Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Cosmetic Pixy Di Kota Batam

Elma Suriya Siagian, Tiurniari Purba

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh beberapa faktor, yaitu kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan citra merek, terhadap loyalitas pelanggan produk kosmetik Pixy di Kota Batam. Populasi penelitian terdiri dari konsumen yang telah membeli atau menggunakan produk bedak wajah Pixy di Batam pada tahun 2024, meskipun jumlah pastinya tidak diketahui. Untuk menentukan ukuran sampel, digunakan rumus Lameshow yang menghasilkan 100 responden melalui teknik purposive sampling. Dalam menganalisis data, dilakukan uji kualitas data, uji asumsi klasik, pengujian pengaruh, dan uji hipotesis. Dari hasil regresi linier berganda, ditemukan bahwa kepercayaan konsumen memberikan kontribusi sebesar 17,9% terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berkontribusi sebesar 23,5%, dan citra merek memberikan kontribusi sebesar 33,8%. Analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan citra merek bersama sama dapat menjelaskan 79,5% variasi dalam loyalitas pelanggan. Temuan uji t dan uji F juga mempertegas bahwa kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh secara signifikan baik secara individu maupun bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, M. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Management & Business Pengaruh, 7(1), 131–139.

Ananda, I. P. S. N., & Setiawan, P. Y. (2024). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Pada Pelanggan GO-JEK Di Denpasar. Relasi : Jurnal Ekonomi, 20(1), 14–31. https://doi.org/10.31967/relasi.v20i1.646

Atmajayanti, A., & Saputro, E. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ekonomika, 13(1), 143–157.

Desri, S., Fitriandi, Yollanda, F., & Zulfitri, V. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan TerhadapLoyalitas Pelanggan JNE Di Kota Payakumbuh. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 342–348.

Lubis, M. D. P., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.30812/target.v5i2.3021

Mansur, M. J., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lazada Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 579–591.

Nainggolan, R. A., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee Di Kota Batam. JEMI, 23(2), 49.

Nurfadila, H., & Nurdin, M. R. A. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Air Minum Kemasan Merek Aqua. Jurnal Ekonomi Dan Industri E-ISSN, 2656, 3169.

Oktadiani, O. D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fhasion Uniqlo di Tunjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–21.

Priyankha, M. A., & Sulistyawati, L. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ms Glow (Studi Pada Mahasiswa Fisip Upn “Veteran” Jawa Timur). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 2083–2090. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Putri, S. H. D. E., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71.

Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). Alfabeta.

Yulinda, A. T., & Iskandar, F. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas pelanggan Kitaro Pada Agen Kitaro Toko Arra Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 191–198. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3000




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter