Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Dalam Mengintegrasikan Teknologi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar

Ivane Watulangkow, Susan Jacobus

Sari


Artikel ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran inovatif di sekolah dasar dalam upaya mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development/R&D) yang bertujuan untuk merancang, menguji, dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Dalam pengembangan ini, penulis mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru dalam memanfaatkan teknologi di kelas serta merancang strategi pembelajaran yang adaptif dan interaktif, sesuai dengan perkembangan zaman. Proses pengembangan melibatkan beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, perancangan model pembelajaran, uji coba, dan evaluasi untuk memastikan relevansi dan efektivitas model yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa, memperkaya materi ajar, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih kreatif dan kolaboratif. Artikel ini juga menyarankan beberapa rekomendasi praktis bagi para pendidik dan pemangku kebijakan dalam mengoptimalkan integrasi teknologi di sekolah dasar untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih berkualitas.

Kata Kunci : Pembelajaran Inovatif, Integrasi Teknologi, Kualitas Pembelajaran.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bamford, D., Reid, I., Forrester, P., Dehe, B., Bamford, J., & Papalexi, M. (2024). An empirical investigation into UK university–industry collaboration: the development of an impact framework. Journal of Technology Transfer, 49(4), 1411–1443. https://doi.org/10.1007/s10961-023-10043-9

Wang, F., Yu, Z., & Yang, X. (2020). The Impact of Technology on Education: A Study of New Educational Approaches. Journal of Educational Technology.

Prensky, M. (2021). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Corwin Press.

Huang, R. H., Zhang, H., & Liu, D. (2022). Personalized Learning and the Role of Technology in Education. International Journal of Educational Technology.

Vygotsky, L. S. (2020). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Arıkan, R., & Koç, M. (2023). Challenges and Opportunities in Integrating Technology into Primary Education. Journal of Education and Practice.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter