Pengaruh Atribut Produk, Kelengkapan Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Audrey Sukses Sejahtera

Shery Shevina, Winda Evyanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh atribut produk, kelengkapan produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di PT Audrey Sukses Sejahtera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari semua konsumen yang telah melakukan pembelian produk di PT Audrey Sukses Sejahtera pada tahun 2024, dengan jumlah total populasi sebanyak 596 orang. Untuk menentukan sampel yang representatif, digunakan rumus Slovin, menghasilkan 239 responden yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda, dengan melibatkan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa atribut produk berpengaruh sebesar 25,5% terhadap keputusan pembelian, kelengkapan produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 19,6%, dan kualitas produk berkontribusi 26,2% terhadap keputusan pembelian. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa atribut produk, kelengkapan produk, dan kualitas produk bersama-sama menjelaskan 65,9% keputusan pembelian. Uji t dan uji F memperkuat temuan ini, yang menunjukkan bahwa atribut produk, kelengkapan produk, dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara individu maupun bersama-sama, terhadap keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggriani, A., Daryanto, A., & Asikin, Z. (2024). Sustainable Apparel Product Purchase Decisions on Indonesian Gen Z and Millennial Women Consumers Using Theory of Planned Behaviour. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 10(1), 223–234. https://doi.org/10.17358/ijbe.10.1.223

Anissa, R., & Yulianto, A. E. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Private Label Pada Minimarket Indomaret. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(9). https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644

Ependi, W. A., & Realize. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Pesan Iklan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Marina. Jurnal Bina Manajemen, 12(1), 393–411.

Jaelani, R., Yuliati, L. N., & Sartono, B. (2023). Effect of Product Attributes, Promotions, and Motivation on Subsidized Home Buying Decisions. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(3), 819–829. https://doi.org/10.17358/jabm.9.3.819

James, & Realize. (2024). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ban Pada PT Adaban Makmur Sukses. YUME : Journal of Management, 7(2), 8–19.

Mutiar, M. T., Samsudin, A., & Jhoansyah, D. (2022). Analisis Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Visual Merchandising Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 108–114.

Nadirah, A., Risal, M., & Ikhwan, N. (2023). Effect of Product Quality and Promotion Mix on Coca Cola Purchase Decition. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 9(3), 881–886. https://doi.org/10.17358/jabm.9.3.881

Nainggolan, R. A., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. JEMI, 23(2), 49.

Nofrizal, Lubis, N., Hardi, Maryanti, S., N, A., & Widayat, P. (2021). Pengaruh Keunikan Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Oleh-Oleh Kota Pekanbaru. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 219–226. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.219-226

Nurjamilah, S. F., Romadon, A. S., & Putri, S. E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada “Kopima Aja.” Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(1), 453–469.

Pangestu, A. R., & Yahya. (2023). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Perlengkapan Abri Santy Sembada 10 Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 12(5), 1–18.

Putri, S. H. D. E., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.

Rizal, R., & Dini, M. (2023). Pengaruh Atribut Produk Dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kain Songket Di Kota Palembang. Jurnal Manajemen, 11(2), 99–109. https://doi.org/10.36546/jm.v11i2.884

Sinaga, C. L., & Evyanto, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Kota Batam. Journal of Management, 6(2), 24–38. https://stieamkop.ac.id/journal/index.php/yume/article/view/3833/2494

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.

Syntia, & Evyanto, W. (2023). The Influence Of Brand Image, Product Quality, And Advertising On The Purchase Decision Of Hanasui Skincare In Batam. Jurnal Cafetaria, 4(2).

Vijaya, S. A., & Yulianto, A. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di Surabaya (Studi Kasus Pada Erigo Di Mall Delta Plaza Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 12(11).

Yulliyanie, T., & Evyanto, W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Bingas Manufacturing. ECo-Buss, 4(3), 505–515. https://doi.org/10.32877/eb.v4i3.283

Zulaiha, Z., & Dimyati, L. (2023). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Pengguna Produk Johnson’s Baby Di Desa Rantau Kasai Kecamatan Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1005–1014. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3287




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8066

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter