Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bri Persero Tbk Cabang Kalianda

Aisya Intan Sena, Tamam Tamam

Sari


Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah membawa berbagai aktivitas menjadi digital, termasuk kegiatan perbankan. Salah satu inovasi di bidang perbankan adalah layanan mobile banking, yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan secara online melalui perangkat mobile seperti smartphone dan Tabelt. Dengan mobile banking, nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor bank untuk melakukan transaksi, melainkan dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja asalkan terhubung dengan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat secara parsial dan simultan terhadap penggunaan mobile banking. Metode penelitian yang digu nakan adalah kuantitatif, dengan populasi seluruh pengguna mobile banking nasabah Bank BRI Persero Tbk Cabang Kalianda dengan sampel sebanyak 100 responden. Sumber data yang berasal dari data primer dan sekunder, instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Pengolahan data dilakukan menggunakan rumus Slovin dan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi kemudahan penggunaan dengan penggunaan mobile banking diperoleh  melalui nilai (thitung  = 8.045 > ttabel  = 1.98447) yang artinya H1 diterima, kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan pada persepsi manfaat, Terhadap penggunaan mobile banking diperoleh melalui nilai ( thitung = 3,522 > ttabel = 1.98447) yang artinya H2 diterima, dan persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi  manfaat secara bersama-sama berpengaruh terhadap penggunaan mobile banking dengan nilai (Fhitung = 76,716 > Ftabel = 3,09) yang artinya H3 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap penggunaan mobile banking.

Kata Kunci: Persepsi  Kemudahan   Penggunaan,  Persepsi Manfaat,   Penggunaan    Mobile Banking, BRI


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, S. (2018). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pengelolaan Kredit, Pengelolaan Likuiditas, Dan EFisiensi Operasi Terhadap ProFitabilitas Bank Go Public Yang TerDaftar Di Bursa EFek Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Ekonomi Efektif.

Ajis Setiawan, Nurul Qomariah, and Haris Hermawan, (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen’, Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia

Chitra Laksmi Rithmaya. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank BCA dalam Mengggunakan Mobile Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, Vol. 16, No.1

Citra Anita Rahmah, (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda IDK 2 Medan’, Jurnal Manajemen Tools.

Davis. (2019). UC Davis at SemEval-2019 Task 1: DAG Semantic Parsing with Attention-based Decoder. International Workshop on Semantic Evaluation

Davis (2017), The Literature Review of Technology Adoption Models and Theories For the Novelty Technology, JISTEM - Journal oF InFormation System and Technology Management.

Darista, S. M. R., & Mujilan, M. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi OVO sebagai Alat Pembayaran E-Money. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi.

Démuth, A. (2013). Perception Theories. (A. Demuth, J. Dolista, S. Galikova, P. GardenFors, dan R. Gray, Eds.) (Edicia Kog). Tranava: FilozoFicca Fakulta Trnavskej Univerzity v Trnave

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS” Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Ratmono, Dwi. 2017. Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Gekombe, C., TumsiFu, E., & Jani, D. (2019). Penggunaan media sosial di kalangan kecil dan usaha menengah: kasus pertumbuhan industri Fashion. Universitas Dar es Jurnal Perpustakaan Salaam.

Hasmawati. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Mandalan Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan) Skripsi.

Hardani Ahyar and others, (2020) Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Henryadi, Tricahyadinata, I., Zannati, R.(2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium).

Imam Ghozali, (2018) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, Edisi 9 (Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro)

Imam Machali, (2017) ‘Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif’, in Buku.

Iram, M., & Chopade, T. (2018). EFektivitas Periklanan Digital pada Pengikut Instagram. Renovasi Bisnis KonFerensi Internasional: Menjelajahi InisiatiF Baru Dalam Fungsi Bisnis Utama.

Istiarni, Panggih Rizki Dwi. 2014 ”Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan da redibilitas terhadap Minat Penggunaan Berulang Internet Banking dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris: Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia)”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jogiyanto, H. M. (2019). Analisis Dan Desain Sistem Informasi, Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi OFFset.

Joan, Leoni, dan Tony Sitinjak. 2019. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Pengguunaan Layanan Pembayaran Digital Go- pay. Jurnal Manajemen.

Juliandi, IrFan, & Manurung, (2014).Wiratna Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management 15. In Pearson education ltd.

Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles oF Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Mothersbaugh, D., Hawkins, D., & Kleiser, B. (2020). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy 14th Edition.

Novan Haryono and Roony Octavia, (2020) ‘Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen’, Jurnal INDEPT.

Nuryadi and others, Dasar-Dasar Statistik Penelitian (Sibuku Media, 2017). 66 Ita Rahmawati and Rissalatul Illiyin, ‘Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian HP Oppo’, Jurnal Ilmiah Hospitality

Nurhayati, R. (2019).Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Keamanan, Kepercayaan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Journal oF Accounting, Finance, and Auditing.

Priyatno, Duwi. (2016). Belajar Alat Analisis Data Dan Cara Pengolahannya Dengan SPSS. Yogy akarta : Gava Media.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM).

Purwanto, E., & Budiman, V. (2020). Menerapkan Model Penerimaan Teknologi pada Selidiki Niat Menggunakan E-health: Kerangka Konseptual.

Rahman, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,

Randi, (2018). Teori Penelitian Terdahulu. Jakarta: Erlangga

Reza Nurzanita and Novi Marlena, (2020)‘Pengaruh Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Penggunaan Go Pay Di Surabaya Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.

Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Edisi 1. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). ALFABETA CV.

Sugiyono, (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (ed); ke2 ed)

Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.

Tirtana dan Sari (2014). pengaruh Fitur layanan dan kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking (Studi Pada Masyarakat Desa Rantu).

Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta

Wardhana, E. (2019). Pengaruh Nilai Utilitarian, Nilai Hedonis, Pengalaman Pelanggan, Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Dan Industri.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter