Efektivitas Job Fair sebagai Media Rekrutmen Mengisi Posisi Strategis dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) didalam dunia Industri
Sari
Proses Rekrutmen untuk mengisi posisi strategis dalam Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana efektivitas job fair sebagai media dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten. Job fair online maupun offline / web diera digitalisasi memberikan peluang bagi perusahaan untuk menjaring calon karyawan dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pengalaman, serta mempercepat proses seleksi yang akan memberikan keuntungan bagi pencari kerja ( pencaker) dalam menjalin koneksi dengan berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli, khususnya di posisi manajerial dan strategis. Dengan adanya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara atau interview dengan Perusahaan atau industri bertujuan agar peserta peserta job fair dan calon pelamar yang hadir, dapat menunjukkan bahwa job fair dapat menjadi sarana yang efektif dalam menemukan kandidat potensial untuk posisi strategis, terutama bila kebutuhannya sangat urgensi membutuhkan percepatan, kepraktisan dalam proses rekruitmen, Ada Beberapa Kendala atau tantangan yang terjadi seperti keterbatasan waktu mengenal lebih dalam kualifikasi kandidat, tetapi tetap akan melakukan proses kelanjutan proses rekruitmen tersebut
Kata kunci : Sumber daya manusia didalam industri, rekruitmen seleksi dan rekruitmen karyawan didalam industri, teknologi dalam Jobfair.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Acikgoz, Y. (2019). Employee recruitment and job search: Towards a multi-level integration. Human Resource Management Review, 29(1), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2018.02.009
Allal-Chérif, O., Yela Aránega, A., & Castaño Sánchez, R. (2021). Intelligent recruitment: How to identify, select, and retain talents from around the world using artificial intelligence. Technological Forecasting and Social Change, 169, 120822. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120822
Allen, D. G., Mahto, R. V., & Otondo, R. F. (2007). Web-based recruitment: Effects of information, organizational brand, and attitudes toward a Web site on applicant attraction. Journal of Applied Psychology, 92(6), 1696–1708. https://doi.org/10.1037/0021-9010.92.6.1696
Islam, M. A., Jantan, A. H., Yusoff, Y. M., Chong, C. W., & Hossain, M. S. (2023). Green Human Resource Management (GHRM) Practices and Millennial Employees’ Turnover Intentions in Tourism Industry in Malaysia: Moderating Role of Work Environment. Global Business Review, 24(4), 642–662. https://doi.org/10.1177/0972150920907000
Keppeler, F., & Papenfuß, U. (2021). Employer Branding and Recruitment: Social Media Field Experiments Targeting Future Public Employees. Public Administration Review, 81(4), 763–775. https://doi.org/10.1111/puar.13324
Purwanti & Tiarapuspa. (2023). REVIEW LITERATUR REKRUTMEN KARYAWAN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(2), 2337–2348. https://doi.org/10.25105/jet.v3i2.16909
Saks, A. M. (2006). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of Managerial Psychology, 21(7), 600–619. https://doi.org/10.1108/02683940610690169
Tordera, N., Peiró, J. M., Ayala, Y., Villajos, E., & Truxillo, D. (2020). The lagged influence of organizations’ human resources practices on employees’ career sustainability: The moderating role of age. Journal of Vocational Behavior, 120, 103444. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103444
Tumasjan, A., Kunze, F., Bruch, H., & Welpe, I. M. (2020). Linking employer branding orientation and firm performance: Testing a dual mediation route of recruitment efficiency and positive affective climate. Human Resource Management, 59(1), 83–99. https://doi.org/10.1002/hrm.21980
Zottoli, M. A., & Wanous, J. P. (2000). Recruitment Source Research: Current Status and Future Directions. Human Resource Management Review, 10(4), 353–382. https://doi.org/10.1016/S1053-4822(00)00032-2
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8032
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional