Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Scarlett Whitening Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening

Windriyani Purba, Inda Sukati

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas dan inovasi produk Scarlett Whitening memengaruhi loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan dengan produk tersebut di Kota Batam. Mereka yang terlibat dalam penelitian ini adalah individu yang telah menggunakan produk tersebut setidaknya sekali. Metode pengambilan sampel purposive menggunakan rumus Lemeslow untuk 100 responden. Kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 26,4 persen terhadap loyalitas pelanggan dan inovasi produk memiliki pengaruh sebesar 86,2 persen terhadap loyalitas pelanggan, menurut hasil analisis data regresi linear berganda. Menurut hasil pengujian koefisien determinasi (R2), kepuasan pelanggan berkontribusi sebesar 76,1% terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, uji t dan uji f menunjukkan bahwa kualitas produk, inovasi produk, dan kepuasan pelanggan berkontribusi sebesar 91,8% dari variasi dalam loyalitas pelanggan baik secara individu maupun secara keseluruhan.

 

Kata kunci: Kualitas Produk; Inovasi Produk; Loyalitas Pelanggan; Kepuasan Pelanggan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277

Budi, D. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guipedia.

Ely. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.

Gultom, M., & Ngatno. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SMARTPHONE SAMSUNG DI SEMARANG. Adminitrasi Bisnis.

Guterres Riu, J. B., Udayana, I., & Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan “Scarlett Whitening.” Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(1), 240–256. https://doi.org/10.47467/manageria.v3i2.2295

Irsyad, M. R., & Wahyuati, A. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Waroenk Andya Sidoarjo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(5), 1–18. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4565/4563

Lestari, U. D., & Syah, T. Y. R. (2022). Antecedents of Customer Brand Engagement Affecting Customer Satisfaction, Trust, and Commitments in Forming Loyalty and Word of Mouth in Indonesia. Asean Marketing Journal, 14(1). https://doi.org/10.21002/amj.v14i1.1152

Meilisa, M., & Artina, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan French Bakery & Bistro Atmo. MDP Student Conference, 2(2), 394–400. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.4297

Nur Hapizah, & Yulia Hendri Yeni. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Fitur Layanan Aplikasi Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Maxim Bike Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kota Padang. Journal Publicuho, 7(1), 293–300. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.355

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Rahman, S., Fadrul, F., Yusrizal, Y., Marlyna, R., & Momin, M. M. (2022). Improving the Satisfaction and Loyalty of Online Shopping Customers Based on E-Commerce Innovation and E-Service Quality. Gadjah Mada International Journal of Business, 24(1), 56–81. https://doi.org/10.22146/gamaijb.58783

Rosalina Tanjung, J., & Rahman, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Indihome Pt. Telkom Indonesia Pekanbaru. Jurnal BANSI - Jurnal Bisnis Manajemen Akutansi, 3(1), 27–45. https://doi.org/10.58794/bns.v3i1.451

Ryan Fauzy Muhammad, M. K. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. E-Journal Manajemen Manajemen, 8(11), 6741–6761.

S.H.Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.

Setiawan, M. H., Komarudin, R., & Kholifah, D. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, 4(2), 139–147. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech139

Sholikhah, A. F., & Hadita, H. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur. Jurnal Economina, 2(2), 692–708. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.352

Sihotang, H. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Pusat Penerbitan dan Pencetakan Buku Perguruan Tinggi Universitas Kristen Indonesia Jakarta. http://www.nber.org/papers/w16019

Siyoto Sandu, S. M. A. (2020). Dasar Metodologi Penelitian (Ayubs (ed.)). Liteasi Media Publishing.

Sofya, J. F., Kristin, I., & Kustiawan, U. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan dan Promosi di Sosial Media yang dimediasi oleh Komitmen dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Traveloka. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 11(2), 125–140. https://doi.org/10.24036/jkmb.11866400

Sudarman, E., Madiistriyatno, H., & Sudarman, I. (2021). Investigations of Customer Loyalty: Strengthening Product Quality, Brand Image and Customer Satisfaction. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 78. https://doi.org/10.22441/mix.2021.v11i1.006

Sudarman, I., Singaperbangsa, U., Merek, C., Pelanggan, K., Pelanggan, L., Merek, C., Pelanggan, K., & Pelanggan, L. (2021). Machine Translated by Google INVESTIGASI LOYALITAS PELANGGAN : PENGUATAN KUALITAS PRODUK , CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN Machine Translated by Google. 11(1), 78–93.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi dan R&D) (Sugiyono (ed.); Cet.19). Alfabeta.

Talambanua, E., Nasution, Z., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Strategi Deferensiasi Produk, Digital Marketing dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Motor Honda Scoppy. Remik, 7(2), 1144–1155. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12250

Thamrin, G., Bernarto, I., & Kawata, Y. (2020). The influence of trust, satisfaction, value, and brand image on loyalty. BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 12(2), 168. https://doi.org/10.26740/bisma.v12n2.p168-185

Tri Wahyudi Indra Gunawan, I. P. (2023). Pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada galeri lebah ummunis. Journal Transformation of Mandalika, 4(9), 585–592.

Wannahar, K. S. L., & Indriani, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampak Loyalitas Pelanggan Brand Zara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3414. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2641




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8099

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter