Pengaruh Gaya Hidup, Persepsi Kemudahan Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Pay Latter Pada Gen Z

Alfina Nur Kholizah, Muhammad Sulton

Sari


Perkembangan teknologi diera ini sangatlah mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan contohhya dalam berperilaku, kebanyakan generasi z yang sangat terobsesi dengan dunia media sosial sehingga mugculnya gaya hidup yang berlebihan dan parahnya memanfaaatkan kemudahan shopee pay later sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhannnya, itulah sebabnya penelitian ini sangat menarik untuk dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengeruh gaya hidup, persepsi kemudahan dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif penggguna shopee pay later dengan menggunakan study kasus pada gen z dikota lamongan. metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif . populasi yang belum diketahui secara pasti ini sehingga peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus lemeshow.teknik pengambilan sampelnya menggunakan non- probability sampling dengan metode purposive sampling. Proses pengembilan sampelnya menggunakan survey dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden dan metode analisis datanya menggunakan partial least square (PLS) . dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa gaya hiduph persepsi kemudahan dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee pay later pada gen z dikota lamongan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2019). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131. https://doi.org/10.22146/gamajop.44104

Bukhari, E., Ery Teguh Prasetyo, & Sri Utami Ulfa Rahma. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 49–56. https://doi.org/10.31599/jiam.v18i1.1043

Chaidir, T., Suprapti, I. A. P., Arini, G. A., & Ismiwati, B. (2020). Determinan Literasi Keuangan pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.29303/e-jep.v2i1.15

Devi, B. C., Hoyyi, A., & Mukid, A. (2015). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Layanan Internet Speedy di Kota Semarang menggunakan Partial Least Square (PLS). Jurnal Gaussian, 4(3), 485–495. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/gaussian/article/view/9431/9157

Dilasari. (2020). Financial literacy, financial behaviour, financial attitude, life style, locus of control. PLatform Riset Mahasiswa Akuntansi, 01(04), 74–87.

Dilasari, D., Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2021). Pengaruh Financial Literacy, Life Style, Locus of Control Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Subang. JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society), 2(02), 56–77. https://doi.org/10.35310/jass.v2i02.671

Fitria, A., & Nugroho, A. Y. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Marketplace. Velocity: Journal of Sharia Finance and Banking, 3(2), 188–199. https://doi.org/10.28918/velocity.v3i2.1127

Fungky, T., Sari, T. P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 82–98.

Kapantouw, C., & Mandey, S. L. (2015). Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Asus Di Gamezone Computer Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, Vol.3(2), 706–718.

Lestari, S. D., & Haris, H. (2024). Pengaruh Sosial, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Melalui Shopee Paylater Pada Mahasiswa Febi Uin Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Masharif Al- Syariah : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 389–404.

Maghfiroh, W. I., Himawan, A. F. I., Sukaris, S., & Krisnawati, W. (2022). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, E-TRUST DAN E-SATISFACTION TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY PADA PENGGUNA BRI MOBILE (BRImo). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 481–486. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.251

Miswanto, M., Sidik, P. A., & Arrafi, M. F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Promosi E-Wallet dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 28(2), 136–151. https://doi.org/10.35315/jbe.v28i2.9274

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 684–697.

Perdana Oskar, D., Wenda Prinoya, R., Novita, W., & Johan, H. (2022). E-Commerce, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online melalui Platform TikTok. Jurnal Ekobistek, 11, 442–447. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i4.434

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Putu, N., Anggraeni, N., & Darma, G. S. (2023). Pengaruh Kemudahan, Risiko, Gaya Hidup, dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater di Indonesia. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7(2), 625–639. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i2.21450

Rahmatika, Ariani, F., & Susanti, R. (2024). Pengaruh Cashless Society dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Gen Z di Kota Padang. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 10(2), 172–185. https://doi.org/10.37567/shar-e.v10i2.3116

Rahmawati, G., & Mirati, E. (2022). Prosiding SNAM PNJ (2022). Prosiding SNAM PNJ, 1–10.

Ramadany, C., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Z di Indonesia. YUME : Journal of Management, 6(1), 606–614.

Rika Widianita, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sholehah, S. E., & Amaniyah, E. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dengan Penggunaan Fintech Peyment (Paylater) Pada Shopee Sebagai Variabel Intervening. Competence : Journal of Management Studies, 18(1), 79–94.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Wahyuni, R., Irfani, H., & Syahrina, I. A. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559. https://core.ac.uk/download/pdf/296591597.pdf

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet OVO di Depok. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 54–68. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7567

Wolff, M., Tumbuan, W. J. F. A., & Lintong, D. C. A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Iphone Pada Kaum Perempuan Milenial Di Kecamatan Tahuna. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 10(1), 1671–1681. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/39411/36142

Yudasella, I. F., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 3(6), 674–687. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i6.245

Zamrodah, Y. (2019). Effect of Lifestyle, Egoistic values and Biosphere Values on Willingness to Pay (WTP) Organic Rice. Journal Health Care Of Our, 15(2), 1–23




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7917

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter