Pengaruh Store Atmosphere, Brand Equity Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pelanggan Cold ‘N Brewfajar Indah Di Surakarta)

Kurnia Pingka Puspita Arum, Rizky Ramadhan Aprian Aditama

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh store atmosphere, brand equity, dan Lifestyle terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Cold ‘N Brew Fajar Indah di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik convenience sampling terhadap 120 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, serta uji asumsi klasik untuk memastikan validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan brand equity dan Lifestyle memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemilik bisnis coffee shop dalam meningkatkan strategi pemasaran mereka guna meningkatkan loyalitas pelanggan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, R. A., & Tjahjaningsih, E. (2023). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), 2193-2205.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Laporan Statistik Konsumsi Kopi Indonesia. Jakarta.

Berman, B., & Evans, J. R. (2018). Retail Management: A Strategic Approach. Pearson.

Budiono, R., & Siregar, F. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Kafe Minum Kopi Medan Johor. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 65-78.

Dahliani, & Hp, A. (2024). Study Of The Influence Of Brand Image, Lifestyle, Store Atmosphere And Service Quality On Purchasing Decisions At Starbucks In Jember City. Journal of Consumer Behavior Studies, 9(3), 45-60.

Febrian, D., & Ahluwalia, R. (2020). The Role of Brand Equity in Consumer Decision-Making. Marketing Science Review, 14(3), 255-272.

Hidayat, R., & Haryanti, T. (2023). Pengaruh Store Atmosphere dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Sans Club Café. Jurnal Riset Manajemen, 10(2), 112-128.

International Coffee Organization (ICO). (2021). Global Coffee Consumption Report. London.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Khan, M. R., Chen, W., & Luo, Y. (2023). The Role of Store Atmosphere in Consumer Purchase Decisions: Evidence from Coffee Shops. Journal of Retail and Consumer Services, 45(2), 178-192.

Motoki, K., Saito, T., & Nouchi, R. (2021). Influence of Store Design and Color Psychology on Consumer Perception in Coffee Shops. Psychological Studies, 34(1), 32-47.

Pratiwi, F., & Yasa, I. G. (2019). Pengaruh Tata Letak dan Desain Interior terhadap Kepuasan Pelanggan di Coffee Shop Bali. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1), 89-102.

Septiani, R., & Slamet, T. (2020). The Influence of Store Exterior and Branding on Consumer Behavior in Coffee Shop Industry. Journal of Business and Marketing, 13(4), 205-218.

Sinaga, H. D. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian di Sosmed Cafe. Jurnal Inovasi Bisnis, 7(1), 23-35.

Widiyanti, A., & Harti, P. (2021). Lifestyle dan Tren Konsumsi Kopi di Kalangan Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi Kreatif, 6(4), 51-66.

Widayat, M., & Yuniarsih, E. (2023). The Impact of Brand Equity on Customer Loyalty in the Coffee Shop Industry. Jurnal Manajemen Strategis, 8(2), 99-115.

Yanti, R., & Rahmanirwati, S. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Debu Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(3), 210-225.




DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.8302

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Web
Analytics Made Easy - StatCounter