Analisis Strategi Promosi Dengan Memanfaatkan Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik Di CV. Wery Group Kota Gunungsitoli

Kasiani Lase, Yupiter Mendrofa, Otanius Laia, Idarni Harefa

Sari


This study aims to analyze social media-based promotion strategies in increasing sales of batik products at CV. Wery Group Gunungsitoli City. A qualitative approach with descriptive method was used in this study, with data collected through interviews, observation, and documentation. The results showed that the use of social media, especially Facebook and Instagram, significantly affected the visibility of batik products. The promotional strategies applied, such as attractive visual content, active interaction with customers, and exclusive promotions, are proven to increase consumer interest. However, constraints were found in terms of consistency of content creation and lack of utilization of broader digital marketing features. Therefore, it is recommended that CV. Wery Group optimize its digital marketing strategy with a more structured and data-driven approach to increase promotional effectiveness. The conclusion of this study confirms that social media is an effective marketing tool if applied with the right strategy, as well as the need for regular evaluation and adjustment of the strategy to achieve optimal results.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aiddha Yuniawati, R., & Rijal, S. (2023). Analysis of the Effect of Total Quality Management on Work Motivation and Employee Performance: A Literature Review Analisis Pengaruh Total Quality Management terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan: Literature Review. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 3). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Amelina, A., & Kamariah, D. N. (2024). PEMBUATAN AKUN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK PADA KELOMPOK WIRAUSAHA PEMUDA BULU BATU CREATING A SOCIAL MEDIA ACCOUNT FOR THE BULU BATU YOUTH ENTREPRENEURSHIP GROUP AS A PRODUCT PROMOTION MEDIA. Jurnal Administrasi Terapan, 2.

Atiko, G., Hasanah Sudrajat, R., Nasionalita, K., Komunikasi, I., Komunikasi dan Bisnis, F., & Telkom, U. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH KEMENTRIAN PARIWISATA RI (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel) ANALYSIS TOURISM PROMOTION STRATEGY THROUGH SOCIAL MEDIA BY TOURISM MINISTRY OF REPUBLIC INDONESIA (descriptive study on Instagram account @indtravel).

Bisma Rendelangi, A., & Ode Abdul Manan, L. (n.d.). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA TOKO ALVIAN RESA PRIANTO DESA AMBAIPUA KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN Oleh.

Cindy, A., Sari, M., Lestariningsih, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., Stiesia, I. (, & Surabaya, ). (n.d.). SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA STIESIA SURABAYA).

Daffa, R. A., Gde, A. A., Arimbawa, R., & Sidyawati, L. (n.d.). RELIEF CANDI JAGO SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI BATIK LUKIS DENGAN KARAKTER SUB-KULTUR BLACK METAL. Journal of Language, Literature, and Arts, 4(6), 2024. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p623-642

Khairo, R., Adi Permadi, L., & Putra Buana Sakti, D. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PARIWISATA DI DESA KETAPANG RAYA KECAMATAN KERUAK, LOMBOK TIMUR.

Konsumen, M., Bako Gayo, P. R., Istara, F., Yanuar, D., Susilawati, N., & Susilawati, D. N. (2023). STRATEGI PROMOSI ROKOK HILL GAYO DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PROMOSI ROKOK HILL GAYO DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN P.R BAKO GAYO. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 8, Issue 1). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Manggu, B., & Beni, S. (2021). ANALISIS PENERAPAN SEGMENTASI, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN PROMOSI PEMASARAN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN PERKEMBANGAN UMKM KOTA BENGKAYANG. Sebatik, 25(1), 27–34. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146

Rahman, D., Rizal, S., & Yunus, M. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN MOBIL LISTRIK WULING AIR EV DI KOTA MAKASSAR (Vol. 16, Issue 1).

Suciana, D. A., & Syahputra, E. (n.d.). Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada Resto Dan Pusat Oleh-Oleh Putra Nirwana Magetan Di Era Pandemi Covid. 2(2), 95–115. https://doi.org/10.30640/digital.v2i2.1058

Sucipto, A. (2020). SISTEM INFORMASI PENJUALAN OLEH SALES MARKETING PADA PT ERLANGGA MAHAMERU. In Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI) (Vol. 1, Issue 1). http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi

Wijaya, H. A., & Wijaya, L. S. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Meningkatkan Penjualan dan Brand Awareness. Jurnal Ilmiah Media, Public Relations, Dan Komunikasi (IMPRESI), 2(1), 1. https://doi.org/10.20961/impresi.v2i1.51711




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8283

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter