Pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use terhadap Repurchase Intention Menggunakan Fitur Lazada Paylater (Studi pada Generasi Milenial)

Ali Akbar Alkatili, Btari Mariska Purwaamijaya, Muhammad Rizki Nugraha

Sari


Penelitian ini membahas permasalahan yang dihadapi oleh Lazada PayLater, fitur paylater dari Lazada, yang mendapatkan keluhan dari pengguna terkait sistemnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana persepsi kemudahan dan persepsi kegunaan memengaruhi keputusan pengguna untuk melakukan transaksi ulang menggunakan Lazada PayLater. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS. Sampel terdiri dari 160 responden yang merupakan pengguna aktif Lazada PayLater dengan rentang usia milenial, 26-35 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian ulang. Persepsi kegunaan juga terbukti secara signifikan memengaruhi keputusan pengguna untuk kembali menggunakan Lazada PayLater dalam transaksi berikutnya. Temuan ini memberikan gambaran bahwa pengalaman pengguna terhadap kemudahan dan kegunaan fitur Lazada PayLater menjadi faktor penting dalam meningkatkan loyalitas pengguna. Oleh karena itu, Lazada diharapkan dapat meningkatkan kualitas sistem Lazada PayLater agar lebih user-friendly dan dapat memenuhi kebutuhan pengguna secara optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan literatur di bidang pemasaran digital, khususnya dalam konteks layanan paylater, serta memberikan rekomendasi praktis bagi e-commerce dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong transaksi berulang.

Kata Kunci: Lazada PayLaterLater, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, pembelian ulang, SEM-PLS.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahdiat, A. (2024). Rata-rata Jumlah Kunjungan ke 5 Situs E-Commerce Terbesar di Indonesia (Kuartal I-Kuartal IV 2023). Databoks.Katadata.Co.Id.

Cheema, U., Rizwan, M., & Jalal, R. (2013). The Trend Of Online Shopping In 21st Century: Impact Of Enjoyment In Tam Model. Asian Journal Of Empirical Research, 3(2), 131–141.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And User Acceptance Of Information Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–340. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.2307/249008

Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2020). Assessing Measurement Model Quality In PLS-SEM Using Confirmatory Composite Analysis. Journal Of Business Research, 109, 101–110. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2019.11.069

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer.

Haryono, S. (2016). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen AMOS LISREL PLS. PT. Intermedia Personalia Utama.

Iba, Z., & Wardhana, A. (2023). Metode Penelitian. Cv.Eureka Media Aksara.

Kharisma, G. (2024). Data E-Commerce Indonesia: Panduan Lengkap. Id.Techinasia.Com.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Global Edition) (15th Ed.). Pearson Education.

Kredivo, & K. I. C. (2021). 2021 Indonesian E-Commerce Consumer Behavior Report.

Mahyar, H. (2018). Pengaruh Aplikasi Online Shop Lazada Terhadap Perilaku Pembelian Produk Fashion. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Muhamad, N. (2023). E-Wallet, Metode Pembayaran Digital Yang Paling Banyak Digunakan Warga RI Saat Belanja Online. Databoks.Katadata.Co.Id.

Nuruddin, M. S. T. S., & Himmati, R. (2024). Pengaruh Fitur Paylater, Spinjam Dan Affiliate Terhadap Minat Konsumen Dalam Berbelanja Pada Aplikasi Shopee : Studi Kasus Pengguna Shopee Pada Mahasiswa FEBI UIN SATU Tulungagung. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 173–191.

Putri, D. M., & Sisilia, K. (2023). Pengaruh Perceived Ease Of Use Terhadap Repurchase Intention Dengan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening Pada Tiket.Com. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 10(2), 1656–1667. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V10i2.50288

Renny, Guritno, S., & Siringoringo, H. (2013). Perceived Usefulness, Ease Of Use, And Attitude Towards Online Shopping Usefulness Towards Online Airlines Ticket Purchase. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 81, 212 – 216. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2013.06.415

Saraswati, I. G. A. A. P., & Rahyuda, I. K. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(2), 61–72.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8044

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter