Strategi Pengembangan Produk Melalui Inovasi Desain Dalam Meningkatkan Daya Saing Yayasan Dela Penabur Kasih Di Pasar Yang Kompetitif

Berkat Nofanolo Waruwu, Jeliswan Berkat Iman Jaya Gea , Idarni Harefa, Maria Magdalena Bate’e

Sari


Abstrak

Penelitian ini berfokus pada strategi pengembangan produk melalui inovasi desain dalam meningkatkan daya saing Yayasan Dela Penabur Kasih di pasar yang kompetitif. Inovasi desain mencakup dalam berbagai aspek, mulai dari pengembangan kemasan yang menarik konsumen atau pelanggan, pengolahan bahan baku berkualitas tinggi dalam operasional produksi, hingga pemanfaatan media sosial dan teknologi digital untuk pemasaran produk. Penelitian ini menekankan pentingnya desain inovasi sebagai elemen strategis untuk menciptakan identitas produk yang membedakan produk Yayasan dari pesaing. Dengan desain kemasan yang kreatif, masyarakat lebih tertarik pada produk. Sementara pengolahan bahan baku yang inovatif memastikan kualitas tinggi sekaligus efisiensi dalam produksi. Disisi lain, strategi promosi digital melalui platform media sosial memungkinkan produk mencapai audiens  yang lebih luas dengan biaya yang relatif rendah. Dengan kunci keberhasilan yang dapat dikembangkan oleh Yayasan tentunya menjadi potensi bagi keberlangsungan usaha untuk semakin bertahan di pasar yang kompetitif. Penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah kendala yang menghambat inovasi desain. Kendala ini menjadi tantangan bagi Yayasan dalam mempertahankan keunggulan. Sebagai solusi, Yayasan telah mengupayakan pelatihan untuk meningkatkan menyusun prioritas anggaran untuk mendukung inovasi, dan terus mengevaluasi produk serta strategi pemasaran. Dengan mengatasi kendala ini, Yayasan Dela Penabur Kasih mampu meningkatkan daya saing produk melalui inovasi desain yang berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi desain tidak hanya menjadi alat untuk meningkatkan daya tarik produk, tetapi juga untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang solid di pasar yang semakin dinamis.

 

Kata Kunci: Strategi pengembangan produk, inovasi desain, daya saing, pasar kompetitif

 

Abstract

This research focuses on product development strategies through design innovation in improving the competitiveness of Yayasan Dela Penabur Kasih in a competitive market. Design innovation covers various aspects, from developing packaging that attracts consumers or customers, processing high-quality raw materials in production operations, to utilizing social media and digital technology for product marketing. This research emphasizes the importance of design innovation as a strategic element to create a product identity that differentiates the Foundation's products from competitors. With creative packaging design, people are more interested in the product. While innovative raw material processing ensures high quality as well as efficiency in production. On the other hand, digital promotion strategies through social media platforms allow products to reach a wider audience at a relatively low cost. With the keys to success that can be developed by the Foundation, it is certainly a potential for business sustainability to increasingly survive in a competitive market. This research also identifies a number of obstacles that hinder design innovation. This obstacle is a challenge for the Foundation in maintaining excellence. As a solution, the Foundation has sought training to improve budget prioritization to support innovation, and continues to evaluate products and marketing strategies. By overcoming these obstacles, Yayasan Dela Penabur Kasih is able to improve product competitiveness through continuous design innovation. This research confirms that design innovation is not only a tool to increase product appeal, but also to create a solid competitive advantage in an increasingly dynamic market.

 

Keywords: Product development strategy, design innovation, competitiveness, competitive markets


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyani, I. (2019). Desain Kolaboratif Sebagai Strategi Pengembangan Produk Lokal Pada Industri Kecil: Studi Kasus Pada Design Thinking Workshop Kerjasama Hochschule Hannover Dan Isi Yogyakarta Tahun 2014 – 2018. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan Dan Perancangan Desain Interior, 6(2), 1–7. https://doi.org/10.24821/lintas.v6i2.3058

Astuti, P. D. (2020, September 17). Macam-macam Klasifikasi Informan dalam Penelitian Kualitatif. Edukasiinfo. https://www.edukasinfo.com/2020/09/macam-macam-klasifikasi-informan-dalam.html:Informan utama merupakan individu maupun kelompok yang dijadikan,dengan “aktor utama” dalam sebuah kisah atau cerita.

Ciputra, U. (2023). memahami strategi pengembangan produk. In universitas ciputra. https://doi.org/© Copyright 2024, Universitas Ciputra

Devy Pramudiana, I. (2017). Perubahan Perilaku Konsumtif Masyarakat Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern. Asketik, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.30762/ask.v1i1.409

Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.

Definisi Produk Dalam Marketing | Kotler dan Keller (2019) – Djaslim (2003). (2019). Taupasar.Com. https://doi.org/pixabay.com

Hadiwijaya, H., & Prasetya, D. (2023). Meningkatkan Kualitas Produk dan Daya Saing melalui Inovasi dan Pemasaran Digital Pada Pengrajin Sangkar Burung di Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5), 289–295. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i5.142

Hartoyo, & Arsyad. (2021). Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi. Jurnal PenKoMi:Kajian Pendidikan & Ekonomi, 4(1), 1–17.

Husniar, F., Sari, T. R., Safira, A. M., & Kamila, E. R. (2023). Strategi Pengembangan Produk Baru Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 22–34. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i2.2156

Israr, A. A., & Kamariah, N. (2023). Strategi Pengembangan Produk Melalui Perancangan Desain Kemasan Baru Pada Umkm Warcok. ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 1(2), 204–222. https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.2357

Kurniawan, B. (2022). Tahapan Proses Pengembangan Produk Baru (New Product Development). In komerce. https://komerce.id/blog/tahapan-proses-pengembangan-produk-baru/

Matreza Leo, F. R., & Manafe, L. A. (2021). Implikasi Inovasi Produk terhadap keunggulan Bersaing Produk Kacamata pada Optik Nice. In DEMAnd Jurnal Digital Economic, Management and Accounying Knowledge Development (Vol. 3, Issue 1).

Mohamad R, Niode IY. Analisis Strategi Daya Saing (Competitive Advantage) Kopia Karanji Gorontalo. Oikos Nomos J Kaji Ekon dan Bisnis. 2020;13(1):1-14. doi:10.37479/jkeb.v13i1.7062

Mouwn Erland. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).

Munawar, Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Indah Putri, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Tematik, 8(2), 160–175. https://doi.org/10.38204/tematik.v8i2.689

Murdani, B. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas (Studi Kasus Showroom the King Cobra Auto Jakarta Timur). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 10(2), 116–128. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4505

Muniarty, P., Marthiana, W., Sudirjo, F., Fauzan, R., Wirakusuma, K. W., Octaviani, D. A., Della, R. H., Kurnia, A. Y., Lawi, A., Kuswandi, S., & Sanusi. (2023). Perancangan dan Pengembangan Produk. In Journal of the American Chemical Society (Vol. 123, Issue 10). https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4. Pautas-para-evaluar-Estilos-de-Aprendizajes.pdf

Mustofa. (2015). Metode Penelitian dengan NPF dan Roa. Jurnal, 1–9.

Najib, M. F., Agustunus Februadi, Tjetjep Djarnika, Wahyu Rafdinal, Carolina Magdalena Lasambouw, & Neneng Nuryati. (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–64. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397

Pertiwi, I. (2020). Inovasi Desain Produk Dan Kemasan Melalui Kolaborasi Kreatif Brand Kosmetik Dengan Produsen Makanan. In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) (Vol. 3). http://senada.std-bali.ac.id

Prameswari, N. S. (2018). Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair. Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain,Dan,Periklanan,3,2.https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/958517

Press U. Buku Ajar Mata Kuliah Perencanaan Dan Perancangan Produk. Vol 1.; 2017.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Manfaatnya. (2023). Kumparan. https://doi.org/https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli-dan-manfaatnya-20cR1esWEZ8

R. Pohling, Chemische Reaktionen in der Wasseranalyse, Springer Spektrum, B. (2015). In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Racmad et, A. (2022). Manajemen Pemasaran. In Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/558183/manajemen-pemasaran

Riadi, M. (2023). Inovasi (Pengertian, Ciri, Jenis, Komponen dan Proses). KajianPustaka.Com.https://www.kajianpustaka.com/2020/07/inovasi-pengertian-ciri-jenis-komponen-dan-proses.html

Riadi, M. (2020). Pengembangan Produk (Pengertian, Tujuan, Strategi dan Tahapan).KajianPustaka.https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-produk.html

Rico Elhando Badri, Cahyani Pratisti, & Anandha Sartika Putri. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268

Samuel. (2017). Pengaruh Keragaman Produk Terhadap kepuasan Pelanggan. Pengaruh Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan, 11(April), 13–45. http://eprints.kwikkiangie.ac.id/989/3/78160433 - SAMUEL - bab 2.pdf

Suryati, A. (2022). Keunggulan Kompetitif.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.

Yuwono, T., Rachmawati, I., & Ernawati, L. (2022). Berpikir Desain Inovatif (Issue December 2022).

Zinchenko, A. (2022). Ritel multisaluran - definisi, tantangan dan strategi. ATROPIM. https://www.atropim.com/en/blog/digital-commerce/multichannel-retailing-definition-challenges-and-strategy




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8232

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter