Pengaruh Lokasi, Suasana Toko Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Bunda Grosir Sidomulyo
Sari
Pertumbuhan ekonomi dalam era globalisasi menuntut setiap perusahaan baik yang bergerak dalam bidang industri maupun jasa mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Persaingan terjadi pada beberapa sektor baik industri jasa dan non jasa, salah satunya adalah bisnis ritel. Melihat kondisi persaingan yang semakin ketat tersebut, setiap bisnis ritel perlu meningkatkan kekuatan yang ada dalam perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lokasi, Suasana Toko Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada konsumen toko Bunda Grosir Sidomulyo, populasi pada penelitian ini adalah konsumen pada toko Bunda Grosir Sidomulyo yang tidak diketahui jumlahnya, dan pengambilan sampel pada penelitian menggunakan metode accidental sampling, uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, analisis pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (H1) Nilai thitung 2,987 > ttabel 1.661 artinya Lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. (H2) Nilai thitung 2,265 > ttabel 1.661 artinya Suasana Toko berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (H3) Nilai thitung 5,007 > ttabel 1.661 artinya Keragaman Produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (H4) nilai fhitung 49,154 > ftabel 2,70 artinya Lokasi, Suasana Toko dan Keragaman Produk secara simultan berpengaruh positf terhadap keputusan pembelian pada Toko Bunda Grosir Sidomulyo. Kesimpulan pada penelitian ini adalah sebagai berikut : Lokasi, Suasana Toko dan Keragaman Produk secara parsial maupun simultan berpengaruh Positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko bunda grosir sidomulyo
Kata Kunci: Lokasi, Suasana Toko, Keragamam Produk, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adriza, A. 2015. “Membangun Citra Lembaga Perguruan Tinggi Yang Berbasis Vokasi.”Bandung: Deepublish.
Alma, Buchari. 2004. “Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi.”Alfabeta. Bandung.
Amirullah. 2021. Prinsip-Prinsip Manjamen Pemasaran, Disusun Sesuai Rencana pembelajaranSemester. Indonesia Pustaka. Sidoarjo.
Anang Firmansyah. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran ). Deepublish Publisher. Yogyakarta.
Areianto, Dedy. 2017. “Pengaruh Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Ud. Dadi Jaya Lamongan.” Stie Pgri Dewantara Jombang.
Arsyanti, Nuri Mahdi, and Sri Rahayu Tri Astuti. 2016. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Toko Online Shopastelle, Semarang).”Diponegoro Journal of Management 5 (2): 291–301.
Agustini Tanjung. 2020. Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Caffe Warung Debox Container Food Court Cifes. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa 5 (3): 1-17
Berman, Barry, and Joel R Evan. 2009. “Retail Management New Jersey.”Perentice Hall.
Barry, Berman, Joel R. Evans, dan Patrali chatterjee. 2018,. Retail Manjagement: A Strategic Aproach, Gobal Edition. edisi 13. new Jersey: Pearson Education Limitited.
Bungin, Burhan. 2008. “Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: PT.” Rajagrafindo.
Chandrarin, Grahita. 2017. “Metode Riset Akuntansi: Pendekatan Kuantitatif.” Salemba Empat.
Eduar, Rudi. 2021. “Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko ‘Amel’ Bungamas Kikim Timur.”Ekonomika 14 (1): 21–30.
Fuad,Muhammad.2010.“StoreAtmosphereDanPerilakuPembelianKonsumenDiTokoBukuGramedia Malang.”JurnalManajemenPemasaran Modern,1–13.
Ghazali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program.”Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21 (Edisi 8)(Edisi 8).”Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermawan, Agus. 2012. “Komunikasi Pemasaran.” Jakarta: Erlangga.
Iis, Noviyanti., Denok, S., Hadion, W. 2021. Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. Journal Of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech), 4 (1), 43-53
Johan, Suwinto. 2011. “Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis.”Yogyakarta: Graha Ilmu 13.
Jumingan, J. 2009. “Studi Kelayakan Bisnis: Teori Dan Pembuatan Proposal Kelayakan.”Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir, Jakfar. 2016. “Studi Kelayakan Bisnis.”
Kotler, Philip, and A Gary. 2001. “Principal Of Marketing, Edisi 8.” Prentice Hall,(Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka).
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2009a. “Manajemen Pemasaran.” edisi.
______ 2016 . A famework for marketing management (p.352) (Boston, Ed). MA: Pearson.
———. 2009. “Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas.”Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, and A B Susanto. 1999. “Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian.”
Kotler Keller. 2021. Intisari Manjaemen Pemasaran. Edisi Keenam. ANDI . Yogyakarta
Kusherawati, Indah, Sri Widiyanesti, and Khairani Ratnasari Siregar. 2015. “The Influence of Store Layout and Interior Displays against a Purchase Decision (In KFC Fast Food Bandung, Indonesia).” International Journal of Science and Research 6 (14): 2319–7064.
Lando, Khatarina Yustina. 2022. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kedai Titik Labuh Tanjung Selor Pada Masa Covid-19: Kedai Titik Labuh Tanjung Selor.”Jurnal Ekonomi Manajemen 1 (1): 7–13.
M Mabrur Arkam (2020). '' Pengaruhlokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pemeblian di Warkop Suka Kopi Lesehan."jurnalmanajemen 17-25
Mowen, John C, and Michael Minor. 2002. “Perilaku Konsumen.”Jakarta: Erlangga 90.
Mufarrikoh, Zainatul. 2019. Statistika Pendidikan (Konsep Sampling Dan Uji Hipotesis). Jakad Media Publishing.
Nasution, Muhammad Irfan, Muhammad Fahmi, and Muhammad Andi Prayogi. 2020. “The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS).” In Journal of Physics: Conference Series, 1477:52052. IOP Publishing.
Nazmudin, Yoga. 2019. “Pengaruh Citarasa Dan Lokasi Terhadap Minat Konsuemen Kue Balok Babakan (Studi Di Home Industri Kue Balok Babakan Cikedal).” UIN Smh Banten.
Nurdin, Ismail, and Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Pratama, Gilang Gemilang Firdaus Slamet. 2016. “Pengaruh Atribut Produk Dan Demografi Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Susu Pasteurisasi Indomilk.” UNPAS.
Putri, Budi Rahayu Tanama. 2022. Manajemen Pemasaran: Budi Rahayu Tanama Putri. Budi Rahayu Tanama Putri.
Rasul, Agung Abdul. 2010. “Praktikum Statistik Ekonomi Dan Bisnis.”Mitra Wacana Media.
Ratnasari, Vika Ary, Srikandi Kumadji, and Andriani Kusumawati. 2015. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying.”Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 1 (3).
Render, Barry, and Jay Heizer. 2001. “Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi.”Jakarta: Salemba Empat.
Riduwan, M B A. 2022. “Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian.”
Rosaliza, Mita. 2015. “Wawancara, Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif.”Jurnal Ilmu Budaya 11 (2): 71–79.
Sanusi, Anwar. 2014. “Metodologi Penelitian Bisnis.”
Sastri, Putu Diah. 2018. “Buku Ajar Dasar-Dasar Pemasaran.”Bali, Politeknik Pariwisata Bali.
Simamora, & Fatira. (2019). Kemudahan Aplikasi dan Keragaman Produk Dalam Memebentuk Keputusan Pembelian Berbelanja Secara Online. Jurnal Maneksi. Akuntansi dan Politeknik Negeri Medan, 214-222.
Simamora, Bilson. 2003. “Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabilitas.”Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sufyan Lutfi, Jesi Irwanto 2017 ''Pengaruh Store Atmosphere, lokasi dan Keragaman Produk Teerhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Pasar Umum Pasirian Lumajang''. jurnal ilmu manajemen advantage.
Sugiyono, Dr. 2017. “Prof, Statistika Untuk Penelitian.” Bandung: Alfabeta Bandung.
sugiyono. 2016 Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan metode R&D. Cetakan Kdeua Puluh Tiga. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, v Wiratna. 2014. “SPSS Untuk Penelitian Pustaka Baru Press.” Yogyakarta.
Sujarweni, V Wiratna. 2015a. “Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi.”
Sumarwan, Ujang. 2003. “Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran.” Language 368: 245cm.
Sunyoto, Danang. 2015. “Strategi Pemasaran.”Yogyakarta: Caps 128: 34.
Swastha, Basu, and D H Irawan. 2002. “Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Keempat.”Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2009. “Manajemen Operasional.”Jakarta: Ghalia Indonesia.
Uma, Sekaran. 2006. “Metodologi Penelitian Untuk Bisnis.” Jakarta: Salemba Empat 159.
Usman, Husaini, and R Akbar. 2000. “Pengantar Statistika, PT.” Bumi Aksara, Jakarta.
Wijaya, Irya Bhawika Tungga. 2011. “Sikap Konsumen Terhadap Kemasan Baru Susu SGM Produksi PT Sari Husada. ” Universitas gadjah Mada.
Yusanto, Muhammad Ismail. 2002. Menggagas Bisnis Islami. Gema Insani.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8225
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional