Strategi Pemasaran Dalam Proses Penerimaan Mahasiswa Baru Di Universitas Ichsan Sidenreng Rappang

Abdul Kadir, Nuarwana Sampara

Sari


Keberhasilan dalam menarik perhatian calon peserta didik baru sangat bergantung kepada seberapa efektif dalam mengkomunikasikan keunggulannya karena persaingan antar Perguruan Tinggi dari hari ke hari semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam proses penerimaan mahamahasiswa baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari Ketua PMB, Dosen, dan Staf Administrasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pemasaran dengan menggunakan Marketing Mix 4P (Product, Price, Place, Promotion) dalam proses penerimaan mahamahasiswa baru terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah pendaftar. Dengan memanfaatkan kekuatan produk pendidikan yang berkualitas, harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, serta promosi yang beragam dan tepat sasaran, Universitas Ichsan Sidenreng Rappang berhasil menarik perhatian masyarakat dan orang tua calon peserta didik baru.

Kata kunci : Manajemen, Strategi Pemasaran, Penerimaan Mahasasiswa Baru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Juhaidi. (2022). Pemasaran Jasa Pendidikan Teori dan Praktik. Aswaja Pressindo.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.

Atiyah, F., Fauzi, A., & Mu’in, A. (2022). Strategi pemasaran dan pelayanan jasa pendidikan dalam meningkatkan minat masyarakat di Perguruan Tinggi dasar islam terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(10), 2037-2056.

Kirana, B & Fakhruddin Kurnia M. (2024). Marketing Strategies In Increasing Sales At Nusantara Bookstore In The Digital Era. Journal Management And Business, 2(2), 197-208.

Dumbela, B. A., Lapadang, W. F., Siddik, A. S., & Rahmat, A. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan Berbasis Marketing Mix 4p di Perguruan Tinggi Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2000-2007.

Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). Sage Publications.

Ismuratno, I., Hamdani, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2021). Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di lembaga Perguruan Tinggi dasar islam insan cendekia pacitan. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 19(1), 16-29.

Layanah, N., & Ali, H. (2023). Faktor-Faktor Yang Memperngaruhi Marketing Information System: Harga Produk, Kualitas Layanan, Promosi. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(4), 685-693.

Masing, M., & Widyana, R. (2021). Marketing Mix Method Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan di SMA Kristen Barana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 459-468.

Mazzarol, T., & Soutar, G. (2018). "The influence of school image and reputation on school choice". International Journal of Educational Management, 32(1), 44-60.

Mukmin, B. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa Perguruan Tinggi Dasar Terpadu. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 97-112.

Oscar, B., & Megantara, H. C. (2020). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk muslim army. Pro Mark, 10(1).

Prihatin, R. P., & Ahmad, I. F. (2020). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan minat siswa baru di Mtsn 5 Sleman Yogyakarta. Journal Evaluasi, 4(2), 173.

Rangkuti, F. (2018). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur Strat. Meningk. Kep. Plg. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.

Woliktol, N., Arfin, A., & Kabiba, K. (2021). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di SMP Negeri 7 Kendari. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(3), 143-153.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i3.8182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter