Strategi Memenangkan Hati Calon Mahasiswa : Pengaruh Kualitas Informasi, Fasilitas, dan Alumni Terhadap Keputusan Memilih Perguruan Tinggi
Sari
Keputusan calon mahasiswa untuk memilih Perguruan Tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti Kualitas Informasi, Fasilitas, dan Alumni. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas informasi, fasilitas, dan alumni terhadap keputusan calon mahasiswa dalam memilih Politeknik WBI. Populasi penelitian ini mencakup mahasiswa aktif angkatan 2019, 2020, dan 2021 sebanyak 396 orang, dengan sampel berfokus pada 123 mahasiswa angkatan 2021. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi berganda dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Kualitas Informasi (X1) memiliki pengaruh positif sebesar 0,228 terhadap keputusan memilih (Y), Fasilitas (X2) berpengaruh positif sebesar 0,206, dan Alumni (X3) menunjukkan pengaruh positif sebesar 0,174 terhadap keputusan memilih (Y). Sedangkan, hasil Penelitian secara simultan nilai signifikansi untuk pengaruh Kualitas Informasi (X1), Fasilias (X2), dan Alumni (X3) secara simultan terhadap Keputusan Meimilih (Y) adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai F_hitung sebesar 23.978 > F tabel, sehingga disimpulkan berpengaruh positif signifikan.
Keywords: Kualitas Informasi, Fasilitas, Alumni, Keputusan Memilih.Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahyat, Muhamad, Okky Afriwan, & Agus Hermanto. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah di UniversitasTeknologi Mataram (UTM). Jurnal Ganec Swara, Vol. 16, No.1, Maret 2022
Akademik Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia. 2022. Jumlah Mahasiswa Aktif Politeknik WBI. Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia. Deli Serdang: 1 hal.
Alma, Bukhori. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identifikasi, dan Modal Sosial. Jakarta: Kencana.
Angkie, Noviani Sari & Sherly Rosalina Tanoto. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity Pada Brand Fashion Zara, h&m, Pull&Bear , dan Stradivarius Di Surabaya, AGORA: Vol. 7, No : 1.
Angkoso, Sutanto P., Andre N Rahmanto, & Yulius Slamet. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Informasi Pelayanan Bidang Akademik Kepada Mahasiswa. Jurnal Manajemen Komunikasi, Volume 1, No. 2, April 2017, hlm 234-264.
Arianty, Adri, Muhammad Fauzan Azhmy, & Fajar Pasaribu. (2022). Faktor Pengaruh Siswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Medan. JAMEK (JURNAL AKUNTANSI MANAJEMEN EKONOMI DAN KEWIRAUSAHAAN), Vol 02, No 03, September 2022, Hal 207-222
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Aurinawati, Derista. (2019). Analisis Aktivitas Pemasaran Media Sosial Terhadap Respon Konsumen (Studi Kasus Homestay Kelas Menengah Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia.
Azmar & Patria Laksamana, Ph.D. (2018). Pengaruh Social Media Promotion Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pemilihan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi Volume 2 No.2.
Bapat Gautam S. & Sayalee S. Gankar. (2020). How students make choice of Universities: Understanding students decision making with reference to Digital Media. Journal of Arts, Humanities and Social Science., Vol. 2, Issue 6.
Basri, A. Said Hasan. (2021). Eksistensi Dan Peran Alumnidalam Menjaga Kualitas Mutu Fakultas Dakwah. Jurnal Dakwah, Vol. XI, No. 1
Bawantara, Agung. (2007). Panduan memilih program studi : lulus SMA kuliah di mana?. Depok : Kawan Pustaka.
Chaffey, D. & Chadwick, F. (2019). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice. New Jersey: Pearson.
Fakhrudin, Arif. (2022). Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Dan Harga Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah Penerbangan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 15, No. 1, Juli 2022
Farih, Ahmad, Ahmad Jauhari, dan Eko Widodo. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), JMK 4 (1) 2019, 41-60
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Gautam, Raman Deep & Dr Sanjay Kumar Bahl. (2020). Measuring The Impact Of Brand Reputation Through Social Media On Choice Of Higher Education. International Journal of Advanced Research in Engineering and Technology (IJARET). Volume 11, Issue 12, December 2020, pp. 105-110.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habeahan, Lolita. (2019). Pengaruh Pelayanan Dosen dan Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Ekonomi Stambuk 2017 Universitas HKBP Nommensen Medan T.A 2018/2019. Universitas HKBP Nommensen.
Hafizh Fitrianna & Derista Aurinawati. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Volume 03, Nomor 03
Harahap, Nursapia dan Sri Delina Lubis. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Medan : HO Publisher. ISBN 978-602-5799-66-8.
Hepi, Trilinawati. (2019). Pengaruh Experiential Marketing, Service Quality, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Taman Wisata Ngembag Ponorogo. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Hidayati, Diah Kurnia. (2019). Perilaku Followers @Rlthingy Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Netnografi Pada Followers Akun Twitter @Rlthingy Dengan Metode Kualitatif). UPN Veteran Jawa Timur.
Iryani, Nelvia. (2017). Analisis Pengaruh Jarak, Keamanan, Brand Image, Fasilitas dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh. Zona Ekonomi, Volume 11 No. 2 Agustus 2017
Iryantoro, Lambet. (2021). Hubungan Harga Dengan Keputusan Pembelian Aki Pada Toko RN ACCU Di Punggur, Lampung Tengah. Universitas Muhammadiyah Metro
Kian, Elisabeth Geraldine. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Y51 di Bekasi Timur. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.
Kim, Angella J. & Eunju Ko. (2012). Do Social Media Marketing Activities Enhance Customer Equity ? An Empirical Study Of Luxury Fashion Brand. Journal of Business Research 65 (10), 1480–1486
Kurniasari, Meatry & Agung Budiatmo. (2018). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada J.Co Donuts & Coffee Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 7, Nomor 1, Maret 2018, pp. 25-31
Kusniati, Melda Eka & Istyakara Muslichah. (2022). Kepuasan dan Loyalitas Pedagang Pasar Beringharjo atas Kualitas Pelayanan Perpanjangan Kartu BuktiPedagang/Kartu Identitas Pedagang di Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen. Vol. 01, No. 03, 2022, pp. 88-97
Larasati, Dewi, Lisana S Pratignyo, Ali Ilham Sofiyat. (2022). Pengaruh Fasilitas Kampus dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode Sem, Jurnal Baut dan Manufaktur, Vol. 04, No 1, Tahun 2022, 2686- 5351
Lee, S. (2017). A Study on Different Recognition of Importance in Enterprises Social Media Activites Based on Comparasion between Cunsumer and Enterprises : Focusing on Commercial and Relational Characteristics of Activity Types. Master’s dissertation Hankuk University of Foreign Studies.
Manurung, Gilbert Tulus. (2022). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Kredit Pada Pt. Federal International Finance (Fif) Cabang Pematang Siantar Selama Masa Pandemi Covid-19. Universitas HKBP Nommensen
Masruroh, Dwi Mariana, Sigit Sardjono, & Abdul Halik. (2019). Pengaruh Harga, Sosial Media Marketing Dan Brand Equity Terhadap Customer Purchase Decision Melalui Consumer Respon Sebagai Variabel Intervening Pada Jamaah Umroh Pt Saraya Anugrah Di Sidoarjo. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Vol. 4, No 2, 2019, 987 – 1003
Narayana, Kompyang Gede Sathya & Gede Bayu Rahanatha. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 5, 2020 : 1962-1982
Nasikah, D., & Fuadi, S. (2022). Pengaruh Kemudahan Bertransaksi,Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Derivatif : Jurnal Manajemen, 16(1), 162–173.
Naveed, Shagufta & DR. Muzammil Khurshid. (2021). Factors Influencing The University Choice Decision Of Business Students At Higher Education Level: a Case From Pakistan. Hamdard Islamicus Vol. XLIII, No. 2.
Neliwati, Neliwati (2018) Metodologi penelitian kuantitatif (Kajian Teori dan Praktek). Medan : Widya Puspita. ISBN 9786025102240
Rahayu, Anissa Maila, Endin Mujahidin, & Budi Handrianto. (2021). Perencanaan Pengembangan Alumni Perguruan Tinggi dalam Perspektif Islam. Journal of Management in Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2021, e-ISSN. 2723-5386, hlm. 76-90
Rahman, Muh. Akil & Samsul. (2018) . Iklan, Brand Trust Dan Brand Image Sebagai Determinan dalam Memilih Kampus UIN Alauddin Makassar. ASSETS, Volume 8, Nomor 2, Desember 2018: 188-204.
Rakhmadian, Miftah, Syarif Hidayatullah, & Harianto Respati. (2019). Seminar Nasional Sistem Informasi, 14 September 2017.
Romdonny, Jefry & Maskarto Lucky Nara Rosmadi. (2018). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. IKRAITH- EKONOMIKA, Vol 1 no 2.
Pahleviannur, Muhammad & Grave, Anita & Saputra, Dani & Mardianto, Dedi & Sinthania, Debby & Hafrida, Lis & Bano, Vidriana & Susanto, Eko & Januar Mahardhani, Ardhana & Amruddin, & Doddy, Mochamad & Lisya, Mutia & Ahyar, Dasep. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA. ISBN: 978-623-362-465-7
Palmatier, Robert W & Shrihari Sridhar. (2017). Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. London: Palgrave Macmillan.
Pawirosumarto, Suharno. (2019). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem e-Learning. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VI, No. 3, Okt 2019
Prinanti, Marliana. (2022).Pengaruh Keaktifan Media Sosial Terhadap Perubahan Gaya Konsumtif Remaja Di Kabupaten Pandeglang. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Safitri, Jumiati. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Instan Nescafe Di Kecamatan Minas Kabupaten Siak. UIN Suska Riau
Sano, K. (2015). An empirical study the effect of social media marketing activities upon customer satisfaction, positive word-of-mouth and commitment in indemnity insurance service. In: Proceedings International Marketing Trends Conference
Schwarzl, susanne & Monika Grabowska (2015). Online marketing strategies: the future is here. Journal of International Studies, Vol. 8, No 2, 2015, pp. 187-196.
Sekaran, U., (2003). Research Methods fo Business, A Skill Building Approch, Fourth Edition, John Wiley & Sons, Inc, San Yose, California.
Sinulingga, Sukaria. (2020), Metode Penelitian. USU Press, Medan.
Simamora, Irma Yusriani & Mukhtaruddin. (2019). Alumni Dan Stakeholder (Studi Terhadap Kepuasan dan Harapan Stakeholder Terhadap Alumni). Jurnal: Penelitian Medan Agama Vol. 10, No. 1, 2019
Semaun, Syahriyah. (2019). Determinan Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Negeri. Jurnal Balanca, Volume 1 No. 1 Januari-Juni 2019
Seo, E.J., & Park, J.W. (2018). A Study on The Effects of Social Media Marketing activities on Brand Equity and Customer Respons in The Airline Industry. Journal of Air Transport Management, 36-41.
Sheth, J.N. & Mittal B. (2004). Customer behavior: A managerial perspective. Thomson/South-Western Mason, Ohio.
Sugiarto, I. (2022). Metodologi penelitian bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2021). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriadi, Yudi Nur, Dianwicaksih Arieftiara, Desmintari Desmintari, & Eeng Ahman. (2021). Membangun Citra Merek Perusahaan Dan Kualitas Produk dalam Memediasi Pengaruh e-WOM Pada Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Digital. Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 11, No. 3
Suteja, Jaja. (2020). Menyoal Peran Dan Eksistensi Alumni Perguruan Tinggi. https:// www.researchgate.net/publication/342519881_Menyoal_Peran_Alumni_PT
Syam, Marleny, Beby Karina Fawzeeya Sembiring, & Linda Trimurti Maas. (2019). The Analysis of Marketing Mix Strategy Effect on Students Decision to Choose Faculty Economics and Business of Universitas Dharmawangsa Medan. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Volume 6, Issue 6 December, 2019 Pages: 71-80
Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tommy, Fauzan. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Tupperware. Library STIE MCE, 16-20
Utomo, Listanto Tri, Yusaq Tomo Ardianto, & Nanik Sisharini. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Merdeka Malang. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, Volume 3, Nomor 2, Juli - Desember 2017
Wardhana, Aditya. (2022). Brand Image dan Brand Awareness. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Wathoni, Kharisul. (2021). Alumni Menurut Perspektif Total Quality Management (Tqm). MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 1, Juni 2021
Wulandari, Sri Eka, Amrin Fauzi, & Arlina Nurbaity Lubis. (2019). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah di Politeknik Lp3i Medan Kampus Medan Baru Melalui Minat Sebagai Variabel Intervening. Universitas Sumatera Utara
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v7i2.8193
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional