Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan di Shopee

Asmita Wulansari Dg. Liwang

Sari


Abstrak

Penelitian ini menguji pengaruh Komunikasi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey dalam pengumpulan datanya. Kuesioner disebarkan sebanyak 35 kepada Pelanggan Shopee di Kabupaten Banggai Laut. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dengan metode non-probabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi Pemasaran berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.

 

Kata Kunci: Komunikasi pemasaran, Kualitas Pelayanan, Loyalitas pelanggan.

Abstract

This study examines the effect of Marketing Communication and Service Quality on Customer Loyalty. The type of research used is quantitative by using survey methods in data collection. 35 questionnaires were distributed to Shopee Customers in Banggai Laut Regency. The sampling technique used was snowball sampling with a non-probability method. The results showed that Marketing Communication had a positive effect on Customer Loyalty and Service Quality had a positive and significant effect on Customer Loyalty.

 

Keywords: Customer loyalty, Marketing communication, Service Quality


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyani, E. Y. (2020). PEGARUH SIKAP DA FASHION LEADERSHIP TERHADAP MINAT BELI ONLIE REMAJA DIKOTA JEMBER (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember). Universitas Muhammadiyah Jember.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2).

Benito, D. T. (2018). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN: Survei Pada Pengguna Sim Card XL Axiata di My XL Forum. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hygid Starini. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada T.B Basuki Jaya Yogyakarta) Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Vol.2 Edisi VI, http://journal.student.uny.ac.id.

Kurniati, R. R., & Junaida, D. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shopee (Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 8(3), 154–162.

Lutfin, C. F. (2020). Strategi komunikasi pemasaran Online Shop" Grey Kosmetik" di Akun Shopee. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mukarromah, S. (2018). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Toko BajuSenamGrosir. com. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

NOVITIAH, I. D. A. Y. U. A. M. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ONLINE (E-SERVICE QUALITY) DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA UBUD INN COTTAGES DI UBUD GIANYAR.

Periamsyah, P., Subhan, S., & Syahab, A. (2018). Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee Indonesia. Proceeding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 1(1), 565–569.

Pratiwi, R. T. (2010). Pengaruh komunikasi pemasaran, kepercayaan akan merek dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Kartu Simpati di Kota Solo.

Putri, Y. L., & Utomo, H. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai variabel intervening (studi persepsi pada pelanggan dian comp ambarawa). Among Makarti, 10(1).

Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI GAMEFIELD HONGKONG LIMITED. Pro Mark, 10(1).

Setiaroh, T. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM. Universitas YARSI.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto. (2016). Pengukuran Kualitas Layanan, UGM, Yogyakarta

Tessa, L., & Zeshasina, R. (2022). Pengaruh Reputasi, Tampilan Web, dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung). Universitas Bung Hatta.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v5i3.806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter