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Game Edukasi Educandy Dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5629–5638.

Elviza, Y., Emidar, E., & Noveria, E. (2013). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Teknik Permainan Teka-teki Silang di Kelas VII. A SMPN 2 Sungai Penuh. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 469-476

Evy Tri Widyahening, C., & Sri Rahayu, M. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108–123. www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik

Fitriyani, Eka dkk. 2017. Efektivitas Media Flash Cards dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. 4(2).

Nurfadilah, N., & Nurhastuti, N. (2018). Media Pembelajaran Video Komunikasi Total Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 230-237.

Santoso, Singgih. 2014. Panduan Lengkap SPSS Versi 20 Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 346–351.

Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7834

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter