Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Di Pantai Mbeach Kalianda Lampung Selatan

Fitri Lidia, Umar Sanusi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung di pantai Mbeach Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan  hair et all dengan jumlah sampel sebanyak 160 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, analisis ini digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung di pantai Mbeach Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, dengan nilai thitung 7.057 > ttabel1,654 dan tingkat signifikasi yaitu 0,000 < 0,05, 2) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung di pantai Mbeach Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, dengan nilai thitung 4.189 > ttabel1,654 dan tingkat signifikasi yaitu 0,000 < 0,05, 3) Citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung di pantai Mbeach Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, denga nilai  thitung 3.014 > ttabel1,654 dan tingkat signifikasi yaitu 0,003 < 0,05. Hasil uji F simultan menunjukkan bahwa semua variabel independen secara bersama-sama berpengaruh  positif  dan signifikan terhadap keputusan berkunjung di pantai mbeach kalianda kabupaten lampung sealatan.

Kata kunci: Kualitas pelayanan, Fasilitas, Citra Destinasi, Keputusan  Berkunjung


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, Riana. 2013. “Sesuaikan Isi Buku Ajar Dengan Budaya Daerah”. Kompas. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2016

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.

Asci, Asli D. A. and Metin Kozak. (2006). Destination brands vs destination images: Do we know what we mean?. Journal of Vacation Marketing, 12 (4), p. 299185.

A Zeithaml and Mary Jo Bitner. Valerie. 2003. Services marketing: integrating customer focus across the firm. New York: Irwin McGrawHill.

Atallarick, M. D., Badri, M., & Herawati, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Museum Nasional Indonesia Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pengunjung. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(3),.

Aprilia A, Jacob S. L. H. V. dkk. 2015. “Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato Chips pada Mahasasiwa FEB UNSRAT”. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusann Manajem Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA, Volume. 6 Nomer. 2, April 2015

Akdon, Riduwan. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Basu Swastha dan T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran (Analisa Perilaku Konsumen), Yogyakarta : BPFE UGM.

Bahar, A. M., Maizaldi, M., Putera, N., Widiestuty, R., Chaniago, S., & Eliza, Y. (2020). The Effect of Tourism Facilities, Service Quality and Promotion of Tourist Satisfaction in South Pesisir District. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(1), 5. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i1.141

Chen, C. F., & Tsai, D. C. (2007). How Destination Image and Evaluative Factors Affect Behavioral Intentions? Tourism Management, 28(4), 1115–1122. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2006.07.007

Coban S. 2012. “The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia”. European Journal of Social Sciences. ISSN 1450-2267 Vol.29 No.2, pp. 222-232. Dinas Pariwisata Selatan Allright Reserved Developed By Gink Technology (2019)

Dewi, M. S., D, I. M. B., & Laksono, B. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Ketersedian Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali Pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), Vol.1 No.1(ISSN : 2746-8607).

Damayanti, Sry YunI, (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung Blitz Hotel. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

Dr. H. Chairul Anam, S.E., M.Si. (2020) pengaruh citra destinasi fasilitas wisata dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada wisata primas waterpark mojokerto. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Al-Anwar Mojokerto

Ecopark AncolH Timotius, BMH Nainggolan - Human Capital Development, 2023 - ejournal.asaindo.ac.id

Febyola Yovita Putri, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2022 – e journalfb.ukdw.ac.id

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartini Sri, 2017. Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi terhadap keputusan konsumen untuk menginap di Hotel Sakura Palangka raya. Skripsi Manajemen . Universitas STIE Palangkaraya.

Hailin. (2010). Peran Citra Destinasi dalam Meningkatkan Niat Wisatawan Berkunjung Kembali (Studi Kasus pada Pengunjung Puncak Darma Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Hurriyati, Ratih. 2015. “An Analysis Of Place Branding To Exchance The Image Of Bandung City And Its Implication Toward The Decisions To Visist Tourism Destination” Jurnal Pendidikan Sains Sosial Kemanusiaan. Vol.8 (1) Mei ISSN 1979-0112.

Hair J.F., et al. (2010).Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Heurnius Timotius& Bonifasius MH Nainggolan, (2023), Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata Ecopark Ancol, Program Studi Manajemen, Universitas Asa Indonesia, Jakarta Hidayat, S., Suwena, I. K., & Dewi, N. G. A. S. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Domestik Ke Museum Surabaya. Jurnal IPTA, 9(1), 54.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Iskandarsyah Dan Utami (2017). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Murah Di Hadrah Property. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 12.

Kotler, Keller (2018).Manajemen Pemasaran Edisi12.Jilid 2.Jakarta: PT Indeks.

Kusuma, T. A., Suroija, N., & Supaya, S. (2018). Analysis The Influence Of Document Servicequality, Facility, and The Use of Acceptance Onlinemodule Technologytoward Service User Satisfaction (Case Study at KPPBCTMP).

Kuncoro, Mudrajad, (2010), Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan, Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Koen, (2009).Pengertian pariwisata,jakarta:Unesco office.7

Maulana, Muksin. 2018. Profil Kromatografi Lapis Tipis (KLT) Ekstrak Daun Bidara Arab (Ziziphus spina cristi, L) Berdasarkan Variasi Pelarut. Skripsi. Fakultas Sains Dan Teknologi ; Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Maydiana, Luthfia. (2019). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Cuci Motor Mandiri”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn). Volume 7, Nomor 2 (hlm. 444-450).

Nadianingrum, Nurul Wahyu dan Asron Saputra. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Capella Dinamik Nusantara. Khazanah Ilmu Berazam Volume 3, Nomor 3, September 2020. e-ISSN : 2621-9441, p-ISSN : 2623-1041

Nurul Qomariah, (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember, pustaka abadi

Purba, M. L., & Simarmata, G. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Budaya Terhadap Daya Tarik dan Minat Berkunjung ke Wisata Percut. Jkbm. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen),

Prayogi, Z., & Burda, A. (2020). The Influence Of Prices, Facilities, And Service Quality On Customer Satisfaction In Borobudur Hotel Jakarta. Indonesian College of Economics, 1–19.

Pitana, I. G., & Gayatri, P. G. (2005). Sosiologi Pariwisata. Andi.

Ryan Titanio Yunarsyah, (2023), pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas dan harga terhadap keputusan berkunjung (studi pada wisata ledok amprong di kabupaten malang), UNISMA Malang

Rizka Aprilian, (2023), Pengaruh Kualitas Pelayanan dnan Destination Image terhadap Keputusan Berkunjung di Jawa Timur Park I Kota Baru, AdministrasiNiaga, Politeknik Negeri Malang.

Sektor-pariwisata-tunjukkan-angka-pertumbuhan-yang-baik (2017). Santo, 2014. Keindahan pulau pahawang lampung. http;//www.keindahan pulau pahawang lampung

Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Suryani Tatik. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenamedia group.

Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.

Syahsudarmi, S. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kopi Bengkalis di Pekanbaru.

Sulistyadi, Y., & dkk. (2021). Indikator Perencanaan Pengembangan.

Sugiyono (2018). metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Alfabeta.

Santoso, Singgih. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Setyo. (2016). The Influence Of Destination Image And Tourist Satisfaction Toward Revisit Intention Of Setu Babakan Betawi Cultural Village. Jurnal Risetmanajemen Sains (JRMSI), 7(1). Sulistyorini. (2021). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung. Skripsi IAIN Ponorogo Triansya, D. C., & Budisetyorini, B. (2018). Influence of Tourism Destination Products and Images on Tourist Visiting Decision to Kota Seribu Sungai Banjarmasin.

Jurnal Pariwisata Terapan, 2(2), 73. https://doi.org/10.22146/jpt.43175

Tjiptono. (2019). "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru." Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2012). Service Management (Ed. II). CV. ANDI OFFSET

Widiastutik, R. (2019). Analisis Pengaruh Viral Marketing dan Fasilitas Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Pada Wisata Religi Masjid Safinatun Najah). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 47–55.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8298

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter