Analisis Inovasi Produk dan Diversifikasi Menu Untuk Meningkatkan Daya Saing (Studi Kasus pada UMKM Kuliner “Dapur Rumi” di Bandar Jaya, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung)
Sari
Penelitian ini menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kinerja Dapur Rumi di Bandar Jaya dan memberikan strategi untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Dengan menggunakan analisis IFAS, EFAS, dan SWOT, penelitian ini mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Metode Penelitian pada artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kekuatan utama meliputi kualitas produk, bahan baku segar, variasi menu, pelayanan ramah, dan adaptasi tren pasar. Kelemahan mencakup ketergantungan pada pemasok, keterbatasan sumber daya, dan proses produksi terbatas. Peluang eksternal meliputi pembelian dalam jumlah banyak, promosi melalui media sosial, dan pelanggan tetap, sedangkan ancamannya adalah persaingan ketat, produk serupa, dan kebijakan pemerintah. Berdasarkan analisis SWOT, Dapur Rumi berada di kuadran strategi agresif, yang menunjukkan potensi memanfaatkan kekuatan dan peluang untuk mengatasi kelemahan dan ancaman. Saran termasuk diversifikasi pemasok, pemanfaatan media sosial, dan pengembangan produk sehat. Saran ini juga relevan bagi perusahaan lain di industri serupa dan memberi arahan bagi penelitian selanjutnya tentang faktor eksternal dan internal UMKM.
Kata Kunci : Analisis SWOT, UMKM, daya saing, Inovasi Produk, Diversifikasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Angel Fricilia, F., & Wulan, S. (2022). ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MEMPERTAHANKAN DAYA SAING PADA BENGKEL BODY REPAIR MIPA CHAMPION BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 917–930. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.110
Diniaty, D., Kusumanto, I., Roza, F., Dinatul Husna, F., & Hartati, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Marketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fish at XYZ Group. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(1). https://doi.org/10.31289/jkbm.v512.3080
Angel Fricilia, F., & Wulan, S. (2022). ANALISIS STRATEGI BISNIS UNTUK MEMPERTAHANKAN DAYA SAING PADA BENGKEL BODY REPAIR MIPA CHAMPION BANDAR LAMPUNG DI MASA PANDEMI COVID-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 917–930. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.110
Diniaty, D., Kusumanto, I., Roza, F., Dinatul Husna, F., & Hartati, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Marketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fish at XYZ Group. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(1). https://doi.org/10.31289/jkbm.v512.3080
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7866
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional