Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa

Supriadi Supriadi, Amar Sani, Ikrar Putra Setiawan

Sari


Tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui interaksi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulukumba. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah murid kelas siswa kelas VIII sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir pembelajaran serta data hasil observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan karakter (nilai tanggung jawab, disiplin, jujur, percaya diri, santun, kerja keras, kerjasama, menghargai, teliti dan cermat) sudah ditanamkan melalui pembelajaran bahasa Indonesia pada Siswa SMP Negeri 1 Bulukumba. Adapun saran kepada guru semua mata pelajaran diharapkan tumbuh kesadaran bahwa, dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran dapat menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual sebagai instrumen untuk membentuk pribadi yang positif. Kepada siswa SMP 1 Bulukumba sebagai generasi yang akan datang, peneliti menyarankan agar terus menerapkan sikap dan perilaku yang berkarakter dengan sungguh-sungguh.


Kata Kunci :
Integrasi, Nilai Karakter, Keterampilan Menulis, Deskriptif Kualitatif.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisusilo, J.R.S., (2013). Pembelajaran Nilai – Karakter, Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif.Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Ahim (2009). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA .skripsi FKIP Metro .

Ali, M. (2009).Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional, Menuju Bangsa Indonesia YangMandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Bandung : PT Imperial BhaktiUtama.

Asmani, J.M. (2013). Buku Panduan Internalisai Pendidikan Karakter di Sekolah.

Yogyakarta : DIVA Press.

Aunillah, I.N. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah.Yogyakarta :Laksana.

Bagus, Lorens. (2002). Kamus Filsafat.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.Bambang Q-Anees & Adang hambali (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an.Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Berkowitz, M.W., Battistich, V.A., Bier, M.C. (2008). “What Works in Character Education : What is Known and What Needs to be Known”. Handbook of Moral and Character Education.New York : Tailor and Francis.

Bohari Rahman ( 2015 ) yang berjudul Kajian Penulisan Sebagai Media Pembentukan Karakter Siswa. Skripsi.

Borba, M. (2008).Membangun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Branson, M. Et al.(1999). Belajar “Civic Education” dari Amerika.Yogyakarta :

LKIS & The Asian Foundation (TAP).

Budimansyah, D. (2012). Dimensi – Dimensi Praktik Pendidikan Karakter.

Bandung : Widya Aksara Press.

Budimansyah, D. (2012). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter.

Bandung : Widaya Aksara Press.

Budimansyah, D. & Suryadi, K. (2008).Pkn dan Masyarakat Multikultural.

Bandung : Program Studi Pendidikan Kewarganeg.

Burhan Nurgiyantoro.1995. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.828

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter