Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah

Akbar Usman, Ramlawati Ramlawati, Serlin Serang

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Bulukumba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data dari responden. Data yang diambil dari sampel yang mewakili seluruh populasi. Maka sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul mewakili (representalive). Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan hasil 95.36 atau 95 responden. Adapun penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer, adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti untuk menjawab masalah penelitiannya secara khusus. Data primer merupakan data yang diperoleh dengan survey lapangan yang menggunakan semua semua metode pengumpulan data original. Dalam penelitian ini data primer didapat dari kuesioner yang diisi oleh responden mengenai identitas responden, bobot kepentingan dari pelayanan yang diharapkan dan bobot kualitas dari pelayanan yang diterima. Analisis data pengaruh antar variabel dengan mengunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel bebas yakni tangible, reliability, responsiveness, assurance berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Selain itu dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa variabel bebas yang dominan adalah variabel Assurance (sebesar 0.218).

 

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, D. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah koperasi pondok pesantren Mamba’ul Mubbasyirin Shiddiqiyyah Bojonegoro. UNS (Sebelas Maret University). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/41893

Alfian, M. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Central Asia Cabang Madiun. Stie mahardhika surabaya. http://repository.stiemahardhika.ac.id/1581/

Amelia, R., & Rodhiyah, R. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada pasien rawat inap RS. Pelabuhan Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 163–172. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/13498

Hindarsah, I. (2021). The influence of service quality, emotional marketing and spiritual marketing on customer satisfaction. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3685–3689. https://turcomat.org/index.php/turkbilmat/article/view/1650

Ismawanto, T., Setianegara, R. G., & Rahmani, S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan frontliner terhadap kepuasan nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Balikpapan Sudirman Unit Klandasan. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 16(1), 1–11. https://dx.doi.org/10.31940/jbk.v16i1.1713

Jodi, I. W. G. A. S. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Artha Adyamurthi Di Kediri Tabanan. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.47532/jis.v1i2.47

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Lee, S. M., Lee, D., & Kang, C.-Y. (2012). The impact of high-performance work systems in the health-care industry: employee reactions, service quality, customer satisfaction, and customer loyalty. The Service Industries Journal, 32(1), 17–36. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02642069.2010.545397

Lubis, L. A. P., Cahyono, Y. T., & MM, A. (2018). Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus pada KOPMA UMS). Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/67701

Maohizatul, H. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan nasabah (studi kasus pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Mataram). Universitas_Muhammadiyah_Mataram. http://repository.ummat.ac.id/365/

Mawey, T. C., Tumbel, A., & Ogi, I. W. J. (2018). Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3). https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20106

Nunkoo, R., Teeroovengadum, V., Ringle, C. M., & Sunnassee, V. (2020). Service quality and customer satisfaction: The moderating effects of hotel star rating. International Journal of Hospitality Management, 91, 102414. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0278431918310508

Pakurár, M., Haddad, H., Nagy, J., Popp, J., & Oláh, J. (2019). The service quality dimensions that affect customer satisfaction in the Jordanian banking sector. Sustainability, 11(4), 1113. https://www.mdpi.com/415378

Paul, J., Mittal, A., & Srivastav, G. (2016). Impact of service quality on customer satisfaction in private and public sector banks. International Journal of Bank Marketing. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/IJBM-03-2015-0030/full/html




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.805

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter