Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Di Kota Batam

Mastri Nasrani Sijabat, Asron Saputra

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek,desain produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Emina di Kota Batam. Populasi dalam penelitian ini adalah Konsumen yang pernah menggunakan produk Emina di Kota Batam, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah responden sebanyak 384 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran koesioner kepada responden, dalam menguji hubungan antar variabel digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi menghasilkan variabel citra merek berkontribusi sebesar 41,6%, desain produk berkontribusi 22,2% dan promosi berkontribusi sebesar 31,1%. Hasil analisis koefisien determinasi (R2) variabel citra merek, desain produk dan promosi menjelaskan 48,1% terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menjelaskan bahwa citra merek, desain produk dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. uji f menghasilkan nilai f hitung sebesar 119.178, sehingga disimpulkan bahwa variabel citra merek, desain produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Citra Merek, Desain Produk, Promosi, Keputusan Pembelian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrian, W., & Fadillah, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.586

Anggraini, R., Wulandari, C. D., Sriyanto, S., & Dewita, F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Direct Marketing Dan Strategi Diferensiasiterhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Motors. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 4(1), 01–14. https://doi.org/10.32585/jbfe.v4i1.3773

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 2(1), 14–25. https://doi.org/10.53990/develop.v4i1.195

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2

Dinda Dwi Guntari, & Prihartono Aksan Halim. (2021). Pengaruh Kualitas dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Produk Envygreen Skincare). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(2), 295–307. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i2.668

Herlambang, F. P. P., Yusnita, R. T., & Arisman, A. (2022). Influence Of Product Quality, Product Design And Promotion On Purchasing Decisions. Journal of Indonesian Management, 2(3), 138–145. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.950

Maulana, C. A., & Maskur, A. (2023). Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 36–50. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5386

Mauludi, A., Haryanti, N., & Putri, I. N. K. (2023). The Influence of Brand Ambassadors and Promotions on Purchase Decisions Through Brand Image as an Intervening Variable in Tokopedia E-Marketplace in East Java. International Journal of Economics, Management, Business, and Social Science (Ijembis), 3(3), 519–530. https://doi.org/10.59889/ijembis.v3i3.166

Nurmalasari, D., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1434

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Merek Adidas (Studi di Kota Semarang). Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2846

Priandewi, N. M. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(2), 419–433. https://doi.org/10.46306/vls.v1i2.34

Rahayu, R. D., & Martha, L. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Ela Kosmetik Padang. Jurnal Riset Manajemen, 2(2), 94–112. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i2.1798

Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i5.931

Sayyidah Hafidhatul ilmi, Harianto, E., Mas’ud, R., & Azizurrohman, M. (2023). Does Digital Marketing Based on Brand Image and Brand Trust Affect Purchase Decisions in the Fashion Industry 4.0? Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(3), 553–566. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.03.01

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian sepatu merek Adidas (Studi di Toko Origial Sportcenter cabang Medoho Semarang). Procceding Sendiu, 42–53.

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., & Nugraedy, M. (2020). The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review, 11(3), 187–196. https://doi.org/10.21512/bbr.v11i3.6420

Winardy, I., Yanti Purba, P., Chaniago, C., Studi Manajemen, P., & Ekonomi, F. (2021). The Positive Impact of Product Quality, Price, and, Promotion on Purchasing Decision of Toyota Innova Cars. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 161–166. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 452–462.

Yohana Dian Puspita, & Ginanjar Rahmawan. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter