Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Burse Efek Indonesia periode 2019-2023

Rizky Faisal Saputra, Iskandar Zulkarnain

Sari


Di Indonesia perusahaan makanan dan minuman berkembang dengan pesat berdasarkan jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari periode ke periode terus bertambah, industri makanan dan minuman menjadi industri yang memiliki prospek yang sangat baik kedepannya karena makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok manusia diiringi dengan jumlah populasi Indonesia yang terus meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang meliputi uji t, uji F, dan uji R2. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan secara simultan profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Alifedrin, G. A. & Firmansyah, E,. A. (2023). Risiko Likuiditas dan Profitabilitas Perbankan Syariah Peran FDR, LAD, LTA, NPF, DAN CAR. Bandung: Publikasi Media Discovery Berkelanjutan.

Fauziah, F. (2017). Kesehatan Bank, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan: Teori Dan Kajian Empiris. Samarinda: Pustaka Horizon.

Franita, R. (2018). Mekanisme Good Corporate Governance Dan Nilai Perusahaan: Studi Untuk Perusahaan Telekomunikasi. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Ghozali, Imam., & Ratmono, Dwi. (2017). Analisis Multivariant dan Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan EViews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gujarati, D. N. (2021). Essentials of econometrics. Sage Publications.

Widarjono, A. (2016). Pengantar dan Aplikasinya disertai Panduan Eviews. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Gujarati, Damodar dan Dawn C. Porter. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika (Buku 2). (Terj.) Raden Carlos Mangunson. Jakarta: Salemba Empat.

Indrarini, Silvia. (2019). Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba (Good Governance Dan Kebijakan Perusahaan). Surabaya: Scopindo.

Machmuddah. Z (2020). Metode Penyusunan Skripsi Bidang Ilmu Akuntansi (edisi pertama). Sleman. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Nagian, T. & Silvia (2021) Determinan Nilai Perusahaan. CV. Jakad Media Publishing.

Nengsih, N. (2023). Struktur Modal Syariah. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Siregar, E, I (2021). Kinerja Keuangan Terhadap Profitabilitas Subsektor Konstruksi. Penerbit Nem.

Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo: Myria

Widarjono, Agus. (2018). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya Disertai Panduan Eviews, Edisi kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN Yogyakarta.

Jurnal :

Anggraini, C., & Agustiningsih, W. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan subsektor makanan serta minuman yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 494–512.

Aulia, A. N., Mustikawati, R. I., & Hariyanto, S. (2020). Profitabilitas, ukuran perusahaan dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 8(1).

Ardiansyah, G. G. K. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 367-375.

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage serta profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverages di BEI. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74-83

Farizki, F. I., Suhendro, S., & Masitoh, E. (2021). Pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran perusahaan dan struktur aset terhadap nilai perusahaan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 17-22.

Hertina, D., Hidayat, M. B. H., & Mustika, D. (2019). Ukuran perusahaan, kebijakan hutang dan profitabilitas pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ecodemica, 3(1), 1-10.

Nur Aulia, A., Indah Mustikawati, R., & Hariyanto, S. (2020). Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1), 1–7.

Siswanti, D. E., & Ngumar, S. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(2).

Yovita Bita, F., Hermuningsih, S., & Maulida, A. (2021). PENGARUH PROFITABILITAS LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Syntax Transformation 2(3).




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8016

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter