ANALISIS STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) AEROSTREET DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS
Sari
Industri alas kaki Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan, menempatkan Indonesia sebagai eksportir alas kaki terbesar ketiga dunia. Dalam persaingan ketat dengan produk internasional, merek lokal Aerostreet menerapkan Integrated Marketing Communication (IMC) untuk meningkatkan kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi IMC pada Aerostreet dalam meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aerostreet menggunakan lima elemen utama IMC yakni direct marketing, public relations, sales promotion,personal selling, dan internet marketing. Strategi pemasaran langsung diterapkan melalui event offline dan e-commerce, sementara kampanye "Bangga Pakai Lokal" dan kolaborasi dengan karakter populer menjadi kunci dalam membangun citra positif. Strategi promosi penjualan, terutama melalui diskon pada double date seperti 11.11, dan penjualan individu melalui interaksi langsung di event, efektif meningkatkan minat konsumen. Pemasaran internet melalui konten viral di media sosial juga berhasil menjangkau konsumen muda secara luas. Secara keseluruhan, strategi IMC Aerostreet berhasil meningkatkan brand awareness pada berbagai tingkatan, dengan dominasi pada brand recall dan brand recognition. Penelitian ini memberikan wawasan bagi brand lokal lainnya dalam mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran dan meningkatkan daya saing, serta keterlibatan konsumen.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aaker, D. (1991). Managing Brand Equity. Free Press.
Alfiansyah, R. (2024). Strategi Peningkatan Brand awareness Untuk Membentuk Brand recognition dan Brand Identity Pada UMKM Di Desa Kebonturi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 625–632. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2765
Anggarawati, L. K. A. (2022). Pengaruh Pelaksanaan Personal Selling, Kepercayaan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Asuransi Berupa Premi Asuransi (Studi Pada Pt. Asuransi Allianz Life Indonesia, Unit Genteng Biru Denpasar) (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Apryanti, M. (2013). Pelaksanaan Fungsi Public Relations Oleh Binamitra di Kantor Polsekta Samarinda Ulu. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 235-250.
Atikah, D., Rahma, F., Putri, M. S., & Hilmiyani, S. (2024). ANALISIS HARGA DAN KUALITAS PRODUK KOSMETIK WARDAH. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1(3), 27-33.
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (13th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.
Bidakara, M., Subroto, G., & Selatan, J. (2016). Strategi promosi penjualan. 11, 64–74.
Broom, G., & Sha, B. L. (2013). Cutlip and Center’s Effective Public Relations (11th ed.). Pearson. https://wartafeminis.com/wp-content/uploads/2020/07/glen-m.-broom_-bey-ling-sha-cutlip-and-centers-effective-public-relations-pearson-college-division.pdf
Chan, S., & Asni, K. (2022). the Role of Sequence Mediation on the Influence of Live-Streaming Shopping Attribute on Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.16
Chu, S. C., Choi, S. M., Kim, Y., & Mathur, A. (2018). Antecedents and Consequences of User Engagement in Social Media. Journal of Management Information Systems, 35(2), 492– 522.
Cutlip, S. M. (2013). Effective Public Relation 9th Edition. Pearson International Edition.
Gustafon, T., & Chabot, B. (2007). Brand awareness in: Cornell Maple Bulletin 105. 2007, 105, 5. http://faculty.mu.edu.sa/public/uploads/1358439894.9656brand40.pdf
Humdiana. (2015). Strategi Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Mizan Pustaka.
Keller, K. L. (2013). Conceptualizing, Measuring, and Brand Managing Customer-Based Equity. 57(1), 1–22.
Kennedi, J. E., & Soemanagara, R. (2006). Marketing Communication: Taktik dan Strategi. Bhuana Ilmu Populer.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Maheswara, F. Y., Satoto, S. H., Manajemen, P. S., Naskah, I., & Belakang, L. (2023). Pengaruh social commerce,brand image dan brand trust terhadap minat beli produk aerostreet. Jurnal Manajemen, 13(1), 176–186.
Marshus, S., Mulyasih, R., & Pitasari, D. (2022). PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS (IMC) TERHADAP MINAT TOP UP SALDO PENGGUNA OVO DI MALL OF SERANG. Jurnal Manajemen Perusahaan, 33(1), 1–12.
Mauludiyah, A., Fibriyani, V., & Pudyaningsih, A. R. (2024). Pengaruh gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu lokal Ventela di kalangan mahasiswa Universitas Merdeka Pasuruan. Revenue Manuscript, 2(4), 369–376.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nuraini., A. Z., Putera., Y. A., & Yuliandhivi, R. (2021). PENERAPAN STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION ( IMC ) OLEH PUYO SILKY DESSERT UNTUK kreasi baru bertekstur lembut serta berwarna- warni (“ Mengintip Kisah Sukses si Lembut Puyo Desserts yang menjadi top of mind dalam benak masyarakat ( Djatmiko ,. Sosioedukasi, 10(1), 46–58.
Percy, L. (2013). Strategic Integrated Marketing Communication: Theory and Practice. Routledge.
Peter, J. P. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy. New York : Mc Graw-Hill.
Rohaeni, H. (2016). PERANAN PROMOSI MELALUI PERSONAL. IV(2).
Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi (Cetakan ke). PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Saputri, W. O. E., Romadhan, M. I., & Pradana, B. C. S. A. P. (2022). Strategi IMC Matahari Department Store Melalui Program Shop and Talk Sebagai Upaya Meningkatkan Engagement di Masa Pandemi. Seminar Nasional 2022 “Transformasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Pasca Pandemi,” 1(1), hlm.2.
Sari, E. A., & Wijaya, L. S. (2020). Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 16. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2608
Sari, N. (2014). INTERNET MARKETING DAN KEPUASAN PELANGGAN. In Ilmu Komunikasi.
Satrio, A. B., & Widyarini, M. (2023). Social Media Marketing Activities on the Brand Image of Compass Shoes. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8904-8915.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=50768&lokasi=lokal
Sulaksana Uyung, Integrated Marketing Communication (Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2003) Hlm. 30.
Sumartini, L. C., & Tias, D. F. A. (2019). Analisis kepuasan konsumen untuk meningkatkan volume penjualan kedai kopi kala senja. Jurnal E-bis, 3(2), 111-118.
Sutanto, J., & Purnama, F. Y. (2023). Strategi Empat Pilar dalam Membangun Brand awareness pada Portal KalderaNews.com. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 119–130. https://doi.org/10.37715/calathu.v5i2.3845
Syamil, A. (2023). PROSES PENELITIAN KUANTITATIF. In METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN KOMBINASI.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Publisher.
Todaro, M. (2007). Internet Marketing Methods Revealed: The Complete Guide to Becoming an Internet Marketing Expert. Atlantic Publishing Company.
Tulasi, D. (2012). Marketing Communication dan Brand awareness. Humaniora, 3(1), 215. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i1.3253
Usman, Y. (2014). Peran Public Relations dalam Manajemen Isu dan Komunikasi Krisis. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 104–131. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/article/view/690
Wahyuni, S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Dengan Dimensi Konteks, Komunikasi, Kolaborasi dan Koneksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepatu Compass Kota Tangerang. Skripsi. Universitas Buddhi Dharma Tangerang
Wiguna, D. P., Wicaksono, A. K., & Primadani, E. W. (2023). Meningkatkan Brand Awarness Dengan Menerapkan Strategi Kolaborasi Dalam Studi Kasus Brand Lokal Dear Me Beauty. DESKOVI: Art and Design Journal, 6(2), 211-216.
Worldfootwear. (2023). Top 10 Footwear Exporters 2022. https://www.worldfootwear.com/yearbook.html
Yulistara, A. (2018). 60% Orang Indonesia Pilih Beli Produk Asing Ketimbang Lokal. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180326194751-33-8635/60-orang-indonesia-pilih-beli-produk-asing-ketimbang-lokal
Zahrahast, C. W., Kartiwa, A., & Ginanjar, Y. (2022). Analysis Of Marketing Communications in Building Brand awareness at Distro Madman Wear Sumedang. Sintesa, 13(1), 59–69.
DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8296
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional