Strategi Pemasaran Pada Koperasi Konsumen Karyawan Swabina Gatra Dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota

Gebby Aprilliifalya, Ratih Mukti Azhar

Sari


Koperasi Konsumen Karyawan Swabina Gatra menghadapi tantangan rendahnya partisipasi anggota, yang berdampak pada kinerja dan perkembangan koperasi. Berdasarkan analisis data, pertumbuhan jumlah anggota koperasi menunjukan fluktuasi yang signifikan dalam kurun waktu 2012-2023. Salah satu penurunan tajam terjadi pada periode 2019-2020 dengan tingkat penurunan sebesar 31,95 %. Sementara itu, peningkatan signifikan tercatat pada periode 2016-2017 dengan pertumbuhan sebesar 138 %. Fluktuasi tersebut menunjukan adanya ketidakkonsistenan dalam mempertahankan jumlah anggota koperasi. Faktor lain yang turut menjadi kendala adalah lokasi koperasi yang kurang strategis serta operasional yang masih bersifat manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pemasaran koperasi dalam rangka meningkatkan partisipasi anggota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis SWOT dan pendekatan bauran pemasaran. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengurus koperasi dan anggota, observasi terhadap aktivitas koperasi, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran koperasi perlu ditingkatkan melalui promosi yang efektif dan menyesuaikan layanan dengan kebutuhan anggotanya. Selain itu, peningkatan kualitas layanan melalui digitalisasi operasional diidentifikasi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kepuasan anggota. Implementasi strategi pemasaran yang terintegrasi dapat meningkatkan loyalitas anggota dan memperkuat daya saing kperasi di tengah berbagai tantangan yang ada.

 

Kata Kunci: Stategi, Pemasaran, Koperasi, Partisipasi, Anggota


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, C. R. I. H. (2024). Pengaruh Lokasi Bisnis, Kinerja Karyawan dan Lingkungan Kerja terhadap Strategi Bisnis Di Perkotaan. Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 2(2), 90–101. https://siberpublisher.org/index.php/JKMT/article/view/154

Azhar Solihin, S., & Ezra, E. (2024). Perancangan Jaringan Rantai Pasok Dan Sistem Informasi Pemasaran Pada Program Sistem Ekonomi Jaringan Usaha Koperasi Untuk Kerjasama Usaha Koperasi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 271–284. https://doi.org/10.32670/coopetition.v15i2.4399

Budiandru, B., & Ulhaq, D. (2017). Jurnal Manajemen Indonesia. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 219–226. https://doaj.org/article/ea65eba20c7045858878b2aec206fa10

Hamdani, D. (2023). Analisis Pengembangan Digitalisasi Koperasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Anggota. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(3), 469–480. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i3.3848

Insyiah, C., Respati, H., & Sunardi, S. (2021). Pengaruh Praktek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Koperasi Melalui Partisipasi Anggota di Koperasi Setia Budi Wanita Malang. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 40–49. https://doi.org/10.35130/jrimk.v5i1.117

Istianingsih, F. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Harapan Morome (Desa Wonua Morome). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Kohongia, A. E. (2024). the Role of Cooperatives in Improving Shared Welfare Through Mutual Cooperation and Active Member Participation. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 2792–2799.

Maria Vionsiana Blogon, Yosefina Andia Dekrita, & Cicilia Ayu Wulandari Nuwa. (2023). Pengaruh Partisipasi Anggota Terhadap Peningkatan Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union Bahtera Sejahtera Maumere. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 2(3), 117–134. https://doi.org/10.55606/jempper.v2i3.2117

Nurnawati, R. (2023). Strategi Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Mitra Insan Mandiri. La Zhulma | Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 158–164. https://doi.org/10.70143/lazhulma.v3i2.258

Nurranto, H., & Saputro, F. B. (2015). Pengukuran Tingkat partisipasi Anggota dan Pengaruhnya terhadap Keberhasilan Koperasi. SOSIO E-KONS, 7(2), 111–127.

Pratami, I. I., Hermawan, Y., & Srigustini, A. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Pada Koperasi Simpan Pinjam Tawekal Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Journal Sains Student Research, 1(1), 727–740.

Ria, A. M., Andari, T. T., & Yulianingsih, Y. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.57151/jeko.v3i1.295

Sukatin, Nurkhalipah, Kurnia, A., Ramadani, D., & Fatimah. (2022). Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(9), 1278–1285.

Susilawati, M. (2021). Koperasi Digital: Seberapa Penting dan Kesiapannya? (Cooperatives Digitalization: How Urgent and Ready is Information Technologi?). Akuntansi Bisnis Dan Manajemen (ABM), 28(No.02), 37–51.

Wendi, P. D. D. K., & Drs.H. Arpizal, M. . (2014). Salah Satu Faktor Yang Penting Dalam Menciptakan Sumberdaya Manusia . 1–7.

Weni Oktavia Agus, Finanta Okmayura, Shofia Tri Wahyuni, Greghard Shawenner, Melati Angguni, & Diny Syahputri. (2024). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi “Resep Kita.” Jurnal Fasilkom, 14(1), 156–165. https://doi.org/10.37859/jf.v14i1.6637

Zuraidah, E. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Koperasi Simpan Pinjam Pada PT.Simona dengan Metode SWOT. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(1), 41–52. https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i1.3012




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8019

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter