Analisa Kepuasan Belajar Dalam Menigkatkan Prestasi Akademik Siswa/Siswi Di Lingkungan Sekolah SMKS Kartini 1 Jakarta

Rutinaias Haholongan, Nazwa Alifia, Keiysha Azzahra, Askia Salsa Nabila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kepuasan belajar antara kepuasan belajar dengan prestasi akademik siswa di SMKS Kartini 1 Jakarta. Metode penelitian yang kami gunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 70 siswa aktif sebagai sampel. Data dianalisis secara statistik untuk mengevaluasi tingkat kepuasan belajar dan dampaknya terhadap prestasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi akademik siswa. Faktor-faktor seperti kualitas interaksi guru dan siswa, fasilitas sekolah, suasana kelas, dan dukungan sosial dari lingkungan sekolah berperan penting dalam menentukan tingkat kepuasan belajar. Siswa yang merasa puas menunjukkan motivasi belajar yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik mereka. Kesimpulannya, kepuasan belajar merupakan elemen kunci yang mendukung keberhasilan akademik siswa, dan peningkatan kualitas lingkungan belajar sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran.

Kata kunci: Kepuasaan belajar, prestasi akademik, lingkungan sekolah, motivasi belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A Indriani, R Haholongan, DN Anggraeni, F Aprilia, R Rahmawati, I D Zulfa (2024) Analisis DInamika Pelatihan Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja organisasi Hockey di Jakarta TImur. SINERGI: Jurnal Riset Ilmiah 1 (11), 1040-1046

Ambarwati, H. (2022). Hubungan antara Kepuasan Hidup dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Garrison, D. R., & Arbaugh, J. B. (2007). Researching the Community of Inquiry Framework: Review, Issues, and Future Directions. The Internet and Higher Education, 10(3), 157–172.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370–396.

Nuryoto, S. (2019). Hubungan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar di Sekolah pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kutasari. Universitas Ahmad Dahlan.

Rikah, & Ilhami, S. D. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepuasan Hidup terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa yang Bekerja. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA), 3(3), 723-733.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68–78.

R Haholongan, S Lukyana, M Putri, F Fajrina, M Amalia, O Tarsono. (2024). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran: Transisi Dari Sistem Konvensional Ke Sistem Digital Dalam Kegiatan Belajar Pada Siswa Smp Pembangunan Jakarta Timur. Jurnal Pengbadian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT) 7 (1), 7-12

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Pearson.

Sobari, Rizky Nurmeida. Hubungan Kepuasan Belajar dengan Prestasi Akademik. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25775/1/RIZKY%20NURMEIDA%20SOBARI-FITK.pdf.pdf.

Tinto, V. (1993). Leaving College: Rethinking the Causes and Cures of Student Attrition. University of Chicago Press.

.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7907

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter