Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Risiko Terhadap Kepuasaan Nasabah Bri Dalam Menggunakan M-Bangking Brimo Di Kecamatan Kalianda

Nurmalia Revani, Umar Sanusi, Lukman NH

Sari


Brimo merupakan salah satu dari banyaknya aplikasi mobile banking di Indonesia yang menawarkan berbagai jasa kepada konsumen dengan memperhatikan kemudahan dalam menggunakan aplikasi, risiko yang mencakup tingkat keamanan dan efisiensi penggunaan aplikasi, dan kepercayaan nasabah terhadap keamanan dan keandalan layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh faktor kemudahan, risiko, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan. Populasi dalam penelitian ini masyarakat kota kalianda yang menggunakan aplikasi M-banking Brimo yang jumlahnya tidak diketahui, dengan jumlah sampel 98 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probabilily sampling dengan cara purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan uji instrument, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI dalam menggunakan aplikasi Brimo dilihat dari hasil nilai thitung > ttabel dengan nilai 3,338 > 1,661 dan memiliki hasil signifikansi sebesar 0,001 < 0,005. Kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah BRI dalam pemanfaatan aplikasi Brimo dilihat dari hasil nilai thitung > ttabel dengan nilai 3,745  > 1,661 dan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05. Risiko memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI dalam penggunaan aplikasi Brimo dilihat dari hasil nilai thitung > ttabel dengan nilai 2,143 > 1,661 dan signifikansi sebesar 0,035 < 0,05 Kepercayaan, kemudahan, dan risiko secara bersamaan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI dalam penggunaan aplikasi Brimo dilihat dari hasil nilai fhitung > ftabel dengan nilai 34,359 > 2,70 dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Kepercayaan, Kemudahan, Risiko, Kepuasan Nasabah


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, S. M. N., & Piliyanti, I. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dalam Penggunaan Linkaja Syariah Masyarakat Kota Surakarta (Doctoral Dissertation, UIN Raden Mas Said Surakarta).

Al-Dalaien, B. O. A., & Dalayeen, B. O. A. (2018). Investigating The Impact Of Accounting Information System On The Profitability Of Jordanian Banks. Research Journal Of Finance And Accounting, 9(18), 110-118.

Anang, M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Sleman: Deepublish Publisher

Andini, D., & Utamajaya, J. N. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Brimo Menggunakan Mobile Service Quality Dengan Metode CSI. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(4), 330-337.

Anggara, G. (2018). Membangun Kepercayaan Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan Jasa PT. GO-JEK Indonesia Cabang Tasikmalaya (Survei Pada Konsumen Pengguna Jasa Go-Jek Di Kota Tasikmalaya) (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Davis, F. D. (1989). Technology Acceptance Model: TAM. Al-Suqri, MN, Al-Aufi, AS: Information Seeking Behavior And Technology Adoption, 205, 219.

Effendy, F., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021, September). Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And Social Influence: Intention To Use E-Wallet. In 5th Global Conference On Business, Management And Entrepreneurship (GCBME 2020) (Pp. 311-315). Atlantis Press.

Fadhil, M., & Fachruddin, R. (2016). Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Studi Empiris Pada Nasabah Bank Umum Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(2), 264-276.

Fajri, D., & Arifin, Z. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Skeputusan Menabung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hakim, A. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Kepuasan Pembelian Minuman Kopi Susu Kekinian Di Xans Coffee (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia)

Https://Www.Kominfo.Go.Id/

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press

Irhan Fahmi, S.E.,M.Si. (2011). Manajemen Risiko Teori, Kasus, dan Solusi. Penerbit: ALFABETA,CV

Kamarudin, J., Nursiah, N., & Novianti, M. (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11-18.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Edisi ke 15. Penerbit: Pearson.

Ma'Ruf, S. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Konsumen Dalam Belanja Online (Studi Pada Toko Online Lazada. com). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(5), 535-549.

Nasir, N., & Yuslinaini, Y. (2017). Analisis Pemetaan Industri Kreatif Subsektor Kerajinan Serta Dampak Peningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal EMT KITA, 1(1), 12-17.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.

Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan tingkat kepercayaan pada minat menggunakan uang elektronik. E-jurnal Akuntansi, 27(2), 927-953.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit: ALFABETA,CV

Pujianto, S. (2018). Pengaruh Responsiveness, Ease of Use, Reliability, Convenience, Fulfillment, Dan Security and Privacy Terhadap Customer Satisfaction Mandiri Mobile. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 20(2), 149-154.

Purnomo, D. (2017). Model prototyping pada pengembangan sistem informasi. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2).

Rohman, M. A., & Ichsan, R. M. (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Honda Daya Anugrah Mandiri Cabang Sukabumi: Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(1), 1-22.

Sari, D. P. (2021). Analisis Pengaruh Tanggapan Kemudahan, Kepercayaan dan Risiko Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Menggunakan E-money pada PT. Bank Sumut KC Syariah Medan.

Saripudin, S., & Faihaputri, N. (2021). Pengaruh kepercayaan, keamanan, dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap minat beli ulang (studi kasus di e-commerce jd. id). Jurnal Ilmiah Edunomika, 5(02), 458765.

Sarwono, J. (2017). Mengenal Prosedur-Prosedur Populer dalam SPSS 23. Elex Media Komputindo.

Shafira, A. S., Sunindyo, A., & Kusuma, S. Y. (2023). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Manfaat, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Brimo Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Research And Development Student, 1(2), 62-74.

Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USUpress.

Sulistiyarini, S. (2012). Pengaruh minat individu terhadap penggunaan mobile banking: model kombinasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2), 1689-1699.

Suryanti, A. G. W. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Risiko Penggunaan Mobile.

Wardani, A. W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Mobile Banking Terhadap (Doctoral dissertation, bulk takedown 2021).

Wong, D. (2017). Pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust, serta implikasinya terhadap partisipasi pelanggan e-commerce: studi kasus pada pelanggan e-commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155-168.

Yoni, N. P. (2020) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Resiko dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking Bank BNI Syariah Kantor Cabang Kota Madiun (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8269

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter