Analisis Pengaruh Brand Image Dan Grab Campus Ambassador Terhadap Minat Penggunaan Konsumen Layanan Transportasi Online Grab
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image dan program Grab Campus Ambassador terhadap minat penggunaan layanan transportasi online Grab. Dalam industri transportasi online yang semakin kompetitif, strategi pemasaran yang efektif menjadi faktor utama dalam menarik dan mempertahankan pelanggan, khususnya di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 150 responden mahasiswa pengguna layanan Grab. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (Brand Image dan Grab Campus Ambassador) dengan variabel dependen (Minat Penggunaan Konsumen). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan layanan Grab, menunjukkan bahwa citra merek yang kuat dapat meningkatkan ketertarikan konsumen. Program Grab Campus Ambassador juga berpengaruh positif, meskipun dalam tingkat signifikansi yang lebih rendah dibandingkan Brand Image. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Ambassador masih perlu dioptimalkan agar lebih efektif dalam menarik pengguna.
Kata Kunci: Citra Merek, Duta, Minat Beli.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ajzen, I. (1991). The Theory Of Planned Behaviour (2 Ed., Vol. 50). Organizational Behaviour And Human Decision Precesses.
Arini, N., Saroh, S., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh Promosi, Brand Ambassador Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia). Dalam Jiagabi (Vol. 11, Nomor 2). Www.Shopee.Com
Asi, K. J. M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak. Universitas Telkom.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 26 (10 Ed.). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Jonathan, K., Asi, M., & Hasbi, I. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Bukalapak The Influence Of Social Media Marketing And Brand Image On Customer Purchase Interest In Bukalapak Application. Www.Suara.Com
Martina, A., & Siswanto, T. (2023). Analisis Pengaruh Brand Ambassador Idol Kpop Dan Impulse Buying Behaviour Milenial Terhadap Purchase Intention Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Penggemar Kpop Di Jakarta). Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Inodonesia. Https://Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Index.Php/Smbi/Article/View/23133
Nguyen, C., Nguyễn, N., Nguyen, N., & Duong, A. (2020). The Relationships Of Social Media Marketing, Consumer Engagement And Purchase Intention. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/342976186
Top Brand Award. (2024). Top Brand Index Jasa Transportasi Online. Https://Www.Topbrand-Award.Com/Top-Brand-Index/?Tbi_Year=2024&Type=Brand&Tbi_Find=Grab
Usman, O., Bus, M., & Aryani, Y. (2020). The Effect Of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, And Price On Purchase Intention. Https://Ssrn.Com/Abstract=3511672
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8137
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional