Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Kelas Ii Sd Negeri Gogagoman
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap hasil belajar bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Negeri Gogagoman dengan materi "My Friend and My Family". Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen, di mana subjek penelitian terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model role playing. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik SPSS dengan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model role playing. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen yang menggunakan model role playing lebih tinggi dibandingkan dengan pre-test, dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari model role playing terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Inggris siswa. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model role playing efektif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas II SD Negeri Gogagoman, khususnya pada materi "My Friend and My Family".
Kata Kunci : Model Role Playing, Hasil Belajar Bahasa Inggris
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bandura, A. (2016). Social learning and personality development. Pearson Education.
Brown, H. D. (2001). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy
(2nd ed.). Pearson Education.
Dörnyei, Z. (2020). The psychology of second language acquisition. Oxford University Press.
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., & Smith, M. K. (2014). Active learning increases student performance in science, engineering, and mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111
Gass, S. M., & Selinker, L. (2018). Second language acquisition: An introductory course (4th ed.). Routledge.
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (2nd ed.). Pearson Education.
Piaget, J. (1973). To understand is to invent: The future of education. Viking Press.
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and methods in language teaching (2nd ed.). Cambridge University Press.
Vygotsky, L. S. (2018). Mind in society: The development of higher psychological processes.
Harvard University Press
Willis, J. (2018). Task-based language teaching: A reader. Cambridge University Press.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7837
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional