Pengaruh Fitur Dan Promosi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Kepercayaan Pengguna Sebagai Variabel Mediasi

Tober Hidayanti Padang, M Ali Musri Simbolon, Yochi Elanda

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung fitur dan promosi terhadap keputusan pembelian serta pengaruh mediasi kepercayaan pengguna dalam hubungan nya. Penelitian ini mencoba menjawab masalah terkait seberapa besar pengaruh fitur dan promosi Shopee terhadap keputusan pembelian, serta bagaimana peran kepercayaan pengguna dalam memediasi hubungan tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif. Pada penelitian Sampel yang digunakan adalah 48 responden yang dipilih melalui metode purposive sampling. Analisa data dengan mengggunakan program SPSS. Hasil penelitian adalah. Pengaruh fitur dan promosi shopee berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian online dengan kepercayaan pengguna sebagai variabel mediasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Alamsyah, N., & Saino, S. (2021). Pengaruh fitur produk dan promosi cashback terhadap keputusan pembelian. Akuntabel, 18(4), 624–634. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9888

Ardianto, K., Nuriska, F. P., & Nirawati, L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Emina Pada Official Store Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(2), 62.

Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v6i2.8

Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2), 85–98. https://doi.org/10.55601/jwem.v11i2.795

Prathama, F., & Sahetapy, L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-commerce Lazada, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 7, No. 1.https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemenbisnis/article/view/812

Sari, A. C. M., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Volume 10(5), 1–17.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 452–462.

Buku

Sugiyono. (2017). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.

Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. Penerbit alfabeta 3, 1–334.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: MODUL, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Diakses dari https://sg.docworkspace.com/d/sIKHF5Jtg-NmMtQY?sa=cl

Skripsi

Dian M.J. (2022). Pengaruh reputasi, kualitas informasi, dan EWOM terhadap minat beli yang dimediasi oleh kepercayaan pelanggan pengguna aplikasi shopee (studi pada mahasiswa stambuk 2018 fakultas ekonomi UPMI Medan. (Skripsi) Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan.

Novitasari. G (2019). Anilisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merek Honda. (Skripsi) Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan

Yohana, E. S. (2022). SKRIPSI: Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Yogyakarta) (Doctoral dissertation, STIM YKPN Yogyakarta).

Wibowo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di” D’STUPID BAKER” Surabaya. Skripsi, 3(12), 2231-1204.

Zulfa, D., Anwar, N., & Riananda, S. (2024). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrifting Di Online Shop (skripsi) mahasiswa Universitas Negeri Medan.

Internet

https://sg.docworkspace.com/d/sICvF5JtgkYWNtQY?sa=cl




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8150

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter