Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telkomsel Di Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan
Sari
Pesatnya perkembangan teknologi telekomunikasi di Indonesia telah mendorong peningkatan permintaan terhadap perangkat komunikasi dan memperketat persaingan dalam industri ini. Sebagai salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel terus berupaya menyediakan layanan berkualitas dengan mengadopsi teknologi terbaru, seperti 4,9G yang memiliki kemampuan mendekati 5G. Langkah ini diambil guna memenangkan persaingan dengan provider lain, mengingat keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi oleh citra merek, gaya hidup, dan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh citra merek, gaya hidup, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Telkomsel di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, baik secara individu maupun bersama-sama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Telkomsel di Kecamatan Rajabasa, dengan sampel sebanyak 384 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Telkomsel dengan hasil thitung = 6,333 > ttabel = 1,649, Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Telkomsel dengan hasil thitung = 7,949 > ttabel = 1,649, Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Telkomsel dengan hasil thitung = 8,711 > ttabel = 1,649, Citra merek, gaya hidup dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Telkomsel dengan hasil fhitung =117,882 > ftabel =2,63. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa citra merek, gaya hidup, dan kualitas produk memiliki dampak signifikan terhadap keputusan pembelian Telkomsel, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini memberikan wawasan bagi Telkomsel dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif guna meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Citra Merek, Gaya Hidup, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adu, a., Hartanto, R., & Fauziati, S. (2022). Hambatan-hambatan dalam implemetasi layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik (spbe) pada pemerintah daerah. Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer), 5(3), 215-223. https://doi.org/10.33387/jiko.v5i3.5344
Ahad, M. and Barsei, A. (2023). Sistem pemerintahan berbasis elektronik: best practice dari pemerintah daerah di indonesia. Jurnal Transformasi Administrasi, 13(01), 52-74. https://doi.org/10.56196/jta.v13i01.236
Alfayn, M. (2022). From e-government to good governance: examining the impact of digitalization on public service delivery in indonesia. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 4(2), 19-40. https://doi.org/10.21580/jpw.v4i2.14873
Alfayn, M. (2022). From e-government to good governance: examining the impact of digitalization on public service delivery in indonesia. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 4(2), 19-40. https://doi.org/10.21580/jpw.v4i2.14873
Astuti, N., Sukarsa, I., & Raharja, I. (2021). Analisis aspek penerapan spbe pada salah satu kabupaten di indonesia. Jitter Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 2(3), 571. https://doi.org/10.24843/jtrti.2021.v02.i03.p16
Choirunnisa, L., Oktaviana, T., Ridlo, A., & Rohmah, E. (2023). Peran sistem pemerintah berbasis elektronik (spbe) dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik di indonesia. Sosio.Yustisia, 3(1), 71-95. https://doi.org/10.15642/sosyus.v3i1.401
Choirunnisa, L., Oktaviana, T., Ridlo, A., & Rohmah, E. (2023). Peran sistem pemerintah berbasis elektronik (spbe) dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan publik di indonesia. Sosio.Yustisia, 3(1), 71-95. https://doi.org/10.15642/sosyus.v3i1.401
Fachrizal, M., Wibawa, J., Fauzan, R., & Radliya, N. (2023). Aplikasi pendukung pelayanan publik berbasis mobile dalam mendukung penerapan e-government pada mal pelayanan publik kota cimahi. Majalah Ilmiah Unikom, 21(1), 21-28. https://doi.org/10.34010/miu.v21i1.10686
Hermawan, K., Pusparani, I., & Solihudin, D. (2023). Transformasi digital layanan kepegawaian pemerintah daerah kota cirebon: studi kasus kebijakan sistem administrasi manajemen pemerintahan (sampean). Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), 13-26. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.13-26
Idrus, I. and Zakiyah, U. (2022). Inovasi sistem manajemen administrasi kependudukan warga berbasis infomasi elektronik pada aplikasi pelayanan dinas kependudukan dan pencatatan sipil dki jakarta. Journal of Political Issues, 3(2), 77-85. https://doi.org/10.33019/jpi.v3i2.69
Kencono, B., Putri, H., & Handoko, T. (2024). Transformasi pemerintahan digital: tantangan dalam perkembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik (spbe) di indonesia. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1498-1506. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3519
Kencono, B., Putri, H., & Handoko, T. (2024). Transformasi pemerintahan digital: tantangan dalam perkembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik (spbe) di indonesia. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1498-1506. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3519
Mardiana, M., Adinda, R., & Isnaini, N. (2021). Analisis faktor keberhasilan implementasi e-government di bandung, batam dan surabaya. Jurnal Sosial Dan Sains, 1(7), 598-609. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i7.150
Rachmawati, R., Anjani, D., Ainur, A., Nurwidiani, T., & Almasari, H. (2022). Electronically-based governance system for public services: implementation in the special region of yogyakarta, indonesia. Human Geographies – Journal of Studies and Research in Human Geography, 16(1). https://doi.org/10.5719/hgeo.2022.161.5
Simanjuntak, W., Subagyo, A., & Sufianto, D. (2024). Peran pemerintah dalam implementasi artificial intelligence (ai) di kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia (kemenkominfo ri). Journal of Social and Economics Research, 6(1), 1-15. https://doi.org/10.54783/jser.v6i1.332
Suriadi, H., Frinaldi, A., Magriasti, L., & Yandri, L. (2024). Desentralisasi dan upaya peningkatan otonomi daerah: menuju pembangunan berkelanjutan di indonesia. Menara Ilmu, 18(1). https://doi.org/10.31869/mi.v18i1.4869
Suwarlan, E., Suparman, A., & Taufik, O. (2023). Pembangunan kapasitas dinas komunikasi dan informatika dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Jurnal Agregasi Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 11(1), 98-116. https://doi.org/10.34010/agregasi.v11i1.7255
Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta Barat
Bolen dalam Margareta dan Soesianto (2007), Kualitas Analisis pengaruh Word of Mouth (WOM)
Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Universitas diponegoro
Gito Sudarmono, (2013). Menejemen Strategi. Jilid 1. Edisi. Pertama. Yogyakarta
Handoko, (2002). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta BPFE.
Hasan . (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center
For Academic Publishing Service)
Hardiwan dan Mahdi (2010). kualitas produk yang baik akan menciptakan, Metodologi Penelitian Manajemen : Jilid 1. Edisi. Pertama. Yogyakarta.
Henry Simamora, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III, STIE. YKPN, Yogyakarta. Herisunarto,
Kotler & Armstrong, (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12.Jilid 1. Terjemahan Bob Sebran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, (2002), Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol, Jilid I, Penerbit Prenhallindo: Jakarta.
Kotler. (2009). Manajemen Pemsaran. Jilid I. Edisi ke Tigabelas, Terjeman. Bob Sabran, MM . Jakarta: Erlangga.
Kotler, (2013). Dasar-Dasar Pemasaran edisi sembilan. Ahli Bahasa: Drs Alexander Sindoro. Jakarta, Prehallindo.
Kotler, dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. (2014). Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary. Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga. Bungin, Burhan.
Marlius, D., & Darma, K. P. K. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek Oppo Pada Toko Faiqah Ponsel Di Ujung Air, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jurnal Economina, 2(1), 1050–1062. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.234
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia. Robbins,Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi 12. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.2 halaman
Nella, (2012). Bauran Pemasaran Jasa mencakup strategi iklan, penjualan langsung, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer. (2010). Principles Of Services Marketing. McGrawl Hill Book. Akbar, I. Pengaruh Relationship Marketing Dan Relationship Quality.
Peter dan Olsen dalam Rangkuti (2014), Perilaku konsumen dan strategi
pemasaran. Edisi. Sembilan. Buku 2.penerbit salemba empat.jakarta
Philip Kotler, (2013), Strategi Brand Management, 14eth Edition, England: Pearson. Education Limited.
Setiadi, J Nugroho (2014). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, edisi 1,. Cetakan 1. Bogor: Kencana Prenada Media
Simamora, H. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. Bogdan, Biklen.
Sujarwo, (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumarwan, (2012), Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia. Indonesia, Bogor.
Sunarto. (2009), Statistika Untuk Ekonomi Dan Keuangan Moden. Edisi 2, Jakarta, Salemba Empat.
Suryabrata. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Swastha DH dan Irawan, (2000), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2,. Yogyakarta : Liberty.
Swastha & Handoko (2007) “Pengantar Bisnis Modern” Edisi 3 Liberty,. Yogyakarta.
Tjiptono, (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3. Jakarta: Andi. Kotler, Philip. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid pertama. Jakarta
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
https://www.telkomsel.com/
https://www.scribd.com/
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8290
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional