Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Perilaku Konsumen Sebagai Variabel Intervening
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi perilaku konsumen pada Taichans Kesawan Medan. Permasalahan yang ingin diketahui pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi perilaku konsumen pada Taichans Kesawan Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah sebanyak 150 pelanggan Taichan Kesawan Medan yang telah memenuhi kriteria yaitu usia pengunjung 16 tahun keatas, berkunjung minimal 3 kali. Analisa data dengan mengggunakan program SPSS, kepada responden sebanyak 60 orang. Hasil penelitian adalah Kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi perilaku konsumen pada Taichans Kesawan Medan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen.
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of service quality on purchasing decisions mediated by consumer behavior at Taichans Kesawan Medan. The problem to be known in this study is how the effect of service quality on purchasing decisions mediated by consumer behavior at Taichans Kesawan Medan. The research method used is the quantitative analysis method. In this study, the population was 150 Taichan Kesawan Medan customers who had met the criteria, namely the age of visitors 16 years and over, visiting at least 3 times. Data analysis using the SPSS program, to 60 respondents. The results of the study are that service quality and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions mediated by consumer behavior at Taichans Kesawan Medan.
Keywords: Service Quality, Purchasing Decisions, Consumer Behavior
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, R., & Hinggo, H. T. (2023). Pengaruh Brand Ambassador , E-Wom , Dan Brand Trust. 2(1), 433–443.
Andika, Kusnadi & Wiryaningtyas, 2022. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan Terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Vol. 1, No. 4, Mei 2022 : 692-712
Ariani. (2020). good governce dalam perspektif
Astuti Miguna dan matondang Nurhafifah. (2020). Manajemen pemasaran. CV BUDI UTAMA
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Jurnal Penelitian Ilmu Managemen, 2(2), 63.
Azwar. (2020). good governce dalam perspektif kualitas pelayanan
Didik, G. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing (B. Nasution ed ; Pertama). Tebing Tinggi : PT Inovasi Pratama Internasional.
Ely, (2021). Penataan produk.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gunawan, Robby. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Konsumen umkm ikan Lele Di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau. Yogyakarta: UNY
Hamirul (2020). good governce dalam perspektif kualitas pelayanan. CV.Pustaka Learning center.
Harjadi, Didik, Arraniri, Iqbal. Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Penerbit Insania. 2021.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Pertama). Surabaya : Unitomo Press.
Jeany, Mauli Siagian (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 7(3), 330–341.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Kotler, Philip & Amstrong, G. (2020). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Kotler, Philip & Ketler, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran. Penerbi
Kotler, P., & Armstrong ( dalam Novitasari dan Supriyanto, 2020). Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.
Lestari, A. (2022). Mimbar Kampius : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam. 21, 34–42. Https://Doi.Org/10.17467/Mk.V21i1.873
Lumintang, F. Y., Johnly, R., Lucky, P., Program, F. T., & Bisnis, S. A. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Toko Ds Solution Kota Manado. 3(4).
Rolando, (2018). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jam kesmas Di Blu Rsup Prof.Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal EMBA. 1(4): 619-629.
Rosyidi Ririn, (2020). buku monograf pengendalian kualitas.
Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Iphone: Studi Kasus Mahasiswa Uin Raden Intan Bandar Lampung. Srikandi: Journal Of Islamic Economics And Banking, 2(1), 35–44.
Santony, J. (2019). Prediksi Pendapatan Terbesar Pada Penjualan Produk Cat Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1(4), 15– 20. Https://Doi.Org/10.37034/Infeb.V1i4.5
Sinulingga (2021). Perilaku konsumen
Sugiyono, 2019. (2010). Prof_dr_sugiyono_metode_penelitian _kuant.pdf (p. 334).
Https://Journal.Iaimnumetrolampung.Ac.Id/Index.Php/Srikandi/Article/View/2963
Tjiptono & Chandra, G. 2016. Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.
Waluyo & Crosby Lethimen. (2020). good governce dalam perspektif kualitas pelayanan
Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-Commerce Shopee Di Lingkungan Rt08 / Rw10 Sriamur Bekasi. 6(2), 324–33
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8049
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional